Belajar Membuat Iklan di Facebook : Mengenal Struktur Campaign di Facebook

 

Bekerjasama dengan Doku – penyedia pembayaran online elektronik terdepan di Indonesia – kami mengadakan free workshop 2 minggu sekali untuk pemilik UKM dengan goal untuk meningkatkan traffic dan omzet di bisnis online. Apabila masih ada yang perlu ditanyakan kami juga menyediakan waktu waktu untuk coaching one on one dengan pemilik bisnis di hari Kamis 2 minggu sekali bertempat di kantor doku (Baca : Hal-hal yang saya pelajari dari one – one consulting), apabila ada terlalu banyak peserta kemungkinan ke depannya frekuensi akan kami tambah jika memungkinkan. Saat ini event dan coaching kami masih fokus bagi pengusaha dengan omzet di atas 10 juta sebulan, namun kami terus memikirkan bagaimana supaya ke depannya bisa lebih banyak yang belajar.

Minggu lalu kami baru saja menyelenggarakan workshop tentang Facebook Marketing, kami membahas banyak hal dari teknis dan non teknis tentang meningkatkan penjualan lewat Facebook. Berikut ini adalah salah satu potongan awal dari workshop tersebut.

Di post ini saya membahas lebih detil tentang struktur campaign Facebook. Memahami struktur campaign berarti memahami konsep split testing di Facebook.

membuat iklan di Facebook campaign objective

 

Struktur campaign Facebook

 

belajar Facebook marketing

Struktur campaign Facebook seperti terlihat di bagian kiri dari interface di atas, penjelasannya sbb :

Campaign

Adalah tempat Anda menempatkan atau mensetting objective dari campaign Anda, apakah itu boost your post, promote your page, send people to your website atau increase conversion to your website. Untuk mendorong conversion to sales, toko online biasanya disarankan menggunakan send people to your website atau increase conversion to your website.

  • Satu campaign objective bisa memiliki lebih dari satu ad sets. Jadi Anda bisa melakukan split testing dari banyak ad sets untuk 1 campaign objective.

Misalnya Anda menjual kaos Manchester United dan ingin menambahkan likes (dengan campaign objective page likes) supaya Anda bisa mempublish berita terbaru dari blog toko online Anda tentang MU di facebook fanpage Anda, sebagai informasi, ada beberapa pendapat dari expert FB marketing bahwa menambah likes diperlukan hanya apabila Anda punya konten yang bisa dipublish.

Campaign objective : Promote your page (menambah likes)

Campaign name : Jual Kaos MU – page likes

Ad set 1 name : Jakarta, Bandung, Surabaya – 15-20 | Jual Kaos MU ( ini hanya penamaan saja, tidak menggambarkan detil targetingnya – detil targeting akan kita bahas di artikel berikutnya)

Ad set 2 name : Jakarta, Bandung, Surabaya – 20-25 | Jual Kaos MU

Contoh adset 1 dan 2 di atas berarti Anda melakukan split testing dari 2 adset dengan kota sama tetapi umur berbeda

Ad set 3 name : Jakarta, Bandung, Surabaya – 20-25 | Wayne Rooney, Juan Mata

Ad set 4 name : Jakarta, Bandung, Surabaya – 20-25 | Eric Cantona, Paul Scholes

Contoh ad set 3 dan 4 di atas berarti Anda melakukan split test berdasarkan interest. Anda ingin melihat perbedaan respon engagement apabila mentarget orang yang memiliki interest pemain masa kini (Rooney, Mata) dan pemain masa lalu (Cantona, Scholes)

Cara membuat banyak ad set dalam 1 campaign adalah dengan masuk ke dalam menu interface campaign lalu klik tombol di bawah ini :

cara beriklan di facebook

 

Ad sets

Ad sets memiliki “bawaan” target

Ad sets adalah tempat Anda mensetting targeting dari ads Anda seperti :

  • Usia target ads
  • Gender
  • Interest
  • Budget per day
  • Location
  • Placement dll

Satu campaign bisa memiliki lebih dari satu ad sets (seperti di contoh sebelumnya), sedangkan satu ad set bisa memiliki lebih dari satu ads untuk melakukan split testing dari headline, image dan landing page (website apa yang dibuka audience Anda setelah meng-klik iklan – bisa berupa sales page, homepage, product category atau product detail).

Misalnya ingin menjual madu yang memiliki beberapa khasiat khasiat :

Untuk pria : menambah keperkasaan, menambah stamina untuk kerja berat

Untuk wanita :  menambah kecantikan, menyembuhkan keputihan

Maka selain harus membuat copy ads di FB yang spesifik untuk khasiat di atas, juga perlu dijelaskan lebih detil di landing page product.

Berikut ini contoh pengetesannya

Campaign objective : Click to website

Campaign name :  Jual Madu  | click to website (misalnya Anda merasa campaign Anda tidak viral-viral amat, jadi mencoba konsep CPC di mana Anda di charge per link click baca : https://www.facebook.com/business/news/updating-cpc-on-facebook)

Ad set 1 : Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan – Pria – 30-45

Ad set 2 : Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan – Wanita – 30-45

(Di pengetesan ini Anda mencoba tidak mensetting interest, karena menurut Anda konsumen madu seharusnya mass – tidak based on interest – supaya jangan boros makanya Anda mencoba CPC charge per link click).

 

Ad 1 untuk ad set 1 (Pria) : Tulisan headline yang emosional dan menonjolkan benefit keperkasaan di ranjang

Ad 2 untuk ad set 1 (Pria) : Tulisan headline yang emosional dan menonjolkan benefit menambah stamina untuk kerja berat

Ad 1 untuk ad set 2 (Wanita) : Tulisan dan headline yang emosional dan menonjolkan benefit, atau memecahkan masalah terkait kecantikan

Ad 2 untuk ad set 2 (Wanita) : Tulisan dan headline yang emosional dan menonjolkan benefit, atau memecahkan masalah terkait keputihan.

 

Cara membuat banyak ad dalam 1 ad set adalah dengan masuk ke dalam menu interface ad sets di ads manager lalu klik tombol di bawah ini :

cara facebook ads

 

Ad 

Ini adalah tempat Anda melakukan setting copywriting dan gambar dari iklan Anda

  • Beberapa hal Penting ketika Membuat Iklan:
  • Ini adalah bagian paling fun dan hal yang penting juga
  • Sebelum Anda membuat iklan, pastikan anda sudah memenuhi Facebook Ad Policy dan Guidelines
  • Iklan Anda harus relevan dengan penawaran yang anda promosikan dan juga dengan target audiens anda
  • Iklan anda harus menarik perhatian dengan menonjolkan benefit, memecahkan masalah, bersifat emosional
  • Hal yang tidak kalah pentingnya, anda harus mencoba banyak variasi iklan untuk melihat iklan yang memberikan hasil terbaik

 

Author: Rhein Mahatma

mimin