10 Point Penting Facebook Marketing bagi Pebisnis UKM Toko Online

 

Pada hari Sabtu, 14 November yang lalu, Doku –  penyedia pembayaran elektronik terdepan di Indonesia – bersama BuatTokoOnline.id mengadakan workshop Facebook marketing untuk Toko Online. Hadir sekitar 50 partisipan yang semuanya adalah pemilik bisnis UKM. Event yang diadakan dari jam 10 s/d 5 sore ini banyak membahas detil tentang bagaimana UKM bisa meningkatkan omzet di Facebook. (Informasi event : http://buattokoonline.id/free-workshop-meningkatkan-penjualan-toko-online-dengan-facebook-marketing-14-november-2015/

Dalam event ini materi yang diberikan adalah materi premium yang biasa dijual sekitar 3-5 juta, kami berikan gratis untuk Anda.

 

buat toko online ecommerce indonesia small

Mentor dalam event FB marketing ini adalah Ilham Taufiq (expert FB marketing) dan saya sendiri – Rhein Mahatma Startupbisnis.com.

Beberapa point penting yang dipelajari di event ini antara lain :

  1. Facebook dalam beberapa survey UKM dan digital marketing, kalah dari Google dalam hal menghasilkan sales, namun menang dalam hal meningkatkan awareness. Kenapa begitu ? Karena kita beriklan di google hanya kepada orang yang memang sudah mencari produknya, sedangkan di Facebook kita beriklan kepada orang yang sedang tidak mencari produknya, tetapi interest/demografisnya cocok. Salah satu referensi yang menarik untuk saya adalah link sebagai berikut
  2. Karena kita beriklan pada orang yang belum mencari/membutuhkan produk tersebut, maka dalam copywriting iklan kita diusahakan membuat audience merasa membutuhkannya sekarang, misalnya dengan menambahkan unsur ketakutan atau impian pada penawaran produk. Misalnya : ingin beli rumah dalam 1 tahun ? Ikuti program pelatihan ini ! Tetapi ingat tidak semua produk bisa ditambahkan unsur ini dengan hasil yang sama (mis. menambahkan unsur dream pada kasus menjual pakaian akan berbeda hasilnya dengan menjual training Facebook marketing untuk meningkatkan omzet ).
  3. Karena kita beriklan pada audience yang belum mencari produk tersebut maka ada kemungkinan audience yang melihat iklan Anda belum punya uang untuk membelinya atau produk competitor yang ia gunakan sebelumnya masih belum habis, sehingga dalam beberapa kasus Anda perlu mengingatkan mereka lagi dengan retargeting atau dengan frequency iklan yang lebih banyak.
  4. Yang paling menonjol dari Facebook ads sebenarnya adalah imagesnya. Anda harus bersiap untuk berinvestasi di image yang lebih baik
  5. Anda sudah punya likers banyak. Bagaimana cara meng-engage likers Anda ? Apa yang dilakukan berikutnya ? Arahkan ke landing page atau product lalu lakukan retargeting untuk orang-orang yang sudah mampir ke landing page tersebut. Cara ke dua, convert likers tersebut ke email opt in.
  6. Dalam membangun akun FB Anda selalu punya pilihan menggunakan keyword (mis. Baju Wanita) atau menggunakan brand (mis. Zalora) atau jalankan kedua-duanya sekaligus jika memang sanggup.
  7. Kenapa seseorang me-like fanpage suatu brand ? Berikut ini hasil riset dari Vertical Response :   34% mencari promosi dan diskon, 21% mengharapkan sesuatu yang free, 14% me-like karena mereka adalah loyal customer, 11% me-like karena brand trust, 20% tidak tahu kenapa..
  8. Salprom atau saling promo dengan akun lain di Facebook  juga bisa dilakukan untuk meningkatkan awareness atau penjualan.
  9. Bagi beberapa bisnis yang target marketnya tidak ada di Facebook (kan tidak semua jenis target market ada di Facebook), maka Facebook digunakan hanya untuk remarketing.
  10. Copywriting ads Anda disarankan detil dan spesifik untuk target market Anda, misalnya menjual madu yang punya manfaat untuk penderita diabetes dan sakit jantung, untuk setiap penyakit ini harus dibuat copywriting yang berbeda.

Banyak detil-detil lain dibahas di event ini, misalnya yang terkait Facebook ads, kenapa disarankan Anda mencoba click to website dan website conversion, bagaimana melakukan targeting di Facebook (semua menu targeting kami bahas di event), termasuk kenapa dan bagaimana menggunakan conversion pixel dan custom audience.

Bagi partisipan yang masih perlu mentoring lebih lanjut, kami juga mengadakan one on one consulting di hari Kamisnya di kantor doku – Plaza Asia Sudirman. Di mana kami mendengarkan pertanyaan dan memberikan masukan untuk Anda.

Jika Anda adalah pebisnis UKM yang ingin mengembangkan traffic dan omzet di internet, silahkan bergabung dengan program ini dengan mengisi data di bagian bawah website buattokoonline.id. Gratis.

Author: Rhein Mahatma

mimin

4 thoughts on “10 Point Penting Facebook Marketing bagi Pebisnis UKM Toko Online”

    1. belum ada yang jawab ya? saya ikut bantu menjawab deh ya 😀

      maksud berinventasi pada images yang lebih baik adalah, karena gambar yang muncul dalam setiap postingan di fb itu menonjol, maka jika ingin menggunakan fb ads disarankan untuk menampilkan gambar yang sangat bagus, entah itu resolusi yang pas, fotografi yang bagus, dan text yang persuasif.

      untuk memiliki gambar yang seperti itu kan perlu dana juga, setidaknya 😀

      inilah yang dimaksud dengan berinvestasi pada images yang lebih baik. cmiiw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *