Halo semua,
Sepertinya Anda akan suka artikel ini š
Artikel ini dibuat karenaĀ isu yang sering melanda Anda dalam membuat iklan Facebook… dan sepertinya Anda tidak sendirian.
Isu tersebut merupakan kebiasaan menundaĀ pembuatan campaign FB Ads. Kurang lebih jadwal pembuatan iklan Facebook seperti ini:
- 45 hari sama sekali tidak membuat FB Ads
- 2 hari membuat 30+ FB Ads baru
Gila, bukan?
Hal ini terus dilakukan oleh banyak orang karena mereka merasa membuat iklan itu sulit atau memakan waktu (meskipun sebenarnya cukup mudah membuat iklan Facebook sekalinya Anda tahu caranya).
Untuk menghindari hal tersebut, berikut solusi untuk membuat iklan Facebook secara mudah dan cepat.
Template Iklan Facebook # 1
Daripada terus membuat iklan baru, lebih mudah bagi Anda membuat FB Ads dengan template sederhana.
Berikut adalah basic template yang dapat Anda gunakan:
Cara [AWESOME] Tanpa [SUCK]
Atau, dengan cara lain:
Cara [MASUKAN GOAL] Tanpa [MASUKAN MASALAH]
Lebih dari 10.000 studi oleh psikolog dalam dua dekade terakhir menunjukkan kekuatan pendekatan (approach) dan penghindaran (avoidance) sebagai faktor utama yang mengendalikan motivasi, sehingga kekuatan formula ini mengandalkan dua hal tersebut.
Inilah yang perlu Anda lakukan:
Langkah 1: Tuliskan benefit/goal utama, atau hal yang luar biasa dari produk atau servis Anda.
Langkah 2: Tuliskan masalah terbesar yang dimiliki audience Anda (yang bisa diatasi dengan produk/servis Anda).
Langkah 3: Masukkan ke dalam formula (misalnya āBagaimana menguasai content marketing tanpa harus menulis satu katapunā). Itulah pesan secara keselurahan yang ingin Anda sampaikan melalui ads.
Langkah 4: Berdasarkan āpesan utamaā tersebut, buatlah beberapa ads yang menyampaikan pesan secara berbeda (sehingga Anda bisa melakukan split-test juga)
Bagi sebagian orang, akan lebih mudah menuliskan iklanĀ ketika Anda sudah tahu apa pesan utama yang ingin disampaikan.
Template Iklan Facebook #Ā 2
Ingin contoh yang lebih nyata? Ini dia.
Coba lihat gambar dibawah ini:
Berikut ini adalah gambar dari negara bagian Texas :
Breakdown dari template iklan Facebook di atas adalah (dari atas ke bawah):
- Iklan Facebook diawali dengan menarik rasa ingin tahu: Lihat apa yang [Market] lainnya lakukan untuk mendapatkan [Manfaat] dalam [Periode waktu]
- Iklan menunjukkan gambar yang menstimulasi dengan menunjukkan ābeforeā dan āafterā (perhatikanlah bahwa dalam banyak kasus, before dan after ditolak oleh Facebook, silahkan lihat Facebook Advertising Policies
- Judul ads menstimulasi rasa sakit (dengan menjelaskan masalah yang ingin diakhiri).
- Link text menawarkan keuntungan jika Anda melakukan action tertentu.
Berikut ini template #3 yang spesifik untuk jenis iklan page likes
Template #4 Untuk Jenis Iklan Link Ads (Page Post Engagement)
Click to enlarge kalau kurang jelas
Template #5 Untuk Jenis Iklan Lead Ads
Sekarang Anda sudah memiliki beberapa petunjuk dalam membuat ads⦠apa yang Anda tunggu?
Baca Juga
Studi Kasus Jualan Batik Menggunakan Facebook Ads
Apa Itu A/B Testing dalam Iklan Facebook dan Bagaimana Melakukannya
Sebab-Sebab Kenapa Iklan Facebook Anda tidak Convert
Thanks sangat membantu newbie, Save buat persiapan iklan