Belajar Copywriting Part 3 : Memahami Berbagai Pola NLP Copywriting Untuk Meningkatkan Omzet Jualan Online

NLP Copywriting untuk jualan

NLP copywriting adalah sebuah teknik yang membahas tentang bagaimana menggunakan tata bahasa dalam membujuk atau menawarkan sesuatu untuk mendapatkan consumer.

Anda bisa membaca artikel tentang copywriting lainnya di sini :

Belajar Copywriting Bisnis Online Part 1 : Buyer’s Journey

Belajar Copywriting Bisnis Online Part 2 : Memahami Struktur Sales Message dengan P.A.S.T.O.R

 

 

belajar NLP copywriting jualan online

Cara kerja NLP

Penggunaan berbagai bentuk untuk copywriting jualan online dapat dilakukan di :

  1. Headlines iklan

Untuk penempatan iklan disarankan untuk membuat judul yang menarik perhatian dibagian atas karena pattern language ini merupakan pattern yang ideal untuk dapat dilihat oleh konsumen.

  1. Body Copy iklan

Pada tahap ini disarankan untuk menggunakannya di sales letter, konten website, copywriting katalog.

  1. Unattributed Testimonal

Testimonial sangat penting dan berguna untuk meyakinkan konsumen, namun apabila Anda tidak memiliki testimonial maka anda bisa menggunakan unattributed testimonial ini. Unattributed testimonial merupakan testimonal yang di tulis oleh perusahaan mengenai kelebihan dan kehebatan produk tetapi tidak mencantumkan nama. Tentunya ini merupakan hal yang legal selama anda tidak menggunakan nama orang lain.

  1. Email Signature

Penggunaan language pattern pada email signature anda dengan cara menambahkan PS pada email. Kegunaannya adalah untuk menarik perhatian konsumen.

NLP copywriting dengan Pola Presuppositions 

Presupposition berarti attitude, bias, point of view, perspective, asumsi tentang suatu object, orang atau situasi.

Presupposition adalah pola NLP yang berguna untuk melewati pikiran sadar konsumen dan menuruti apa yang di perintahkan tanpa adanya pertanyaan dari customer.

Pola NLP copywriting presupposition adalah sebagai berikut

  • Ketika ( Anda melakukan apa yang kami ingin anda lakukan) anda akan mendapatkan kemudahan dan kecepatan ( menjadi apa yang ingin anda harapkan)

Contoh :

ketika anda menggunakan laptop Acer  untuk bekerja , anda akan dengan mudah dan cepat menyelesaikan pekerjaan dan deadline yang diberikan.”

  • Jika ( mendeskripsikan aktifitas yang target market anda lakukan), kemudian atau maka (aksi dari konsumen yang anda harapkan)

Contoh :

Jika anda ingin bekerja lebih efektif, efisien dan produktif maka pilihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan laptop Acer limited editionini.”

  • Setelah / ketika membuat keputusan untuk ( hasil yang konsumen harapkan) ingat lah selalu untuk ( hasil aksi konsumen yang anda harapkan)

Contoh :

Setelah anda membuat keputusan untuk mendapatkan laptop yang tahan lama dan mempercepat pekerjaan anda, ingat lah selalu untuk menggunakan dan memilih Asus untuk menyelesaikan solusi pekerjaan anda”

  • Jika anda (kemungkinan yang akan konsumen lakukan saat ini) ada kesempatan menarik untuk anda (manfaat utamanya)

Contoh :

Jika anda sudah memilih untuk menggunakan laptop Acer ini ada kesempatan untuk anda dalam mempercepat pekerjaan, menghasilkan pekerjaan yang memuaskan, dan waktu yang efisien dalam bekerja.

  • Setelah anda memahami dasar dari (kemampuan), anda sangat baik dalam, dari ______ sampai _____.

Contoh :

Setelah anda memahami dasar dari kegunaan dan kelebihan laptop Acer ini, anda sangat baik dalam memilih dan menentukan laptop tebaik untuk menyelesaikan solusi pekerjaan anda , mulai dari fitur yang di tawarkan sampai dengan manfaat yang anda dapatkan ketika menggunakan laptop Acer ini.”

  • Semakin anda ( melakukan apa yang anda lakukan sekarang), anda akan (manfaat yang diharapkan)

Contoh :

“Semakin anda sadar akan pentingnya memilih laptop yang baik, anda akan mendapatkan laptop yang sesuai dengan spesifikasi yang anda harapkan untuk menyelesaikan permasalahan anda seperti laptop Acer ini ”

  • Seperti yang anda ( melakukan apa yang anda lakukan sekarang), anda akan mulai menyadari/ memikirkan tentang ( Manfaat yang di harapkan dan apa yang anda ingin konsumen lakukan)

Contoh :

“Seperti yang anda harapkan dari laptop-laptop pada umumnya seperti tahan lama, mudah untuk di gunakan, tidak lack, dan mudah untuk dibawa kemana saja, anda akan mulai menyadari bahwa hanya laptop Acer saja yang dapat memenuhi harapan-harapan tersebut.”

  • Maukah anda (sesuatu yang konsumen lakukan sekarang), sebelum anda ( melakukan apa yang anda inginkan)

Contoh :

“Maukah anda bertanya sebelum anda membeli laptop Acer ini ?”

  • Setiap kali anda (melakukan sesuatu yang tidak menyebabkan apa yang konsumen ingin kan)

Contoh :

Setiap kali anda bekerja, laptop anda akan menjadi lemot dan panas karena penggunaan yang terlalu lama sehingga pekerjaan anda tertunda dan menumpuk.”

  • Setiap orang yang (tipe konsumen yang cocok dengan deskripsi) menyadari bahwa (hasil dari apa yang anda ingin konsumen lakukan)

“Setiap orang yang bekerja setiap hari menyadari bahwa solusi dari permasalahan pekerjaan yang mereka alami adalah dengan menggunakan laptop Acer”

  • Bagaimana (kata sifat yang negative) yang anda ( situasi di mana anda bisa bantu)

Contoh :

“bagaimana kelemotan laptop anda yang anda alami ketika menggunakan nya ?”

  • Tidak ada seorang pun ( kemungkinan) yang mau (kerugian tidak menggunakan produk Anda)

Contoh :

Tidak ada satu pun pebisnis yang mau membeli dan menggunakan laptop yang tidak mampu mendukung pekerjaan yang dilakukan seperti cepat panas, lemot, sering mengalami lack, dan visual yang kurang baik.

NLP Copywriting dengan pola Embedded Commands

Orang-orang yang membaca perintah yang tersembunyi hanya akan menganggap bahwa penulis membuat atau memberitahukan sesuatu dengan pertanyaan yang puitis/mengada-ada. Ketika anda ingin menggunakan kata perintah yang tersembunyi pada iklan anda, tulislah perintah tersebut kemudian di berikan tanda berbeda seperti warna kalimatnya lebih tebal, kalimatnya miting kesamping, atau di garis bawahi, menggunakan huruf capital, atau di berikan warna lain.

Contoh:

“kami menyadari betapa perlunya anda akan laptop yang menawarkan harga yang terjangkau dan memiliki performa yang bagus.”

Berikut beberapa kalimat atau pertanyaan yang bisa anda gunakan untuk membuat pesan tersembunyi pada iklan anda :

  • Mungkin anda bisa (perintah tersembunyi)
  • Saya ingin mengetahui ketika (perintah tersembunyi)?
  • Ketika anda selesai membaca ini (Perintah tersembunyi)
  • Ketika anda ( Perintah tersembunyi), Apaka anda melakukannya ?

Berikut beberapa awalan yang bisa memulai perintah tersembunyi :

  • Benar-benar/sungguh-sungguh melihat lagi
  • Dengarkan informasi ini
  • Anda ingin belajar/mempelajari
  • Percayalah dengan apa yang saya katakana
  • Tertarik bukan
  • Pikirkanlah
  • Lakukanlan
  • Katakan iya pada
  • Angkat telepon anda

Creating Excitement and Desire

Konsumen tidak membeli barang menggunakan logika mereka masing-masing, mereke membeli barang menggunakan kesadaran emosi, kemudian mereka akan meyakinkan diri menggunakan logika mereka masing-masing.

  • Pada saat ini kami akan memberitahukan / menunjukan kepada anda.

Contoh :

“pada saat ini kami akan memberitahukan kepada anda bagaimana caranya mendapatkan potongan harga laptop Acer ini”

  • Pada beberapa paragraph/ halaman selanjutnya ….. ( gunakan ini untuk iklan yang bersifat jangka panjang)

Contoh :

“ Pada beberapa halaman selanjutnya kami akan menunjukan bagaimana laptop Acer mengubah keadaan para pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka masing-masing”

  • Ketika anda (apa yang anda ingin konsumen lakukan), anda akan benar-benar (deskripsi yang menarik)

Contoh :

“ Ketika anda menggunakan dan mengandalkan laptop Acer ini untuk menyelesaikan pekerjaan anda, anda akan benar-benar puas dan terkejut dengan performa laptop Acer ini.”

  • Ketika anda membaca ini ( deskripsi dari apa yang konsumen inginkan )

Contoh :

“Ketika anda membaca ini, anda akan mendapatkan kesempatan menyelesaikan pekerjaan lebih efektif, efisien, dan produktif.”

  • Gunakanlah statement yang menghubungkan masa depan dengan statement yang membangun ketertarikan konsumen)

“ Setelah anda membeli laptop Acer dan mengoperasikannya, sangat gampang dan praktis bukan. Dan kemudian setelah anda mendapatkan hasil dari pekerjaan anda melalui laptop Acer ini, anda akan merasakan rasanya menjadi karyawan yang sangat professional dan ahli.”

  • Maukah anda (manfaat) sehingga orang-orang (Aksi terkuat)

Contoh :

“Maukah anda bekerja secara produktif sehingga rekan kerja anda merasa iri dengan hasil pekerjaan anda ?”

  • Jangan ( situasi atau hasil saat ini) kecuali anda benar-benar ingin (manfaat)

Contoh :

“ Jangan memilih laptop Acer kecuali anda benar-benar ingin pekerjaan anda lebih cepat selesai dan memuaskan.”

  • Ketika anda ( mendapatkan kemampuan dan manfaat dari produk) pekerjaan lain (sesuatu yang mungkin mereka kerjakan di kantor, sekolah,usaha, rumah) akan terasa/ akan menjadi (manfaatnya : lebih mudah, lebih lancar, dan lebih produktif)

Contoh :

“ketika anda ingin menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan memuaskan, hal lain seperti komunikasi melalui email, video conference, dll dengan atasan dan rekan kerja, hubungan bisnis dengan perusahaan lain pun terasa lebih mudah, praktis, dan lancar. “

  • Pada saat ( melakukan apa yang ingin anda lakukan) anda akan ( manfaat) dan ( janji utama) anda akan menjadi (sesuatu yang positif)

Contoh :

“ketika Laptop Acer ada di atas meja anda, anda akan merasa tenang dan bisa menyelesaikan pekerjaan anda lebih cepat dan produktif, anda akan menjadi expert dalam menangani segala pekerjaan yang ada.”

  • (Produk/jasa) akan membuat anda dari (keadaan konsumen saat ini) menjadi (keadaan yang di harapkan konsumen)

Contoh :

“Smartphone Samsung Galaxy S7 akan membuat anda merasa menjadi pengguna smartphone kelas bawah menjadi pengguna smartphone kelas atas.”

  • Fokus dan hanya pikirkan apa yang anda bisa lakukan/ terima/

Contoh :

“ Fokus dan hanya pikirkan apa yang bisa anda dapatkan ketika mobil anda menjadi bersih ketika menggunakan jasa cuci mobil Sukses Jaya.”

  • Bagaimana jika anda bisa (janji utama) …. Tanpa (beberapa sisi negative yang terkait dengan janji utama) ?

Contoh :

“Bagaimana jika anda bisa mendapatkan motor dengan desain dan mesin yang bagus tanpa menegenal took supplier motor yang terpercaya ?.”

Btw kalau Anda mau belajar tentang reseller dan dropship alias jualan online tanpa modal besar, bisa baca artikel ini : Cara melakukan reseller dan dropship untuk market lokal Indonesia dan panduan tool untuk riset pasar reseller dan dropship

NLP Copywriting dengan “Picture” ( Penggambaran)

Dengan menggunakan gambar anda membuat gambar visual untuk menunjukan menjadi  seberapa hebat kehidupan konsumen setelah menggunakan produk atau jasa anda. Picture merupakan salah satu formula copywriter yaitu PPPP:

  1. Promise
  2. Picture
  3. Push
  4. Proof
  • Bayangkan ….

Contoh:

“Bayangkan apabila investasi anda bertambah setiap harinya. Anda baru saja menggunakan jasa konsultasi bisnis perusahaan anda, dalam seketika anda akan menerima banyak orderan dan investasi.”

  • Bayangkan diri anda

Contoh:

“Bayangkan diri anda tersenyum ketika para kerabat mengucapkan selamat atas keberhasilan anda dalam melakukan strategi marketing untuk perusahaan terbesar di Indonesia.”

NLP Copywriting dengan pola “Establishing Credibility and Expertise”

Kepercayaan konsumen adalah hal yang sangat penting dalam jualan online, dan salah satu caranya adalah membangun kepercayaan secara jujur. Menyebutkan kekurangan kita tetapi bukan kekurangan utama.

  • Mungkin ini bukan (Kata sifat yang positif), tetapi (mendeskripsikan prospek apa yang anda percaya)

Contoh :

“Mungkin ini bukan obat nyamuk dengan pilihan aroma terbanyak, tetapi obat nyamuk Power ini merupakan obat nyamuk terampuh, ekonomis dan praktis untuk anda.”

  • Barangkali kami bukan…( prospek apa yang akan mempertimbangkan masalah minor), tetapi ( kepercayaan pembaca/konsumen yang anda harapkan)

Contoh:

“Barangkali kami bukan perusahaan terbaik di Indonesia, tetapi jasa kami bisa membuat anda menjadi orang terkaya di Indonesia.”·

  • Sadarlah (Nama orang, perusahaan, produk), adalah ( pemikiran konsumen yang anda inginkan)

Contoh:

“ Sadarlah bahwa kami dari Pro Fast Cleaner Car adalah penyedia jasa pencuci mobil yang professional untuk membuat mobil anda terlihat lebih bersih dan mulus.”·

  • (Activity suggesting solid credibility – years in business, years of study, number of client, university degree, dll.) telah membuat dia/mereka menjadi ahli ( membantu mereka mencapai goals atau tujuan)

Contoh:

“Ibu Yuli sudah 3 tahun merintis UKM nya dan menjadi sukses setelah mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Startupbisnis.com”·

  • (nama) di puja, di hormati, dianugerahkan sebagai/ menjadi seorang ahli yang ( Jenis produk yang anda berikan) ( dari siapa)….

Contoh:

“Ibu Yuli di anugerahkan sebagai seseorang yang ahli dalam merintis UKM nya sendiri oleh Startupbisnis.com. Startupbisnis.com akan membantu anda untuk menjadi seperti dia.”·

  • (kalimat yang menghubungkan anda dengan siapapun yang ahli di bidang yang sama). ( nama anda) menjadi seperti ( ahli yang terkenal).

Contoh:

“ Yamaha akan membuat anda seperti Valentino Rossi : yang tercepat dan nomor satu.”·

  • (Orang/Perusahaan) menggunakan metode yang sama dengan..(Professional)

Contoh :

“Pro Fast Cleaner menggunakan metode yang sama dengan cara pencucian mobil kepresidenan Indonesia”·

  • (nama produk) sekarang memberikan anda ( ide/ rahasia) yang ( keinginan yang utama) yang di pakai di seluruh dunia (manfaat produk)

Contoh :

“Buku modul E-marketing ini memberikan anda sebuah rahasia dimana orang yang sukses di Indonesia pun telah memakai buku ini untuk membuat mereka menjadi sukses.”·

  • (nama) Secara konsisten di nilai oleh ( grup/orang) sebagai salah satu produk yang paling (kata sifat yang positif)

Contoh :

“Pizza Hut secara konsisten di nilai oleh komunitas pecinta makanan Indonesia sebagai restoran pizza paling enak, bersih, dan sesuai standar internasional.”

Creating Rapport

Creating Rapport adalah kegiatan melakukan deal dengan consumer melalui tulisan, telepon, sampai dengan membangun sebuah ikatan dan kepercayan secara langsung.

Emphatic Openings:

  • Seperti anda, (Mendeskripsikan permasalahan yang konsumen miliki)

Contoh:

“Seperti anda, saya tidak bisa membuat sofa saya menjadi bersih seperti baru lagi..”

  • Seperti yang lainnya ( mendeskripsikan masalah)…“seperti yang lainnya yang ingin mobilnya menjadi bersih dan mulus lagi, saya tidak bisa membawa teman saya pergi kemana-mana karena mobil ini sudah terlalu kotor dan tak terawat.”

Creating Value

Membangun nilai yang unik atau lain daripada yang lain akan membuat produk atau jasa anda memiliki sebuah nilai lebih. Konsumen akan bertanya apa yang membuat produk anda lain dari pesaing anda, itulah poin utama yang harus anda tekankan kepada konsumen, apa kelebihan anda dari pesaing anda.

  • Seribu/Sejuta orang (atau jenis prospek target anda) telah membayar ( total pembayaran yang besar) … itu merupakan jumlah uang yang cukup untuk dihabiskan. Tetapi sekarang anda bisa memiliki/mempunyai/merasakan/mendapatkan.

Contoh:

“Sudah lebih dari seribu orang di Indonesia telah membayar biaya untuk membersihkan rumah sebesar 5 juta per bulan. Itu merupakan jumlah yang besar untuk di habiskan. Tetapi sekarang anda bisa mendapatkan biaya untuk membersihkan rumah sebesar 2 juta per bulan dengan menggunakan jasa Quick Clean.”

  • Seratus, seribu orang telah menghabiskan/ membuang ( jumlah uang yang banyak) untuk ( jasa/produk yang anda tawarkan). Tetapi sekarang, berterima kasihlah pada ( produk/ jasa yang anda tawarkan), anda bisa (manfaat yang didapatkan konsumen)

Contoh:

“Seribu orang sudah menghabiskan uang puluhan juta untuk memperbaiki rumah mereka agar tidak bocor dan dipenuhi rayap. Tetapi sekarang berterima kasih lah kepada Fixtion , anda bisa mendapatkan garansi uang kembali apabila rumah anda masih bocor dan dipenuhi rayap setelah di tangani oleh Fixtion.”

Suggesting Ease

  • Sangat mudah
  • Sangat gampang
  • Dalam 3 tahap yang mudah
  • Hanya ( Apa yang anda ingin konsumen lakukan)

“Hanya tambahkan informasi anda di kolom kosong ini dan kirim kepada kami. Segampang itu bukan.”

  • Sangat mudah semudah/sangat cepat secepat (pilihan/keadaan yang tidak sulit)

Contoh:

“sangat gampang segampang membalikkan telapak tangan saja.”

  • (Produk) memberikan anda ( manfaat)

Contoh:

“Fixtion memberikan anda sejuta kenyamanan dan kepuasan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah.”

  • Secara otomatis
  • Tanpa disadari
  • Hampir seperti keajaiban
  • Bahkan tanpa terpikirkan

Contoh:

“Hal paling menakjubkan ketika menggunakan buku ini anda akan secara otomatis menggunakan nya untuk membuat perencanaan bisnis anda.”

Changing Beliefs

Reframing atau mengubah perspektif konsumen merupakan salah satu startegi yang kuat. Untuk melakukan itu, buatlah daftar dari semua alasan kenapa seseorang tidak merespon penawaran anda dan pikirkan bagaimana caranya agar anda bisa menjawab mereka.

Membuat janji yang utama dibutuhkan di awal iklan anda kemudian tambahkan dengan testimony konsumen, merangkum kasus, statistic pendukung, kata-kata dari para professional. Jika tidak melakukan semua itu, konsumen akan berpikir anda hanya menggunakan kiasan hyperbola ( mengada-ada)·

  • The “yes” urutan

Yakinlah bahwa anda akan mendaptkan jawaban iya dari konsumen sebelum mempresentasikan sesuatu yang membentuk kepercayaan dari konsumen yang anda harapkan. Bisa bertanya beberapa pertanyaan singkat.

Contoh:

“apakah saat ini rumah anda mengalami kerusakan ? Apakah anda ingin rumah anda kembali seperti baru lagi? Apakah anda ingin mengunakan jasa perbaiki rumah yang terpercaya ? Berikan semua harapan itu kepada Fixtion karena rumah harapan dan impian anda akan tercapai.”

  • Jika anda setuju dengan kami, maka kami (produk/service anda) akan/bisa membuat keadaan anda berbeda dari keadaan anda saat ini (keadaan yang tidak diinginkan sekarang) dan kejutan/lompatan akan membuat anda (keadaan yang di harapkan di masa yang akan datang)

Contoh:

“Jika anda setuju dengan kami, maka kami akan membuat keadaan rumah anda saat ini menjadi terlihat berbeda seperti rumah impian anda.”

Cara lain untuk mencapai keberhasilan dalam pertanyaan adalah dengan menanyakan beberapa pertanyaan negative, seperti mengucapkan “tidak” pada keadaan mereka saat ini yang mungkin tidak menyenangkan.

  • Apakah anda puas dengan cara kerja iklan anda saat ini ?
  • Apakah anda mendapatkan startegi bisnis yang cukup untuk iklan anda ?
  • Maukan anda menghasilkan pemasukan yang lebih minggu ini daripada minggu lalu ?
  • Apakah yang anda lakukan saat ini membuat anda mendapatkan hasil yang anda inginkan ?
  • Pernahkan anda mencoba cara atau nasehat mengenai startegi iklan dari orang lain dan tidak mendapatkan respon untuk iklan anda ?

Ada strategi yang telah membantu para pembuat strategi iklan pada beberapa tahun ini, startegi rahasia yang mereka coba untuk sembunyikan dari pesaing mereka·

  • Apakah anda merasa oke dengan letak karpet anda saat ini ?
  • Apakah anda sadar bahwa mereka bisa mencium aroma rumah anda ?
  • Maukah anda apabila teman dan keluarga anda membicarakannya di belakang anda ?
  • Apakah anda berencana untuk melihat atau mencari jasa pencuci karpet yang tidak anda ketahui asal mulanya ?

Semakin anda berkata “Tidak” berarti anda sangat memerlukan bantuan untuk membuat karpet anda bersih dari jasa pencuci karpet.

Formulas to impress others, belong to a special group, or exclusiveness

Pada era trend saat ini orang-orang membeli sesuatu untuk membuat orang lain terkesan dan membuat mereka merasa iri. Sebagian orang pun membeli sesuatu karena mereka sadar kalau barang yang mereka beli itu sangat sulit untuk di dapatkan. Dengan kalimat atau bahasa kita bisa mengatasi itu semua.

  • Untuk semua orang yang (manfaat atau tujuan konsumen) {catatan: letakkan kalimat ini pada saat awal iklan anda)

Contoh :

“untuk semua orang yang ingin rumahnya terlihat baru seperti semula”·

  • (jenis orang yang ingin di sesuaikan dengan prospek yang anda inginkan) saat ini lebih suka ( konsumen melakukan apa yang anda inginkan)

Contoh:

“Para Ahli keuangan saat ini lebih suka membuat perencanaan keuangan mereka terlihat sesuai dengan aturan perencanaan dan jelas/ transparansi.”

  • Penawaran khusus { catatan: gunakan kalimat ini pada saat menggunakan email atau pesan secara langsung)

Contoh:

“Karena produk sabun ini belum tersedia di toko-toko terdekat anda, maka kami memberikan penawaran khusus untuk anda.”

  • Kami mengundang anda untuk mencoba/memesan/membeli (Produk/jasa anda)

Contoh:

“kami mengundang anda untuk mencoba sabun ini dalam 2 minggu penggunaan dan lihatlah hasilnya.”

  • Jadilah salah satu (ibu/bapak/sdra/sdri) dari 100 orang yang bisa.. (keinginan)

Contoh:

“jadilah salah satu dari 100 orang yang menggunakan kupon diskon pembelian produk kami.”

  • Dengan menerima undangan ini/ anda akan menjadi bagian dari.

Contoh:

“Dengan menerima undangan ini, anda akan menjadi bagian dari kelompok pemilik mobil kategori special ( potongan harga), anda cukup bersantai di rumah dan menikmati kebersamaan dengan keluarga tanpa harus mencemaskan kebersihan mobil anda.”

  • Jika anda (pernah) (melakukan sesuatu yang umum tetapi unusual to admit to), anda adalah ( produk) orang/sdra/sdri/ibu/bapak

Contoh:

“jika anda pernah bermimpi menjadi jutawan, anda adalah klient Indosurya”

  • (produk/ jasa) hanya tersedia untuk ( konsumen utama)

Contoh:

“ Fixtion hanya tersedia untuk pelanggan setia pengguna aplikasi Fixtion.”·

  • Sebelum kita ( place mass advertisements), anda bisa memesan nya melalui (nama / produk)

Contoh :

“ Sebelum kita memasang iklan di Koran harian Kompas, anda bisa memesan nya melalui website kita sebelum form pemesanan penuh.”

  • Sebelumnya/ sebelum informasi ini hanya bisa di akses oleh .. yang bertempat di

Contoh:

“Sebelumnya, jasa kami hanya tersedia dan di akses untuk wilayah Jabodetabek saja.”

Producing Fear or Unpleasant Experiences

Orang-orang lebih condong bertindak jika mereka berada dalam sebuah situasi ketakutan akan kehilangan. Sebagian orang akan melakukan lebih lagi untuk keluar dari situasi permasalahan daripada pergi setelah mencapai tujuan mereka. Tetapi para marketer yang sukses menggunakan ketakutan dan permasalahan dalam bagian kegiatan marketing mereka.

  • Berhenti sejenak/ bisa kah anda mengingat/ memikirkan tentang terakhir kali/baru saja ( pengalaman negative yang akan di selesaikan oleh produk/jasa anda)? Sekarang, pikirkan mengenai situasi yang sama, karena/setelah anda memakai (produk/jasa) anda sebenarnya mempunyai/memiliki ( deskripsi panjang dari manfaat yang didapat konsumen). Sekarang, menjadi sempurna/hebat, iyakan ?

Contoh:

“Berhentilah sejenak dan ingatlah kembali ketika rumah anda terlihat sangat tidak terawat. Karena rayap ? atau kualitas cat yang kurang bagus ? sekarang pikirkan mengenai situasi yang sama , karena anda menggunakan jasa Fixtion rumah anda terlihat lebih cerah, lebih terawat, lebih berwarna, lebih harum, dan lebih bersih. Sekarang menjadi lebih sempurna bukan ?.”·

  • Masalah kamu adalah ( keadaan menyiksa yang akan di rasakan konsumen) pakailah ( produk/jasa yang anda tawarkan) akan membantu anda.

Contoh:

“permasalahannya adalah bau, kusam, bocor, rusak maka pakailah Fixtion yang akan membantu anda menyelesaikan semuanya.”

  • Jadi (hal yang Anda ingin dilakukan oleh prospek Anda) atau gagal/kalah (kegagalan)! Terkadang terlihat sangat kritis.

Contoh :

“jadi gunakanlah obat nyamuk Fix Quick ini atau rumah anda akan menjadi sarang nyamuk. Kadang hal ini perlu Anda perhatikan.”

  • Oleh karena itu, kemampuan anda untuk ( melakukan sesuatu yang dapat membawa prospek anda kepada apa yang mereka inginkan) bisa berarti semua perbedaaan antara (tujuan konsumen) dan (apa yang konsumen hindari).

Contoh:

“Oleh karena itu, kemampuan anda untuk menjaga kamar anda terhindar dari nyamuk·

  • Jadi anda memiliki pilihan: anda bisa (negative future pace) atau anda bisa ( positif)

Contoh:

“Jadi anda memiliki pilihan: anda bisa memiliki rumah yang kotor, bau, dan tidak terawatt atau anda bisa mendapatkan rumah yang seperti baru lagi lebih bersih, cerah dan harum.)

  • Kenapa banyak orang (negative)

Contoh :

“kenapa banyak sekali orang yang terkena demam berdarah ?.”

  • Lelah karena ( Negatif)

Contoh:

“Lelah karena laptop bermasalah terus menerus ?.”

  • Anda tidak perlu (problem)

Contoh:

“Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki laptop anda lagi.”·

  • Manakah/yang mana (aktifitas- positif/negative) lebih…., (deskripsi 1) atau (deskripsi 2) ? (deskripsi 2 membicarakan tentang atau menyinggung produk/ jasa anda)

Contoh :

“keadaan manakah yang membuat anda stress berlebihan, mencuci mobil sendiri atau memanggil jasa pencuci mobil professional ?.”

  • Anda tidak bisa/tidak mungkin (aktifitas) tanpa ( konsumen melakukan apa yang anda inginkan)

Contoh:

“Anda tidak mungkin membawa teman ataupun kerabat anda ke rumah tanpa memperbaiki dahulu kerusakan yang ada.”

Creating Urgency and Scarcity

Scarcity menempati urutan terakhir dalam 6 metode compliance professionals yang di buat oleh Dr. Robert Cialdini. Dr. Robert mengatakan bahwa Scarcity adalah komponen metode yang paling kuat, jika anda ingin iklan anda melakukan yang terbaik, anda harus memasukkan scarcity kedalamnya.

  • Dapatkan ( produk/jasa) sementara anda masih bisa (alasan)

Contoh:

“Dapatkan buku panduang strategi e-marketing ini selagi anda masih bisa mengordernya dari website kami karena buku dalam stock terbatas.”

  • Perubahan harga

Contoh:

“ dapatkan buku ini sekarang sebelum anda mendapatkan harga yang lebih mahal setiap harinya.”

  • Penawaran/ freebie deadline

Contoh :

“Kami hanya memiliki penawaran khusus untuk potongan harga cuci mobil sampai akhir bulan ini, kesempatan habis untuk anda setelah promo ini habis.”

  • Hanya/ untuk pelanggan pertama..”

Contoh:“karena jadwal yang padat, kami hanya memiliki waktu yang cukup untuk 10 pelanggan pertama di awal bulan ini.”

  • Consequences : what will prospect lose by not responding ?

Contoh :

“Jika anda tidak mendaftarkan diri anda sekarang, kesempatan untuk anda akan diambil oleh pesaing lainnya.”

Making a Commitment

Ketika seseorang membuat sebuah komitmen akan sangat susah untuk membuat mereka mengubahnya lagi. Sekali saja kita membentuk pikiran konsumen untuk melakukan sesuatu atau mendapatkan sesuatu akan susah untuk membuat mereka kembali seperti semula. Anda juga bisa menggunakan bahasa/kalimat untuk membentuk sikap konsumen terhadap apa pun yang anda tawarkan.

  • Konsultasi gratis
  • Jasa evaluasi gratis
  • Mencoba sebelum membeli
  • Pertanyaanya adalah : Apakah anda serius/apakah anda tertarik mengenai (tujuan)? Jika iya, kemudian (konsumen melakukan apa yang kita inginkan)

Contoh :

“apakah anda serius untuk bisa mendapatkan penghasilan yang tetap ? Jika iya silakan menghubungi kami dan kami akan melayani anda mengenai konsultasi bisnis anda.”

  • Sudahkah Anda (sesungguhnya) memberitahu ( tujuan yang belum tercapai namun ingin dicapai)?

Contoh:

“Pernahkah anda terpikir/berkata bahwa anda ingin memiliki kamar yang bagus, cerah, harum, dan nyaman untuk di tempati ?”

  • Apakah anda tidak/selalu percaya/mengatakan/terpikirkan (sesuatu yang selalu inginkan konsumen)?

Contoh :

“Apakah anda tidak pernah terpikirkan oleh anda bahwa anda ingin memiliki laptop yang harganya terjangkau dan performa yang bagus untuk menunjang pekerjaan anda ?”  

Saving Money or Increasing Value

Setiap orang sangat menyukai apabila membeli sebuah barang yang paling murah dari penawaran yang ada melalui internet. Jika apa yang anda tawarkan merupakan bukan harga termurah, anda harus bisa menunjukan seberapa bernilainya barang yang anda tawarkan.

  • Banyak orang telah membayar (nominal uang yang besar) untuk ( Apa yang anda tawarkan). Tetapi anda bisa memiliki ( Apa yang anda tawarkan) untuk harga yang benar-benar tidak terpikirkan oleh anda. ( berikan alasan kenapa jika perlu)

Contoh:

“Banyak orang telah membayar/mengeluarkan biaya mereka lebih dari 5 juta per bualan untuk bisa memiliki smartphone yang paling canggih. Namun anda bisa memiliki smartphone untuk harga yang benar-benar tidak terpikirkan oleh anda (diskon 40%). Karena kami tahu bahwa anda harus memenuhi keinginan tersebut untuk menunjang aktifitas anda.”

  • Butuh (banyak tahap, waktu yang lama, atau biaya yang mahal) untuk ( membentuk produk anda)

Contoh:

“Butuh proses pelatihan dan mendapatkan karyawan yang professional yang lama untuk bisa memberikan pelayanan yang paling baik untuk anda agar mobil anda terlihat bersih, mulus, dan seperti baru lagi.”

Differentiating Yourself from the Competition

Bisnis yang memberikan penawaran yang lain dari pada yang lain menjadi salah satu kunci agar bisnis anda bisa bertahan dan bersaing dengan bisnis perusahaan lain (USP = Unique Selling Proposition). Tapi bagaiamana kalau bisnis anda tidak begitu berbeda dengan competitor anda ? anda bisa menggunakan atau memasukan Language pattern agar bisnis anda terlihat lain dari yang lain.

  • Rasakan/nikmati (tujuan konsumen) seperti belum pernah mengalami sebelumnya…

Contoh:

“Nikmati suasana rumah yang nyaman, sejuk, harum, dan berwarna seperti belum pernah mengalami sebelumnya.

  • Tidak seperti yang lain/pada umumnya/ kami (produk/jasa), (produk/jasa anda) tidak akan/tidak mungkin (komplenan konsumen mengenai produk pesaing anda sebelumnya)

Contoh:

“Tidak seperti yang lainnya, kami Smartphone FTH tidak akan menawarkan smartphone yang cepat panas dan cepat rusak – atau anda bisa mendapatkan uang kembali apabila itu terjadi.”

  • Yang pertama..

Contoh:

“Pro Quick merupakan jasa cuci mobil pertama yang menerapkan garansi apabila anda menemukan sedikit saja kotoran yang masih menempel pada mobil anda.”

  • Tidak pernah ada (produk/jasa/perusahaan) yang (kualitas yang berbeda/fitur dari produk anda)

Contoh:

“Tidak pernah ada jasa pencucian mobil yang memberikan garansi uang kembali.”

Author: Rhein Mahatma

ya gitu deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *