Bagaimana Nama Domain Bisnis / Toko Online yang Bagus dan Bagaimana Melakukan Negosiasi Domain

 

memilih nama toko online

 

Memilih nama toko online atau bisnis adalah hal yang tidak mudah. Anda harus mencari nama yang terbaik dan gampang diingat orang, bukan hanya ingat sebulan dua bulan, tetapi jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah kriteria nama domain yang baik menurut Garry Tan, founder Posterous dan partner di Ycombinator.

  • Tidak rancu saat dieja atau disebut
    Usahakan terdiri dari dua suku kata umum yang mudah digabungkan. Seperti Yahoo, Google. Ada cerita alasan Jack Ma memberi nama Alibaba adalah karena Alibaba dieja disemua negera dengan cara dan bunyi yang sama. Untuk mencari nama domain / toko online yang mudah Anda bisa gunakan leandomainsearch.com.
  • Sependek mungkin, Jumlah suku kata pendek
    Nama yang kompleks berarti sulit diingat. Semakin pendek semakin baik. Juga meminimalisasi jumlah tekanan keyboard bagi orang yang menuju website Anda.
  • Memiliki arti yang dalam
    Artinya terkait dengan service yang Anda berikan
  • .com
    Kebanyakan orang terbiasa dengan .com daripada domain lain

Satu atau lebih dari aturan di atas bisa saja tidak diikuti, tetapi nama terbaik biasanya mengikuti aturan di atas.

Resource lainnya adalah  instantdomainsearch.com dan wordoid.com.

Hal menarik lainnya tentang nama domain adalah :

A name is what you inject into it over time

UsNama domain yang baik harus pendek dan mudah diingat, Etsy adalah contoh yang bagus, pendek, mudah diingat dan cocok dengan marketplace kerajinan. Etsy tidak punya arti apapun, sekarang coba lakukan google search dengan keyword Etsy untuk melihat apa yang telah mereka lakukan dengan kata tersebut.

Del.icio.us membeli domain Delicious.com setelah mendapatkan investasi,  Foursquare membeli Foursquare.com juga setelah mendapatkan investasi (mereka melakukan launch dengan playfoursquare.com)

Kadangkala nama domain untuk bisnis sangat mahal, misalnya Mark Pincus ingin membeli “Zinga.com” tapi sangat mahal, kemudian ia melihat anjing dari seorang investor dengan nama “Zynga” akhirnya ia memutuskan membeli Zynga.com.

Membeli domain bagus semakin mahal dan tidak mudah, harga nama domain yang baik naik dengan sangat tinggi.Fred Wilson dari USV memberikan advice budget untuk membeli domain senilai maksimum $10K  (Rp.100 juta), kemudian mereka meningkatkan rekomendasinya menjad $25K (Rp. 250 juta), kemudian dinaikkan lagi sampai $50K (Rp 500 juta)

Ada korelasi antara harga domain dan valuasi dari startup yang baru dilaunch.

Berikut ini beberapa advice terkait mendapatkan nama domain yang bagus dari Fred Wilson :

  • Jangan terobsesi mendapatkan nama yang mendeskripsikan startup Anda. Tentu saja bagus jika Anda mendapatkan nama “Kickstarter” jika Anda membangun funding platform untuk ide kreatif, tetapi tentu saja tidak harus sebagus itu namanya. Fokuslah pada nama yang pendek, catch dan memorable.
  • Jika Anda sudah memiliki nama domain yang bagus, pertimbangkan matang-matang apa yang akan Anda lakukan dengan itu.
  • Bersiaplah membayar untuk nama domain yang bagus.
  • Pikirkan skema “rent to own”. Jika Anda menemukan nama domain yang mahal tetapi kamu suka, kamu bisa menyewanya beberapa tahun dengan opsi membelinya di suatu saat. Misalnya Anda melaunch website untuk jual beli boat, orang yang memiliki domain boats.com meminta $100K, Anda tentu tidak bisa membelinya sekarang. Tetapi si owner domain membolehkan Anda menyewa $5K per tahun dan membolehkan Anda membelinya 3 tahun mendatang seharga $100K. Anda melakukan skema ini karena Anda membuat proyeksi Anda akan menjual boat senilai jutaan dollar, valuasi bisnis Anda juga meningkat. Nilai $100K juga mudah untuk dibayarkan. Dan jika Anda gagal menjual banyak boat, maka Anda tidak butuh membeli domain ini dan tidak membuang banyak uang Anda.
  • Pikirkan memberikan saham daripada cash. Banyak kolektor domain membeli domain karena punya perkiraan domain ini akan bernilai besar di masa depan. Dan siapa tahu mereka benar. Jadi sulit untuk mengambil domain dari mereka dengan harga murah. Satu hal yang Anda punya sekarang dan yang bisa bernilai besar di masa depan adalah saham di perusahaan Anda.
  • Gunakan jasa pihak ke-tiga. Terkadang Anda membutuhkan orang lain yang memiliki skill, pengetahuan dan network di bidang domain untuk melakukan akuisisi domain. Pihak ke-tiga ini kadangkala juga menyembunyikan identitas buyer sebenarnya.

Menemukan dan membeli domain seringkali menjadi hal yang cukup painful. Banyak startup menghabiskan waktu di sini, dan merupakan hal yang penting, terutama untuk consumer web startups, penting untuk melakukannya dengan benar. Tetapi juga ada batasan seberapa lama dan waktu yang Anda habiskan untuk effort mencari nama domain. Ingatlah bahwa “a name is what you inject into it over time”.

 

Baca Juga

7 Tips memberi nama bagi bisnis Anda

3 Cara memilih nama untuk toko online : Apa saja kerugian dan kelebihannya

Bingung Mencari Nama Toko Online Yang Berkah ? Ini 6 Tools Rekomendasi Untuk Mencari Nama Olshop

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *