3 Cara Memilh Nama Domain Website Bisnis Toko Online dan Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya

 

Bagaimana saya harus memberi nama domain saya ? haruskah persis sama dengan keyword yang saya incar ? Secara umum terdapat 3 pilihan dalam memilih nama domain.

 

  • Exact Match Domain (EMD) : Nama domain Anda benar-benar sama dengan keyword yang Anda target (Jualhijabmurah.com)
  • Partial Match Domain (PMD) : Terdapat keyword di nama domain Anda (hijabzoya.com)
  • Brandable Domain : Tidak ada keyword di nama domain (Zalora.com)

 

bagaimana memilih nama domain website

 

 

Berikut ini adalah penjelasan dari 3 cara penamaan domain

1. Exact match domain (EMD) Untuk Penamaan Bisnis.

Anda membuka Google Keyword Planner lalu melihat keyword “jual hijab murah” cocok untuk Anda, mengandung buying intention (“jual”), persaingan tinggi di adwords (berarti keyword itu ada ROInya). Lalu membeli domain jualhijabmurah.com.

Keuntungan memiliki nama domain bisnis Exact Match Domain Cocok untuk berbisnis di niche yang spesifik

  1. Anda tidak perlu lagi menerangkan kepada visitor website tentang apa yang Anda jual
  2. Dalam banyak kasus bisa menaikkan tingkat CTR (dalam beberapa kasus jika misalnya dalam search engine result page Anda yang memilik domain sepatuolahragapremium.com berkompetisi dengan nike.co.id yang memiliki brand value sangat kuat mungkin akan berbeda)
  3. Biaya adwords Anda akan lebih murah karena relevansi keyword dan nama domain Anda

 

Kerugian

  1. Terkena exact match domain penalty. Pada 2012 Google mengeluarkan “filter” yang meng-KO banyak website dengan domain exact match tetapi memiliki low quality content, misalnya domain Anda jualhijab.com, hanya berisi 10 halaman, Anda beri backlink yang banyak. Jangan harap deh Anda bisa teranking bagus di keyword jualhijab.com. Ini bukan hal yang selalu buruk, justru bagus untuk Anda yang memang serius berbisnis, mau mengeluarkan effort dan budget untuk membuat konten yang baik dan mengembangkan awareness public & brand terhadap website Anda. Bila Anda memang serius tentu saja Anda bisa masuk ranking satu, hanya saja harus lolos “ujian Google” Apakah Anda layak mendapatkan posisi no 1 ? Saya personally melihatnya harus ada threshold atau batasan traffic minimum untuk Anda masuk posisi bagus untuk exact match domain, terutama untuk keyword dengan persaingan tinggi, juga harus ada direct type in yang cukup besar di website Anda (orang yang buka browser, lalu memasukkan nama website Anda) di mana cara untuk memperbesar direct type in bukanlah memperbanyak backlink tapi membangun branding/awareness, high quality content, facebook likes / engagement, video dan banyak effort lainnya. Jika saya adalah Google, mungkin saya akan menetapkan aturan traffic Anda harus lebih besar dari keyword search volume perbulan dari keyword yang Anda target, baru web Anda bisa ranking satu. Tapi begitu Anda berhasil .. the business is yours.
  2. Dalam beberapa kasus, tidak keren untuk branding dan partnership. Jika Anda punya duit 10 miliar untuk membayar Raisa menjadi ambassador, dengan nama domain jualsandalmurah.com apakah kira-kira ia bersedia ?
  3. Ke depannya bisa membuat brand confusion karena brand Anda generic
  4. Nama exact domain yang terlalu spesifik menyulitkan Anda untuk melakukan ekspansi sehingga harus mengembangkan domain baru.
  5. Sulit melakukan ekspansi, bagaimana Anda akan menambah produk dengan menjual alat tulis dan fashion jika domain Anda adalah jualfurniturejakarta.com ?

cara-memilih-domain-untuk-bisnis

 

 

2. Partial match domain (PMD)

Berarti Anda mengidentifikasi keyword yang bagus, lalu menambahkan kata di depan, tengah atau belakang nama domain Anda.

Misalnya  Hijabzoya.com .. bajumutif.com (mutif adalah brand baju di Bandung).

Bestpasta.com .. Pastalabs.com

Ecommerceiq.com

Dalam banyak kasus, PMD juga bisa disebut “brandable domain” atau brandable PMD, walaupun mengandung keyword tetapi masih ada value brand yang bisa keren. Dari pengalaman saya (saya tidak mengujinya secara khusus), merankingkan PMD lebih mudah daripada EMD.

 

 

3. Menggunakan Brand Untuk Penamaan Domain Bisnis

memilih-nama-domain-bisnis-toko-online

Mari kita mulai dari gambar di atas, yang menunjukkan interest pengguna Google terhadap brand Zappos dibandingkan Adidas. Di mana salah satu data yang digunakan pasti search volume.

Zappos adalah ecommerce yang berdiri tahun 1999 dan pada tahun 2009 dibeli Amazon senilai sekitar 1 Triliun.

Adidas berdiri tahun 1999.

Di grafik tersebut, terlihat di tahun 2008 Zappos mulai melewati Adidas.

Artinya ? secara kasar berarti awareness brand Zappos mulai menyamai Adidas, yang berakibat pada peningkatan valuasi/nilai perusahaan Zappos.

Bayangkan jika di awal berdiri, nama brand zappos adalah “cheap shoes” ? apakah kira-kira bisa punya valuasi 1 triliun ? entahlah, saya bukan expert brand, hanya “katanya” orang-orang sih valuasi dari affinity brand itu besar.

Kalau terkait SEO dari pengalaman saya, untuk mencapai posisi yang bagus, brand domain lebih mudah (cepat) mendapatkan posisi bagus ketimbang exact match domain yang terkena penalty emd, namun, cepat bukan berarti lama bertahan di sana bukan ? ujung-ujungnya akan kembali lagi ke seberapa niat effort Anda membangun konten di dalamnya, brand awareness dll.

Berikut ini beberapa contoh brand domain :

Amazon.com – ecommerce

Fiver.com – cheap freelancing

Twitter.com – social networking

Uber — taxi service

Lazada – ecommerce

 

Beberapa hal penting lainnya :

  • Jangan hanya ambil .com, tetapi juga .idnya
  • Hindari .net, .co dll sebagai domain utama, kerena jika Anda ngiklan di radio, calon customer Anda saat buka laptop bukanya .com
  • Jika startup Anda adalah mobile first startup, atau bahkan mobile only startup, penamaan dan ekstensi domain sering kali tidak perlu terlalu dipikirkan
  • Kalau punya budget besar, ambil semuanya (.net,.co dll)
  • Urus juga Trademark untuk domainnya, kalau ada budget lebih semua extension didaftarkan.

 

Baca Juga

Belajar Email Marketing: Bagaimana Cara Membuat Orang Meng-Click Email Kita Berikan– Prinsip dan Studi Kasus Click Email

Belajar Cara Bisnis Dengan Mengenal The Element of Value – Bagaimana Customer Mengevaluasi Product atau Service

Belajar Cara Meningkatkan Penjualan Online

Author: Rhein Mahatma

ya gitu deh

1 thought on “3 Cara Memilh Nama Domain Website Bisnis Toko Online dan Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *