Cara Membuat Iklan – Copywriting Untuk Facebook Ads Toko Online

Memahami cara menulis iklan di Facebook atau teknik copywriting di Facebook ads termasuk skill yang cukup penting untuk seorang advertiser. Karena di dunia online atau internet, produk Anda tidak bisa disentuh oleh calon customer Anda, sehingga kekuatan kata dalam iklan Anda menjadi faktor yang penting.

Copywriting iklan Facebook memiliki beberapa elemen :

Text
Image / gambar
Video
Attention catchers / penarik perhatian

Elemen dari text untuk Iklan Facebook yang memiliki konversi baik

Untuk bisa memiliki ads Facebook yang bisa menjual dengan baik, Anda harus :

1.  Hubungkan produk Anda dengan target audience

Anda suka memancing ? –> Hubungkan dengan hobby

Suka perasaan tenang saat memancing ?  Suka suasana cozy nongkrong di kafe ?  –> Hubungkan dengan perasaan

Tas model apa yang ingin Anda bawa ? –> Hubungkan secara langsung dengan produk

2. Sampaikan Benefit Produk 

Memancing lebih aman dan menyenangkan dengan tool ini

Lebih keren dan kekinian dengan Jaket Bomber Jokowi ini

Pilih yang Anda mau untuk dapatkan diskon 50% hanya hari ini

 

3. Call to Action

Beli Sekarang Juga

Cek apakah warna favorit Anda tersedia

Klik di sini dan pilih ukuran Anda

 

Anda tidak perlu selalu harus menggunakan kalimat yang mendorong konversi seperti “Lagi sale ! Rp.98.900. Tinggal 2 jam lagi!”

Aspek Gambar Untuk Iklan Facebook Yang Menghasilkan Penjualan Lebih Baik

Gambar memiliki angka engagement yang lebih besar daripada hanya text saja. Jika Anda menjual produk dropship, Anda bisa mendapatkan gambar yang dibutuhkan untuk iklan Facebook Anda dari supplier Anda, lalu mengeditnya sendiri dengan picmonkey.com atau canva.com

Terkait gambar, ada dua jenis gambar produk yang Anda ketahui :

Karakter produk di mana customer tidak tahu produk seperti apa yang mereka dapatkan (tidak bisa diraba, seperti kaos, kaos kaki, celana), action natural dari user adalah mereka ingin meng-klik untuk melihat lebih dekat, melakukan zoom dari gambar Facebook, jadi Anda akan membutuhkan gambar foto produk yang lebih besar (zoom).

Produk dengan karakter di mana customer sudah tahu apa yang mereka dapatkan, seperti mouse, printer, action natural untuk produk seperti ini adalah mereka ingin meng-klik website Anda untuk melihat detil spesifikasi dari produk, mereka tidak terlalu berniat untuk melihat lebih banyak gambar.

Tips untuk gambar iklan Facebook Anda

Banyak percobaan yang menunjukkan bahwa faktor-faktor berikut ini bisa meningkatkan engagement (like/comment/share/click/views) untuk iklan Facebook yang Anda buat :

  • Senyuman – seorang perempuan tersenyum ke arah audience
  • Warna Bright / contrast  (bisa digunakan di tombol “Beli Sekarang” dengan pemakaian warna yang kontras)
  • Dimensional (Seperti drop shadow di belakang produk, positioning yang simetris di iklan)
  • Menanyakan sesuatu untuk mentrigger reaksi audience
  • Membuat sebuah statement (bisa offensive, welcoming, tatement yang bisa men-trigger emosi, cinta atau benci)
  • Value proposition (free hanya hari ini, bundel produk, memberikan banyak benefit / benefit tambahan untuk audience)
  • Interaktif (Pilih produk yang Anda suka, kiri atau kanan ?)

cara membuat iklan facebook

Contoh dari image Facebook ads yang “Dimensional”

 

cara menulis iklan facebook

Contoh dari image Facebook ads interaktif

 

facebook ads

Contoh dari gambar iklan Facebook contrast

 

Cara Menggunakan Video Untuk Iklan Facebook

Facebook video ads banyak digunakan untuk :

  • Mendemonstrasikan cara penggunaan produk
  • Menunjukkan fitur yang penting
  • Terlihat lebih cool di newsfeed
  • Memberikan viral effect yang lebih baik daripada hanya text dan gambar

Anda bisa membaca lebih lanjut di link ini : Cara membuat Facebook video Ads

Anda tidak harus membuat sendiri videonya tetapi bisa mencarinya di Youtube dengan keyword produk yang ingin Anda jual, atau menggunakan tipe ads image slide / slide show di Facebook ads

Beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk Facebook video Ads :

Clipconverter.cc, untuk mendownload, convert dan cut video

Animoto.com, video editing cloud software

Audioblocks.com atau videoblocks.com untuk menambahkan audio atau video

Anda juga bisa belajar Image/Text/video iklan Facebook dari iklan orang lain dari

 

Mendapatkan Perhatian dari Audience Facebook Ads Anda dengan Icon

menulis iklan yang bagus di Facebook ads

Menggunakan icon bisa membantu Anda mendapat perhatian dari audience FB ads Anda, ada beberapa sumber untuk Anda mendapatkan icon-icon atau simbol simbol untuk copywriting iklan Anda :

Penggunaan image dan icon unik ini tidak terlalu umum di newsfeed, jadi penggunaannya bisa membuat ads Anda lebih standout.

 

Baca Juga

Belajar Copywriting Part 3 : Memahami Berbagai Pola NLP Copywriting Untuk Meningkatkan Omzet Jualan Online

Mengatur Preferred Page Audience untuk Membuat Reach Fanpage Anda Lebih Targeted

Belajar Membuat Iklan Di Facebook : Mengenal Struktur Campaign Di Facebook

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *