Produk Untuk Dijual Online Oleh Dropshipper : Tipe Produk “Wow”(Part 3)

Ini adalah artikel ke 3 tentang tipe produk untuk dijual online oleh international dropshipper, artikel ke 1 dan ke 2 bisa Anda lihat di

Saya banyak memberikan sharing tentang dropshipping internasional di arsip reseller dropship

Beberapa artikel lain yang perlu Anda baca jika ingin mendalami dropship internasional (hampir semua metodenya sama juga untuk dropship lokal):

Remind : Mindset Dropship Internasional

Dropshipper baik local maupun internasional, banyak bekerja dengan kelebihan Facebook ads yang memiliki lebih dari 90 data point untuk mentarget audience.

Karakter Facebook ads yang menjual kepada audience yang tidak sedang mencari barang (lihat rumus c=4m + 3v + 2 (i-f) – 2a di artikel pertama) mengakibatkan para dropshipper harus mencari produk yang sifatnya “want” alias impulsif. Mau jualan pakai Google adwords atau endorse IG ? gak masalah. Semua perlu dites.

Beberapa karakter barang yang biasa dijual di dropship internasional adalah :

  1. Bagus kalau audience Anda belum pernah melihat barang ini sebelumnya, artinya Anda early dalam tren potensial
  2. Harga di bawah 50 USD, pengiriman dari Aliexpress ke US dengan epacket, sekitar 20an hari.
  3. Kalau bisa berat di bawah 1 Kg, lebih-lebih dikit tidak masalah supaya pengirimannya dengan epacket tidak tinggi biayanya
  4. Marketnya belum keruh, alias belum banyak yang menjualnya dan mengepushnya lewat FB ads (kalau hanya di listing di marketplace lain – misalnya di Amazon biasanya gak masalah)
  5. Kalau punya modal lumayan, 3 bulan awal tidak mengejar profit, tetapi mengejar data conversion pixel dari audience yang terconvert (kita bahas ini belakangan). Misalnya dengan offer free plus shipping.
  6. Melakukan pengetesan banyak barang baik di 1 niche atau niche yang berbeda.
  7. Profit bisa dikejar dari 1-2 produk saja untuk mengcover kerugian di produk lainnya yang Anda test. Dalam kebanyakan kasus perlu tes lebih dari 20 produk kalau baru belajar. Ya, tentu ada risikonya.
  8. Tempat awal mencari produknya bisa di section best seller Amazon atau best seller Aliexpress (baca arsip artikel di reseller-dropshipping), atau tools-tools seperti commerceinspector, Oberlo atau ecomhunt.

Tipe Produk “Wow” : Produk Gabungan Emosional + Fungsional

Di artikel pertama saya membahas tentang tipe produk fungsional dan di artikel ke 2 tentang produk emosional. Sedangkan di artikel ketiga ini tentang tipe produk “wow” alias gabungan ke duanya.

Produk ini memiliki fungsi yang jelas dan bisa memecahkan masalah dari customer Anda, tetapi di saat yang sama, bisa juga mentarget passion yang cocok karena terkait dengan produk tersebut.

Contoh produk dropship “wow” : powerbank (fungsi powerbank jelas kan?) Pokemon – dengan asumsi produk ini belum “keruh” marketnya.

Targetingnya .. gadget, powerbank di narrow dengan “Pokemon” ? atau narrow karakter-karakter dalam Pokemon. (notes : dalam jangka panjang atau skala besar produk seperti ini bisa kena sue intellectual protocol karena trademark Pokemon).

produk untuk jualan dropship internasional

 

Contoh videonya.

Seringkali kita kurang paham produk ini produk apa, jadi Anda perlu melihat videonya. Anda juga bisa menggunakan video yang Anda cari di Youtube untuk FB ads Anda (beberapa rekan bilang “gak berkah” karena ngambil tanpa ijin).

Contoh di bawah ini kurang oke karena di 5 detik awal belum kelihatan produknya in action, ingat di Facebook Anda jualan ke orang yang tidak sedang cari barang. Jadi kalau menyajikan video, dalam kurang dari 5 detik awal harus memberikan gambaran jelas faktor keren/impulsif dari produk ini.

 

Contoh lainnya untuk produk dropship yang fungsional (memecahkan masalah) tetapi juga bisa mentarget passion niche adalah gelas/termos lens fotography.

Thermos misalnya, bisa mentarget orang yang sering travel dan melike situs wisata, dan suka kopi..

produk international dropship

Contoh video yang sejak detik ke 4 sudah menunjukkan fungsinya.

 

Ya itulah 3 jenis produk yang bisa Anda jual lewat dropship international : fungsional, emosional/passion dan gabungan ke duanya.

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Produk Untuk Dijual Online Oleh Dropshipper : Tipe Produk “Wow”(Part 3)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *