3 Jenis Produk Untuk Dijual Online Yang Perlu Diketahui Para Dropshipper

Saya banyak membagikan pengetahuan tentang reseller dropshipping internasional di https://buattokoonline.id/reseller-dropshipping/

Belakangan ini banyak reseller dropshipper yang menggunakan Facebook ads untuk berjualan, baik dropship market lokal atau internasional. Artikel ini menjelaskan tipe produk yang bisa Anda jual untuk dropshipping.

Mindset International Dropship

Di mana mindset dropshipper di sini sudah sangat mirip dengan orang yang bermain saham jangka pendek :

Hilangkan faktor emosi, jangan idealis pada produk, market yang akan menjawab apakah barang Anda laku apa tidak.

Tentu saja setelah Anda menemukan satu niche yang profitable dan merasa cocok, Anda bisa fokus di 1 niche tersebut dan mulai membangun organic traffic. Tetapi sebelum Anda menemukannya, Anda akan banyak melakukan testing produk yang berbeda, semakin banyak Anda mengetes mengiklankan produk maka akan semakin besar kemungkinan Anda menemukan produk yang convert dan mengiklankannya ke orang yang tepat.

Baca lebih lanjut tentang mindset testing produk di : Apa Itu Dropship ? Pengantar Dropshipping International Dengan Aliexpress dan Facebook Ads

Rumus Heuristic Conversion dan Hubungannya Dengan Pemilihan Produk International Dropship

Dalam melakukan testing produk dropship, Anda perlu mengetahui rumus “heuristic conversion” dari meclabs berikut ini

barang dropship untuk dijual online

“m” adalah faktor terbesar yang mempengaruhi pembelian sebesar 4, “motivasi” ini dalam banyak kasus tidak bisa anda kontrol. “m” memiliki 2 komponen :

Sifat dari customer demand terhadap produk tersebut (when)

Seberapa besar keinginan customer terhadap produk tersebut (want)

Jika Anda menjual dropship melalui Facebook Ads, ingat bahwa Anda menawarkan barang kepada orang yang tidak sedang cari barang tersebut. Berbeda jika Anda menjual lewat Google (SEO/Adwords) di mana Anda menawarkan kepada orang yang sedang mencari barang tersebut.

Anda mengharapkan audience Anda mau membeli dari toko Anda, kemungkinan besar adalah toko yang tidak pernah mereka dengar sebelumnya.

Maka faktor “m” atau motivation ini harus benar-benar Anda perhatikan, dengan cara mempertimbangkan baik-baik pemilihan product. Dalam contoh ini mungkin Anda sedikit mengabaikan membangun sales funnel dan juga mengabaikan membangun organic traffic (SEO). Sales funnel yang anda bangun juga sedikit (fokus di retargeting saja dulu).

Tiga Jenis Produk Yang Anda Pilih Untuk Dropshipping Lokal / Internasional

Untuk meningkatkan faktor motivasi untuk mendorong konversi terjadi dengan cepat, dalam hal ini adalah faktor “want” – seberapa besar keinginan audience Anda untuk membeli produk, maka dalam pemilihan produk dropshipping, ada 3 jenis produk yang perlu Anda ketahui :

Produk reseller dropship international yang memecahkan masalah

Kadang-kadang disebut “practical product”

Adalah produk yang membantu memecahkan masalah orang lain atau memudahkan customer melakukan sesuatu.

Seringkali tidak mudah (dan butuh waktu) untuk melihat apakah sebuah produk bisa memecahkan masalah atau tidak. Lebih bagus lagi kalau audience Anda tidak pernah melihat produk ini sebelumnya (barangnya belum keruh marketnya, beberapa orang bilang “yang jadi reseller masih di bawah 100” untuk market internasional.

Contoh practical product untuk reseller dropship

Contoh dari practical product adalah “rollie bollie” – produk niche baby/moms yang baru saya lihat sekitar 3 bulan lalu (entah nama sebenarnya “miracle bowl” atau apa)
rollie bollie dropshipping

Anda dan juga audience Anda mungkin tidak paham kalau hanya lihat gambar saja, jadi lebih baik Anda juga mengecek videonya di Youtube.

Ingat video ini nantinya akan dipakai saat Anda mengiklankan produk. Usahakan videonya kurang dari 30 detik, dan maksimal di detik ke 5 audience Anda sudah mengetahui apa manfaat / benefit dari produk ini. Hindari video unboxing atau video yang di detik-detik awal menampilkan orang berbicara. Audience Anda punya waktu kurang dari 5 detik untuk men-judge apakah mereka berminat membeli atau tidak.

Setelah melihat videonya, tentu Anda dan audience Anda paham apa benefit produk ini dan masalah apa yang dipecahkannya.

Contoh practical product lainnya yang memecahkan masalah audience Anda adalah kabel konektor audio dan charger untuk iphone 7.

Keputusan Apple untuk menghilangkan headphone jack ternyata cukup merepotkan customer, karena customer tidak bisa mendengarkan musik sambil men-charge handphone. ini menjadi peluang untuk dropshipper mempush produk ini lewat social media dengan mentarget user social media yang memiliki behavior menggunakan device iphone 7 atau memiliki interest iphone 7.

cari produk dijual dropship

Ada banyak contoh practical product lainnya yang dijual di marketplace, baik itu lokal atau internasional (Aliexpress). Dibutuhkan kejelian Anda untuk melihat apakah produk ini Anda jual dengan targeting yang benar.

Jenis produk lainnya adalah :

Produk reseller dropship international yang bersifat “passion” / “emotional product”

Gabungan produk reseller dropship yang memecahkan masalah dan juga “passion”

Akan saya bahas di artikel lanjutannya kapan-kapan ….

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *