Free Plus Shipping atau Retail (Full Price) ? Memahami Strategi Harga dalam Dropshipping dengan Aliexpress

dropship reseller dengan aliexpress

Artikel ini adalah artikel series tentang international dropshipping dengan Aliexpress. Beberapa artikel lainnya adalah sebagai berikut ini

Cara Mencari Produk Untuk Dijual Online – Mengevaluasi Vendor Aliexpress Untuk Reseller Dropship

Cara Mencari Produk Untuk Dijual Online – Mengevaluasi Vendor Aliexpress Untuk Reseller Dropship

 

Apa itu Free Plus Shipping (Free + Shipping) dalam dropship dengan Aliexpress ?

Berarti Anda harus menemukan produk di Aliexpress dengan kisaran harga di bawah 4 USD, lalu menjualnya secara gratis, tetapi Anda mengenakan charge biaya pengiriman yang sedikit lebih mahal (8-10 dolar). Anda masih punya margin sekitar 2-4 USD yang bisa untuk mengcover biaya Facebook ads Anda .

Produk yang dijual ke konsumen dengan “Free” dan hanya membayar biaya pengiriman tetap dianggap sebagai free product.

Jangan khawatir jika margin keuntungan rendah, bahkan hampir tidak ada, karena kita tidak mencari profit margin dalam free + shipping Aliexpress ini.

Apa itu Retail Price atau Full Pricing dalam Dropshipping ?

Ritel pricing berarti produk dengan harga sebenarnya  .. 10.99Usd, 24,99 usd .. harga biasa yang kita hadapi sehari-hari

Keuntungan Strategi Free Plus Shipping untuk international dropship dengan Aliexpress

Free + Shipping memiliki beberapa keuntungan:

  • Mudah untuk memulai belajar international dropshipping dengan Aliexpress dan Facebook Ads: lebih mudah untuk menjual produk gratis daripada produk full pricing, dengan free+shipping Anda dapat mempelajari lebih dalam tentang dropshipping, bagaimana meng-order dari Aliexpress, mendapatkan traffic ke website dan produk Anda. Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengerjakannya langsung. Jika di awal Anda langsung menggunakan full price, bisa jadi Anda justru struggling mendapatkan konversi penjualan dan tidak jualan-jualan.
  • Mencari pembeli: Ada banyak ceruk pasar di Facebook, Anda perlu melakukan pengelompokan interest, pengujian niche, menggunakan strategi pricing Free + Shipping dapat mempercepat itu semua, Anda dapat belajar dengan cepat bagaimana untuk menemukan audience secara efisien. Hal ini akan memakan waktu lama jika Anda menggunakan full pricing dalam menjalankan international reseller dropshipping dengan Aliexpress dan iklan Facebook.
  • Membangun Facebook pixel & Facebook audience : Anda dapat menggunakan Free+Shipping dropship strategy di Aliexpress  untuk membangun audience setiap kali seseorang meng-klik produk Anda, Facebook menyimpan informasi tentang audience ini Ini merupakan aset yang baik untuk Anda di masa depan …
  • Membangun email list: Setiap kali seseorang membeli produk, Anda bisa mendapatkan daftar email dari mereka untuk mempromosikan produk masa depan.

Strategi Free + Shipping dalam dropshipping international dari Aliexpress bukan tentang mendapatkan profit, tetapi mengumpulkan data.

Kekurangan dari strategi Free + Shipping dropship Aliexpress

Secara umum ada 4 kelemahan dari strategi Free Plus Shipping dalam kaitannya international dropshipping Aliexpress :

  • Layanan pelanggan: Ini akan menjadi masalah utama Anda, Anda perlu menjawab pertanyaan dari pelanggan Anda .. Anda mungkin merasa “ngapain sih ngejawab pertanyaan pelanggan, kan barangnya gratis”
  • Waktu pengiriman yang lambat : Anda memiliki dua pilihan :. waktu pengiriman lambat atau membeli dalam jumlah besar dan menyetok produk. Jika Anda baru saja mulai, biasanya Anda tidak ingin berurusan dengan fisik produk, sehingga mau tidak mau Anda akan menghadapi waktu pengiriman lambat.
  • Margin rendah: Free+shipping hampir tidak menyisakan margin profit untuk Anda.
  • Tidak sustainable : Anda tidak akan bisa membangun bisnis international dropship besar dengan terus menerus menjalankan Free Plus Shipping.
Strategi Retail  – Full Price Dropship Dengan Aliexpress

Keuntungan strategi dropship ritel

Harga yang “umum” alias retail pricing atau full pricing ini memiliki beberapa keuntungan atas pengiriman + gratis

  • Margin: Anda memiliki margin yang full, Anda bisa beli barang dari Aliexpress 10 usd lalu dijual 40 usd ..
  • Sustainable : uang yang Anda dapatkan riil, harga sehari-hari
  • Aset jangka panjang : siapa tahu Anda bisa membangun bisnis international dropship ini selama bertahun-tahun dan kemudian menjualnya
Kelemahan dari strategi full pricing untuk international dropship dengan Aliexpress
  • Sulit untuk memulai: menjual produk dengan harga sebenarnya tentu lebih murah daripada free product, sehingga Anda tidak akan mendapatkan penjualan secepat mungkin
  • Anda mulai bekerja tanpa data (misalnya data pixel audience Facebook).
  • Pengiriman lambat : Sebenarnya apapun strategi pricing Anda, baik itu free plus shipping atau full pricing, Anda akan menghadapi slow delivery.
Strategi hybird dalam dropshipping international dengan Aliexpress

Strategi Hybird berarti Anda memulai dengan Free plus Shipping, untuk membangun audience, awareness, traffic dan kemudian pada saat Anda melakukan transisi ke full pricing / retail pricing. Anda dapat memulai dengan cepat dan sudah memiliki pengetahuan tentang audience yang Anda hadapi.

Tujuan akhirnya, adalah retail pricing, yang bisa membawa Anda menjadi sustain.

 

Baca juga informasi lain tentang international dropship Aliexpress :

Cara Aliexpress Dropship Part 4 : Menggunakan Facebook Audience Insight Untuk Memvalidasi Niche Anda

 

Dropshipping International : Menemukan Produk Untuk Dijual Dari Aliexpress Secara Reseller / Dropship

 

 

 

Author: Nicholas Kharisma

hmm

1 thought on “Free Plus Shipping atau Retail (Full Price) ? Memahami Strategi Harga dalam Dropshipping dengan Aliexpress”

  1. Bagaimana mekanisme jika dengan free + shipping customer memesan barangnya lebih dari 1 buah?

    Misal: barang yang kita jual itu seharga $2,99 per buah ketika kita dropship dari china. kemudian kita menggunakan free + shipping dan kita mencharge shipping seharga $9,99. Jika customer tertarik membeli 3 buah item tersebut apakah kita tetap mencharge seharga $9,99 atau menjadi $9,99 x 3?

    Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *