4 Fitur Tersembunyi di Facebook yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online Anda

4-fitur-tersembunyi-di-facebook-yang-dapat-meningkatkan-penjualan-online

Iklan Facebook, yang pernah dianggap berkualitas rendah dan kurang berguna, meledak menjadi online advertising yang sangat kuat dalam beberapa tahun belakangan ini. Fitur-fitur baru kerap bermunculan dan Facebook Ads Manager terus mengalami perubahan.

Nyatanya, Iklan Facebook jadi sedikit mirip dengan AdWords, sehingga semakin sulit bagi marketer untuk memanfaatkan semua pilihan yang ada. Sepertinya setiap kali Anda membuat sebuah kampanye, selalu ada fitur baru untuk Anda coba!

Baca Juga : Studi Kasus Jualan Batik Menggunakan Iklan Facebook

Meski demikian, sampai saat ini beberapa fitur masih belum jelas apa fungsinya. Namun, kali ini saya akan membagikan 5 fitur iklan Facebook yang mengagumkan tetapi sulit untuk ditemukan. Fitur-fitur yang luar biasa itu adalah bagian dari tool Facebook Ads Manager dan Fan Page, namun sulit ditemukan sehingga Anda terkadang tidak menggunakannya.

Mari kita lihat apa saja fitur rahasia ini:

Fitur Rahasia Iklan Facebook #4: Gratis Persediaan Gambar Khusus Penggunaan di Iklan!

Saya suka kemudahan dalam proses pembuatan iklan ini. Siapa yang tidak suka efisiensi?

Saat membuat Ads, Anda bisa memilih dari database ribuan gambar gratis yang disebut fitur ‘Stock Images’.

fitur-stock-images-dalam-memilih-gambar-untuk-iklan-facebook

Galeri gambar ini didukung oleh Shutterstock, tapi ada satu peringatan penting yang harus diperhatikan. Tidak semua gambar sesuai dengan guideline iklan Facebook, sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih gambar. Anda tidak ingin iklan Anda ditolak hanya karena beberapa teknis seperti aturan 20% text dalam gambar iklan.

Fitur Rahasia Iklan Facebook #3: Relevance Score

Relevance Score sangat penting bagi pengiklan Facebook, entah kenapa justru Facebook menyembunyikan fitur ini!

Relevance Score pada dasarnya adalah solusi Facebook untuk Quality Score Google dalam AdWords, dengan fungsi keduanya untuk mengatur seberapa sering iklan Anda akan ditampilkan dan berapa banyak biaya untuk setiap engagement iklannya.

fitur-relevance-score-dalam-pengaturan-iklan-facebook

Facebook mempetimbangkan banyak fator ketika menghitung RS Anda, termasuk feedback positif vs negaif via video views, klik, komentar, likes dan interaksi dalam iklan yang lainnya. RS juga dipertimbangkan ketika ada seseorang yang melaporkan iklan Anda, atau meminta Facebook untuk tidak menampiklan iklan tersebut lagi.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu kapan fitur ini harus digunakan? Ketika sedang membuka baik Ad maupun Ad Set, arahkan ke “Customize columns.”

Cari dan pilih “Relevance Score” pada daftar kolom yang tersedia.

fitur-relevance-score-dalam-option-customize-columns-di-facebook

Anehnya, secara default pilihan tersebut tidak dicentang. Mengapa Facebook tidak membiarkan orang-orang menggunakan fitur ini secara otomatis? Saya tidak tahu, tapi inilah yang terjadi.

Fitur Rahasia Iklan Facebook #2: Jadwalkan Postingan Facebook

Fitur yang satu ini terdapat di “publishing tools” dan cukup berguna, terutama jika Anda menggunakannya fitur “Promoted Posts”.

Anda tidak perlu Hootsuite atau Buffer untuk menjadwalkan post Facebook. Anda dapat melakukannya langsung di Facebook dan bahkan bisa mengatur post lama untuk muncul di tanggal yang lebih baru dalam Timeline Anda.

fitur-schedule-post-untuk-mengatur-post-atau-status-di-facebook

Hal ini sangat berguna bagi sebuah tim dimana orang yang membuat dan mengupload konten Facebook berbeda dengan yang mengatur targeting dan menjalankan kampanye PPC Anda.

Rahasia Fitur Facebook Ads #1: Pelajar Facebook Page Orang Lain

Fitur ini terletak pada bagian paling bawah dari halaman Facebook Insights dan fitur ini bisa memberikan Anda akses untuk melihat Likes, post dan engagement dari Page lainnya. Bisa Page siapapun entah partner, pesaing, atau pun teman.

fitur-tersembunyi-iklan-facebook

Berdasarkan laporan tersebut, saya bisa memperkirakan berapa post yang diperlukan dalam seminggu.

Singkatnya, hal ini memberikan saya beberapa insight mengenai performa marketing media social saya, dengan tolak ukur yang sebenarnya – yaitu performa mereka.

Saya sangat menyukai semua Fitur Facebook yang mengagumkan ini! Saya hanya berharap Facebook membuat semua fitur tersebut lebih mudah untuk ditemukan… tapi, dengan mengetahui tentang fitur tersebut membuat Anda memiliki kelebihan, bukan?

Baca Juga

Cara Memanfaatkan Data Agar Iklan Facebook Semakin Murah

Sebab-sebab Kenapa Iklan Facebook Anda Tidak Convert

Apa itu A/B Testing dalam Iklan Facebook dan Bagaimana Melakukannya

4 thoughts on “4 Fitur Tersembunyi di Facebook yang Dapat Meningkatkan Penjualan Online Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *