5 Teknik Psikologis Untuk Diterapkan di Iklan dan Postingan Instagram Anda

Lebih dari 300 juta orang menghabiskan waktunya mengakses Instagram setiap hari. Dan untuk pengiklan, hal ini merupakan peluang besar.

Menurut Selfstartr, 68% pengguna Instagram mem-follow akun bisnis dan banyak yang langsung engage dengan brand tersebut melalui comment.

Customer yang menghabiskan waktu di profil Instagram Anda cenderung akan meng-klik referral links Anda. Hal ini membuat conversion sales meningkat.


cara menggunakan iklan instagram
Brand bisa mengambil keuntungan dari banyaknya user Instagram.

Dengan menggunakan lima cara visual, didukung dengan psikologi manusia, Anda bisa mulai mengumpulkan like dan juga customer.

  1. Kontak Mata

Kontak mata sangat kuat efeknya, bahkan bisa membuat Anda jatuh cinta. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa kontak mata dapat mengembangkan keintiman yang dalam bahkan pada orang asing. Ketika kita mengunci tatapan ke mata orang lain, sinapsis dalam otak kita bekerja maksimal. Anda bisa menggunakan reaksi dasar ini untuk mengakali iklan di Instagram.

promosi-mtv-missy-elliot-kontak-mata

Postingan dari MTV yang mempromosikan acara televisi Hip Hop Honors ini sangat dramatis. Tatapan tenang Missy Elliot mampu membuat user berhenti men-scroll layar mereka dan membaca judul mengenai event tersebut.

post-mcd-kontak-mata

Kontak mata tidak harus tajam dan secara langsung. Foto dari McDonalds ini menghaluskan ttapan dengan menaruh subjek lebih jauh ke belakang dalam foto. Dan mereka tersenyum, membuat kita secara otomatis juga tersenyum balik. Foto ini berhasil memancing respon.

  1. Gunakan Warna Merah dan Biru Untuk Menarik Perhatian dan Memenangkan Kepercayaan Customer

Tahukah Anda bahwa 90% judgement mengenai brand bisa jadi hanya berdasarkan warna saja? Peneliti menemukan bahwa warna dapat meningkatkan mood kita, mengubah selera makan, dan bahkan mempengaruhi sense of time kita. Dan dua warna yang paling kuat dalam mengubah persepsi kita dalah Merah dan Biru.

Psikolog telah mempelajari warna merah selama bertahun-tahun. Merah selalu digunakan sebagai tanda peringatan sehingga otak kita secara otomatis akan memberi perhatian terhadap warna tersebut. Jika warna merah muncul di penglihatan kita, kita akan langsung bereaksi. Merah juga bisa membangkitkan kita. Dengan menggunakan lipstick merah, blush on pipi, atau bahkan hanya teks warna merah di post Instagram Anda dapat membuat user berhenti dan memberi perhatian.

Tapi pastikan Anda juga menggunakan warna selain merah. Penelitian menunjukkan bahwa ketika warna merah dipadukan dengan warna lain, maka lebih efektif daripada hanya menggunakan warna merah saja. Seperti cover Vogue berikut:

cover-vogue-memanfaatkan-kekuatan-warna-merah-untuk-iklan-instagram

Comedian Amy Schumer sangat menarik perhatian dengan gaun merahnya. Kita langsung melihat dress-nya sebelum menyadari siapa yang menggunakan dress tersebut. Warna merah menghasilkan kontras yang kuat dengan rumput hijau, sehingga membuat foto ini sangat menonjol di feed customer Vogue.

Sedangkan, warna Biru, memberi kesan kepada customer bahwa brand Anda kompeten. Perusahaan seperti Facebook dan GE yang terkenal menggunakan warna biru dalam branding mereka. Biru menciptakan kepercayaan, seperti ads berikut dari perusahaan cloud computing Digital Ocean:

digital-ocean-memanfaatkan-warna-biru-untuk-instagram-marketing

Pengumuman mengenai ekspansi produk Digital Ocean memanfaatkan kontras warna antara biru dan kuning. Monumen berwarna biru memberi kesan tenang.

  1. Manfaatkan Simetri Pada Post Instagram

Konsep kecantikan kita berdasarkan pada simetri. Pada abad 20-an, ahli matematika Harvard yakni George David Birkhoff menemukan bahwa sebuah seni lebih indah jika lebih simetris. Orang-orang juga melihat proporsi tubuh pasangannya karena kita secara tidak sadar mengasosiasikan simetri dengan kesehatan yang baik.

Simetri terlihat menarik bagi manusia sampai ilmuwan khawatir kehendak alamiah manusia akan mempengaruhi pengumpulan data yang tidak bias. Anda bisa mendapatkan customer jika Anda memanfaatkan kekuatan simetri.

foto-simetris-sebagai-salah-satu-teknik-psikologis

Foto diatas dari desainer vas Lovestar menggunakan simetri dengan menaruh produk tepat ditengah foto. Anda juga mendapatkan efek lain dengan adanya kontak mata antara user dengan tatapan Beyonce. Seperti yang tercantum di samping foto, follower men-tag teman mereka dan berjanji akan membelikannya. Misi: berhasil.

Anda tidak hanya bisa mem-posting foto orang cantik agar bisa memanfaatkan simetri. Kamu bisa menggunakan cara lain yang lebih halus. Gambar yang mengutak-atik simetri dengan memiringkan pengambilan gambar atau membuat subject tidak berada tepat di tengah sebenarnya sangat menarik. Cobalah membuat gambar yang tidak benar-benar simetris, seperti hasil dari department store di British, Harrods:

memanfaatkan-kekuatan-simetris-untuk-foto-instagram

Dalam foto ini, pengulangan pattern dan warna soft membuat user merasa tenang.

  1. Libatkan / Engage Audience Anda

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa otak manusia mneunjukkan respon yang menyenangkan ketika melihat atau mendengar nama mereka sendiri. Inilah yang disebut “cocktail party effect”. Pada dasarnya, kita sangat berbakat dalam membuat orang lain mengalihkan fokusnya ke orang yang sedang berbicara, terutama ketika kita mendengar nama kita sendiri.

Dengan menggunakan kata “Anda/kamu” di foto, atau di judul foto, cara ini bisa membantu Anda mendapatkan cocktail party effect. Dengan mengajukan pertanyaan kepada follower atau mengajak mereka untuk membagikan opininya, Anda bisa mendorong mereka untuk berinteraksi dengan brand.

cara-mengengage-audience-lays

Keripik kentang Lay’s tahu bagaimana caranya mendapatkan follower. Dengan mengajukan pertanyaan menggunakan kata “kamu”, mereka bisa mendapatkan perhatian follower dengan cepat. Follower menuliskan komentar dengan vote mereka. Meminta follower untuk voting bisa meningkatkan engagement dan share.

caption-meng-engage-audience-oleh-lush-di-instagram-media-sosial

Perusahaan sabun Lush memposting foto yang kurang menarik terkait produk mereka tapi caption-nya sangat luar biasa. Dengan meminta follower untuk men-tag teman mereka dalam kolom komentar bisa menjamin bahwa post tersebut dilihat oleh ribuan orang.

  1. Buatlah Ruang Khusus Member

Setiap orang ingin menjadi bagian dari kumpulan yang keren. Hierarki Kebutuhan milik Maslow mengatakan self-esteem merupakan tujuan utama manusia. Kita ingin, lebih dari apapun, merasa bahwa kita special. Merasa bahwa kita memiliki sesuatu yang bernilai akan membuat kita merasa lebih baik. Gunakan hal ini untuk mendapatkan audience dengan menjanjikan sesuatu yang mewah dan langka.

Anda bisa memanfaatkan kebutuhan manusia menjadi special melalui penawaran yang eksklusif di Instagram ads Anda. Edisi terbatas, penawaran yang terbatas, stok yang hampir kosong adalah seperti kesempatan emas yang tidak bisa dilewatkan. Kita semua menginginkannya.

penawaran-eksklusif-banana-republic
Banana Republic menawarkan koleksi pakaian baru mereka secara ekslusif kepada customer. Disini customer akan merasa buru-buru masuk ke website agar tidak tertinggal koleksi baru mereka.

Bahkan Anda juga bisa memberikan sneak peek mengenai proses pengerjaan produk baru dalam postingan “behind the scenes”. Brand fashion seperti Chanel dan Michael Kors selalu  melakukan cara ini ketika mereka mengambil foto behind the scenes saat acara runway. Hal ini membuat mereka terlihat professional dan mengajak user merasakan hal yang rahasia. Mungkin tidak banyak orang yang tertarik, tapi customer Anda pasti.

behind-the-scene-shot-dari-charity-water

Gambar dari tim desain Charity: Water saat bekerja sangat cocok dengan landscape Instagram. Foto behind the scene ini terasa sangat intim dan eksklusif. Foto ini juga menunjukkan sisi sederhana dari organisasi, yang membuat mereka terlihat modern dan edgy.

Mulai Posting!

Membuat hubungan dengan customer melalui iklan sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan visual yang mempengaruhi psikologi kita. Itulah beberapa tips untuk membantu Anda memulai bisnis menggunakan Instagram.

Sumber: AdEspresso

Baca Juga

Step by Step Cara Beriklan di Media Sosial Instagram (IG Ads Sponsored)

Tips Fotografi Produk yang Mudah Untuk Toko Online

Sharing Fotografer.id dalam Berbagi Ilmu di Event Buattokoonline.id

1 thought on “5 Teknik Psikologis Untuk Diterapkan di Iklan dan Postingan Instagram Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *