Tips Meningkatkan Penjualan Online Dengan Instagram Marketing

Keindahan dalam marketing adalah Anda bisa kreatif. Post ini mengumpulkan sekitar 7 ide untuk tips instagram marketing. Semua 7 tips ini ditujukan untuk perusahaan dropshipping skala besar maupun kecil. Jadi jangan khawatir Anda tidak perlu menjadi marketing expert dulu atau memiliki follower yang sangat banyak. Tips dan ide ini akan meningkatkan engagement Instagram Anda untuk membantu pertumbuhan visbility perusahaan dan juga penjualan.

1. Adakan giveaway

Hal pertama dari tips Instagram marketing yang tepat untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan sesuatu secara gratis. Tidak perlu barang yang besar dan mahal. Ada banyak cara untuk menjalankan giveaway. User bisa like foto Anda, memposting foto mereka sendiri dan tag akun Anda atau menggunakan hashtag. Mereka juga bisa comment di foto Anda dan men-tag teman mereka. Yang terpenting, minta mereka untuk follow akun Anda sebagai syarat utama mengikuti giveaway. Anda bisa mendapatkan exposure lebih banyak jika bekerja sama dengan influencer. Anda bisa menerapkan beragam ide untuk tips instagram marketing ini.

Inilah yang dilakukan oleh Liquido Active. Mereka bekerja sama dengan Carmen Morgan. Liquido Active menjual pakaian yoga. Carmen memiliki follower sangat banyak di Instagram yang menyukai foto dan video yoga milikinya.

tips-meningkatkan-sales-dengan-instagram-marketing-adakan-giveawayGiveaway hanya berlaku untuk 24 jam. Agar lebih layak, Anda harus like foto yang mengumumkan giveaway, folow akun Liquido Active dan tag seorang teman di kolom comment. Itu saja. Foto ini menghasilkan lebih dari 1,200 comments dan lebih dari 2,700 likes pada dua jam pertama setelah foto di post.

2. Feature your customers and fans

Jika Anda memiliki sedikit follower dan beberapa customer Anda harus mulai melibatkan mereka. Pada tahap order confirmation, mintalah customer untuk men-tag akun Instagram Anda pada foto mereka ketika menggunakan produk Anda. Produk tersebut bisa berupa apa saja, mulai dari t-shirt sampai gantungan kunci sampai kaos kaki. Anda bisa post foto, atau video, atau orang-orang yang menggunakan produk Anda. Anda bisa menjalankan campaign setiap hari. Anda bisa memilih satu hari yang disebut #showoffsunday. Anda bisa menjalankan campaign dengan produk tertentu dan meminta follower untuk post foto mengenai tema tersebut.

Keuntungan yang didapat dari tips ini adalah follower/customer akan tahu kalau Anda memedulikan mereka. Tidak ada customer yang ingin dianggap hanya sebagai orang yang melakukan order. Tips ini menunjukkan bahwa bisnis Anda menghargai customer karena sudah membeli produk Anda. Selain itu, tips ini menjadi social reinforcement untuk user yang belum pernah membeli apapun dari bisnis Anda. Potential customers akan tahu bahwa Anda menjual produk berkualitas yang dikonsumsi banyak orang.

tips-meningkatkan-sales-dengan-instagram-marketing-libatkan-customer-dan-fans

Mayoritas post Instagram GoPro berasal dari konten orang lain. Mereka menampilkan foto yang lucu, inspiring, dan video clip. Di atas adalah sebuah video pirate bungee jumping, aka Colling Harrington. Inilah hasil dari loyalitas customer.

3. Buat Hashtag

Tips instagram marketing mana pun pasti akan menyarankan Anda membuat hashtag, karena postingan Anda bisa dilihat oleh seluruh dunia. Anda perlu membuat hashtag yang engage dengan brand Anda, bukan hanya sekedar hashtag untuk campaign.

Setelah membuat hashtag, jangan lupa sertakan di setiap postingan Anda. Batasan dalam menggunakan hashtag adalah 30, tapi jangan gunakan sebanyak itu. Pilih tags yang trending dan relevan dengan produk bisnis Anda. Terutama ketika bisnis Anda sudah berkembang, jangan berlebihan dalam menggunakan tags karena akan terlihat seperti spam dan dianggap tidak relevan oleh user.

tips-meningkatkan-sales-dengan-instagram-marketing-gunakan-hashtag

LORNA JANE saat ini sedang menjalankan dua campaign. Mereka juga menjual pakaian olahraga. Mereka menggunakan hashtag #movenourishbelieve dan #activeliving.

4. Temukan gaya fotografi Anda

Instagram berisi foto yang indah. Oleh karena itu, Anda perlu mengeksplorasi gaya foto untuk produk Anda. Referensi bisnis yang bisa dijadikan contoh adalah Ben & Jerry’s dan Chobani. Anda tidak memerlukan budget marketing atau fotografer handal untuk membuat foto yang bagus, banyak juga orang yang menghasilkan foto indah hanya melalui ponsel mereka. Jadi jangan khawatir.

tips-meningkatkan-sales-dengan-instagram-marketing-fotografi-produk

Inilah contoh dari Ben and Jerry’s. Makanan mudah dijadikan objek fotografi, dan mereka memanfaatkannya dengan baik. Mereka memposting kotak es krim yang dibentuk seperti tukang sihir untuk Halloween. Mereka membuat gradasi dari berbagai warna es krim mulai dari putih hingga coklat. Kalau Anda mengunjungi akun Instagram mereka, Anda bisa lihat tema yang mereka sampaikan sangat jelas.

tips-meningkatkan-sales-dengan-instagram-marketing-foto-produk

Chobani melakukan hal yang serupa. Mereka menggunakan foto bertema Thanksgiving, musim gugur, dan Halloween. Foto mereka sangat indah karena ada composure di dalamnya, tidak dipenuhi dengan berbagai item, hanya foto dengan labu dan yogurt rasa labu.

5. Gunakan Instagram untuk menyampaikan cerita

3 tips marketing Instagram selanjutnya akan membahas konten apa yang harus di post dan memaksimalkan akun Instagram Anda. Perusahaan yang memanfaatkan Instagram melihat engagement yang signifikan daripada di Twitter atau Facebook. Instagram Anda harus mempunyai cerita yang akan didengarkan oleh orang lain. Ketika orang menaruh perhatian untuk perusahaan Anda, mereka lebih mudah convert menjadi customer. Cerita merupakan cara original dalam membedakan Anda dengan kompetitor. Anda bisa mengembangkan cerita melalui foto produk, karyawan atau perusahaan, dan foto customer Anda. Tapi tidak masalah jika Anda memilih untuk memposting konten yang relevan, yang penting Anda memposting konten yang diinginkan oleh target audience.

6. Selalu lakukan tes

Memang tidak mudah untuk menemukan gaya penulisan atau membuah cerita yang relevan, tapi hasilnya sepadan dengan prosesnya. Gaya penulisan meliputi dua hal. Pertama, sesuatu yang mewakili perusahaan dan produk dengan baik. Kedua, sesuai dengan audience. Dengan demikian marketing tip selanjutnya adalah: selalu tes. Anda harus menjalankan banyak campaign dan memposting ratusan foto untuk bisa lebih baik dalam menjalankan Instagram marketing. Tidak ada cara lain untuk mengetahui post mana yang akan di like audience. Jadi, daripada memaksakan konten Anda, lebih baik tes audience dulu. Cara untuk menguasai sesuatu adalah dengan terus mencoba.

7. Gunakan marketing plan

Dengan marketing plan, Anda bisa mengetahui bagaimana Instagram bisa membantu meningkatkan traffic, engagement atau sales. Tapi Anda juga bisa melihat di mana kekurangannya. Cara ini juga banyak digunakan oleh perusahaan dropshipping.

Sumber: oberlo.com

Baca Juga

10 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Tool Instagram Marketing

5 Teknik Psikologis Untuk Diterapkan di Iklan dan Postingan Instagram Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *