Mau Iklan Jualan Online Anda Banyak Direspon Orang ? Gunakan 20 Cara Menulis Call To Action Sebagai Berikut

Membuat call to action yang bagus membutuhkan waktu dan kreativitas dalam bisnis online. Bayangkan jika Anda bisa membuat call to action (CTA) yang bagus hanya dalam hitungan menit – ini caranya!

Kenyataannya adalah sebagai marketer, kita harus berhadapan dengan CTA beberapa kali dalam sehari untuk iklan produk, penulisan konten dan banyak lagi. Itu bisa sangat melelahkan – mencoba memutar otak Anda mencari cara kreatif untuk mencoba membuat CTA yang bisa memberikan hasil.

Untuk membantu Anda menghemat waktu dalam melakukan ini, berikut “cheat sheet” yang menunjukkan 20 cara berbeda untuk menulis CTA, dengan harapan ini dapat memancing kreativitas Anda dan dapat menghemat banyak waktu Anda untuk membuat CTA yang bagus.

 

1. Instant Gratification – Memberikan kepuasan dengan cepat

Orang benci menunggu…. untuk apapun. Concern terhadap hal ini adalah cara bagus untuk menarik orang untuk merespon apa yang Anda tawarkan jika kecepatan adalah taruhannya.

instant_gratification_cta

Tipe CTA ini sangat bagus agar orang bisa mendapatkan bantuan dari akuntan dengan cepat.

 

2. Bangkitkan emosi audience

Menggunakan emosi dapat menjadi salah satu motivasi paling kuat untuk mendorong orang melakukan sesuatu. Contohnya iklan Super Bowl 2015 bertema #LikeAGirl ini.

likeagirl_always_ad

Orang-orang di negara barat kadang mengunakan kata “like a girl” untuk sebuah konotasi negatif, Always.com membuat kampanye untuk mengubahnya.

CTA yang emosional ini bekerja dalam beberapa level. Pertama, ini seperti membuat Anda tertampar jika Anda pernah menggunakan kata “like a girl” dalam konotasi negatif dalam pembicaraan Anda. Kedua, iklan ini menggunakan konotasi negatif itu untuk memotivasi Anda menjadi bagian dari perubahan yang mereka rencanakan.

 

3. Situasional

Jika Anda membutuhkan CTA untuk demografis atau niche yang spesifik, membuat konteks yang situasional adalah strategi bagus untuk mengundang tindakan yang sesuai.

situational_cta

CTA ini menyiratkan untuk orang-orang yang sering memesan kopi  bahwa dengan biaya pengiriman yang lebih rendah akan mengubah cara mereka berpikir atau yang mereka khawatirkan.

 

4. Membesar-besarkan Masalah (pain)

Banyak marketer melihat tipe CTA ini sebagai CTA yang paling kuat dan populer. Rumusnya adalah dengan melihat isu yang ada, jelaskan apa yang akan terjadi jika problem tersebut terus berlanjut, lalu pecahkan problem tersebut.

problem_cta

Dengan membesar-besarkan masalah yang ada, Anda meminta orang membayangkan apa yang terjadi jika mereka tidak segera bertindak.

 

5. Implikasi & Efek

Hal ini sangat mirip dengan problem solving CTA, hanya saja perbedaan utamanya adalah di sini Anda mengarahkan dengan pertanyaan mengenai efek atau dampak dari situasi yang bermasalah.

implication_cta

Pada dasarnya, CTA ini akan benar-benar kuat jika mereka saat ini sedang mengalami hal yang mirip dan sedang menderita karena hal itu.

 

6. Manfaatkan perasaan ingin memiliki sesuatu yang sudah dimiliki orang banyak

Orang tidak suka merasa seperti mereka kehilangan sesuatu yang sudah dimiliki orang lain. Situs-situs seperti MailChimp sangat hebat membuat orang-orang merasa seperti orang lain menggunakan layanan mereka dengan mudah, jadi mengapa tidak bergabung dengan mereka dengan mendaftar?

mailchimp_cta

 

7. Menunjukkan cara kerjanya

Kadang-kadang langsung menyingkat waktu dan membiarkan orang tahu persis bagaimana tawaran Anda bekerja adalah strategi yang baik.

dollarshave_cta

CTA ini bekerja sangat baik dalam mengatakan apa yang sudah mereka lakukan dan bagaimana cara kerjanya tanpa memerlukan terlalu banyak kreativitas.

 

8. Fokus pada Fitur

Setiap produk atau layanan memiliki fitur tertentu yang membedakannyaMenggunakan strategi ini akan baik ketika Anda menjual di pasar yang umum untuk membantu Anda menonjol dari kerumunan.

moz_cta

CTA ini adalah contoh yang baik dengan memberi daftar beberapa fitur untuk dengan jelas menyampaikan beberapa produk dan layanan unggulan yang mereka tawarkan.

 

9. Fokus pada Benefit

Ini adalah strategi lain yang banyak digunakan untuk CTA. Berfokus pada manfaat dari produk atau layanan melalui fitur adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada konsumen pengalaman apa yang akan mereka dapatkan setelah mereka bertindak.

square_cta

 

10. Menjual angka penghematan

Bagi orang-orang yang suka berhemat dalam berbelanja produk di marketplace, Anda dapat terang-terangan mengatakan kepada mereka apa tabungan mereka cukup untuk mendapatkan respon.

geico_cta

Sementara asuransi mobil tidak selalu menjadi hal yang paling menarik untuk dibelikemungkinan penghematan lebih dari $500 yang akan menjadi menarik di sini yang dapat menjamin tindakan dari konsumen. Dan juga, penasaran apakah Anda bisa atau tidak menghemat sebanyak itu merupakan motivator yang baik untuk membuat seseorang request quotes.

 

11. Gunakan “Fear” (Ketakutan)

Dengan memberikan penekanan pada seberapa buruk situasi yang dihadapi apabila tidak membeli produk Anda atau tidak mengikuti saran Anda, bisa menggali perasaan takut orang untuk memberikan action.

Pada contoh di bawah ini, CDC (badan kesehatan di US) melakukan hal hebat menggunakan ketakutan untuk mendorong orang bertindak.

cdc_cta

 

12. Personalisasi Pesan

Kepada siapa sebenarnya Anda menulis CTA? Dapatkah Anda bayangkan siapa mereka dan apa jenis persona mereka? Semakin Anda dapat memvisualisasikan kepada siapa Anda bicara, semakin mudah untuk Anda untuk membuat CTA yang bagus.

Sebagai contoh, jika saya menulis CTA untuk pemilik usaha kecil yang tidak memiliki budget besar, jangan fokus pada teknik marketing dan copy ads yang seolah-olah butuh budget besar. Pemilik usaha kecil tidak peduli dengan semua itu. Yang ingin mereka lihat adalah kenaikan penjualan.

individualize_cta

 

13. Manfaatkan Kecemasan

Kita semua suka cerita yang bagus, tapi ketika kita tidak bisa mendengar akhir cerita itu dapat membuat kita gila! Hollywood melakukan pekerjaan bagus dengan konsep ini dengan membagi cerita menjadi tiga film terpisah untuk memastikan Anda tetap menunggu untuk mengetahui bagaimana cerita berakhir.

cliffhanger_cta

Bermain dengan kecemasan dimana orang merasa cemas ketika mereka tidak tahu bagaimana cerita berakhir adalah cara yang bagus untuk memotivasi tindakan.

 

14. Buat Game

Apa bagian terbaik dari sebuah kuis? Hanya hadiah konyol yang seseorang bisa menangkan hanya dengan berpartisipasi! Jadikan CTA Anda menjadi Game untuk mendapatkan jumlah tanggapan yang besar.

dish_cta

CTAs seperti ini benar-benar bagus karena customer pada dasarnya mengatakan kepada diri sendiri, “Apa aku harus kehilangan kesempatan ini?” Jenis pemikiran ini membuat mereka lebih fokus pada hadiah-hadiah yang mungkin dapat mereka menangkan.

 

15. Tawarkan Bonus

Siapa yang tidak ingin hadiah tambahan ketika mereka mendaftar untuk sebuah layanan atau membeli produk?

sprint_cta

Sprint membuat pelanggan berpikir “Kenapa tidak?” dengan menawarkan bonus pelunasan biaya telepon mereka dengan CTA ini.

 

16. Munculkan Ego

Memvalidasi prestasi dan pengetahuan orang berakar dalam diri kita sebagai manusia. Banyak dari kita merasa seperti kita pantas sesuatu karena siapa kitaBermain dengan kebutuhan ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan impactful CTA.

rolex_cta

Contoh dari Rolex ini jelas memainkan ego seseorang dengan membuat orang yang memakainya akan merasa seperti mereka bergabung dengan klub petinggi dengan memakai salah satu jam tangan mereka.

 

17. Buat Beberapa Hype

Berikut yang Brian Lett, penulis buku, katakan mengenai bagaimana membangun hype dengan mengambil Steve Jobs sebagai contohnya:

“Jangan hanya bicara tentang apa produk Anda atau mengapa produk itu unggul; tunjukkan kepada mereka gambaran menarik bagaimana itu akan membuat hidup mereka lebih baik. Itu yang membuat orang-orang bersemangat.”

hype_cta

 

18. Pamerkan “Tanduk” Anda Sendiri

Penghargaan dimaksudkan untuk ditampilkan, jadi jika Anda memilikinya, pamerkan di CTA Anda berikutnya. Menggembar-gemborkan penghargaan atau prestasi menciptakan rasa kredibilitas dan kepercayaan pelanggan potensial yang mungkin tidak memahami perbedaan antara apa yang Anda dan pesaing Anda tawarkan.

Kebanyakan orang termotivasi oleh memiliki sesuatu yang dianggap yang terbaik atau yang sangat bernilai, dan memamerkan penghargaan di CTA adalah salah satu faktor yang memotivasi.

chevy_cta

 

19. Menghentikan Power

Pernahkah Anda disuruh untuk berhenti melakukan sesuatu? Kita semua pernah, dan itu sangat tidak menyenangkan.

Tidak ada yang suka berpikir apakah mereka telah melakukan sesuatu yang salah atau sia-siaNamun, ketika Anda diberitahu untuk menghentikan sesuatu sensor perhatian dan emosi Anda siap dan menunggu untuk menanggapinya.

stop_cta

 

20. Gambarkan Sesuatu – gunakan kata “bayangkan”

Kekuatan imajinasi jelas merupakan suatu kekuatan yang harus diperhitungkan ketika ingin membangun ketertarikan.

Copywriter Brian Clark mengatakan begini:

“Menghasilkan gambaran mental dalam pikiran pembaca adalah salah satu hal yang paling kuat yang bisa Anda lakukan sebagai seorang penulis, begitu tegas menarik imajinasi adalah teknik pembukaan yang kuat. Aktifkan mata pikiran pembaca dengan menggunakan kata-kata seperti “Bayangkan”, “gambar ini,” “Apakah Anda ingat ketika,”dll.

picture_cta

Semoga beberapa ide di atas akan membantu Anda membuat CTA lebih cepat. Jika Anda pernah merasa seperti Anda CTA Anda sudah basi, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru dari daftar di atas.

 

Sumber : Search Engine Journal

1 thought on “Mau Iklan Jualan Online Anda Banyak Direspon Orang ? Gunakan 20 Cara Menulis Call To Action Sebagai Berikut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *