Cara Membuat Toko Online : 5 Fitur yang Harus Dimiliki oleh Blog E-commerce

Ketika berbicara tentang e-commerce atau toko online, salah satu strategi pemasaran yang tidak boleh diabaikan adalah inbound marketing.

Inbound marketing adalah tempat utama di situs Web Anda di mana Anda dapat membagikan fresh konten, memulai percakapan dengan calon pelanggan, dan terhubung dengan mereka.

Penjual online yang cerdas harus bisa memahami bahwa blog bisa menjadi strategi yang kuat untuk menarik customer dan sangat cocok untuk situs web apapun. Membuat blog yang berkualitas, tidak hanya akan membantu ranking situs Anda di search engine, tetapi juga akan memberikan konten yang keren untuk dibagikan di media sosial oleh customer dan visitor yang nantinya akan membuat situs Anda semakin dikenal.

Tetapi untuk bisa mendapatkan buzz di blog e-commerce Anda, Anda harus bisa membuat blog Anda menjadi lebih mudah untuk ditemukan oleh customer. Untuk membuat blog yang mudah dan konvert, Anda harus memiliki campuran yang tepat dari navigasi, call to action, dan sosial sharing.

Mari kita lihat 5 fitur blog e-commerce yang dimaksud :

Call to action

Mungkin saja Anda adalah penulis terbaik, tetapi jika Anda tidak menarik pengunjung Anda untuk benar-benar melakukan sesuatu-Anda kehilangan kesempatan besar. Apakah itu sign up email, rss feed, atau link ke produk unggulan atau penjualan mendatang. Anda harus memasukkan call to action yang ditargetkan untuk tindakan yang terkait langsung ke tujuan content marketing Anda.

Di manakah call to action bisa dipasang? Mulailah dengan bagian atas sidebar. Itu adalah spot utama dan tempat yang sempurna untuk menaruh kotak sign up email. Dengan membangun list, Anda akan memiliki cara untuk menindaklanjuti pelanggan dan calon pelanggan Anda dari waktu ke waktu. Anda juga dapat memanfaatkan space di bagian bawah setiap posting. Pembaca yang senang dengan blog Anda biasanya akan dengan senang hati melakukan sign up.

Clearpath Robotika melakukan hal ini dengan baik.

Kategori Konten

Memiliki kategori konten yang jelas tidak hanya membuat posting blog Anda menjadi tidak bias, tetapi juga akan membuat posting Anda jauh lebih mudah untuk dinavigasi audiens Anda. Dan itu berarti mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda.

Biasanya, 5-7 kategori cukup. 6 jika Anda mau. Karena jika terlalu banyak, dan ditampilkan semua, tentunya akan membuat blog Anda kacau.

Recent dan Popular Posts

Salah satu cara terbaik untuk menarik pengunjung adalah dengan cara menampilkan artikel terbaru atau “Recent Posts” di bagian navigasi blog sekunder Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian visitor Anda.

Bukankah mata Anda hanya secara otomatis ditarik ke space itu di situs Seal Moorea?

Selain recent post cobalah untuk menampilkan konten terbaik atau popular post. Popular post sangat efektif karena bisa beresonansi dengan audiens target Anda dan Anda bisa mengambil keuntungan dari sisi sosial proof.

Dengan kata lain, orang akan menempatkan nilai tinggi pada konten yang mereka yakini populer. Copyblogger melakukan hal ini dengan baik:

Social Sharing

Jika Anda ingin mengembangkan media sosial pada situs e-commerce Anda, atau ingin visitor Anda men-share content Anda, atau keduanya-selalu pastikan untuk menyertakan tombol sosial sharing di blog Anda. Pastikan setiap dan semua situs sosial cocok untuk target audiens  Anda.

Biasanya, Anda harus menampilkan tombol sharing untuk Facebook, Twitter, Pinterest, dan mungkin Instagram. Contoh di bawah, DENY Desain menampilkan Twitter feed mereka di sidebar kanan mereka.

Search

Hal ini seringkali diabaikan, yaitu kotak pencarian. Kotak pencarian sangat penting untuk bisa memberikan pengunjung  blog Anda cara untuk mencari kata atau frase tertentu tanpa harus membuang waktu atau frustrasi dengan mencarinya di puluhan posting.

Contoh seperti ini :

Membangun sebuah blog e-commerce yang sukses membutuhkan lebih dari sekedar memiliki konten yang tepat. Setelah seseorang mengklik salah satu posting Anda, Anda ingin menjaga mereka di sana sehingga mereka mulai membentuk koneksi dan afinitas terhadap bisnis Anda.

 

Sumber : Blog Shopify

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *