Desain halaman e-commerce checkout adalah sesuatu yang penting untuk user experience customer ecommerce.
Page checkout yang dirancang dengan baik memungkinkan pembeli untuk menyelesaikan pembelian mereka dengan cepat dan mudah.
Pada umumnya pemilik harus membuat proses checkout sesederhana mungkin dengan mengurangi field input yang tidak perlu.
Untuk mendesain One-Page Checkout kadangkala membutuhkan banyak keterampilan untuk mengupas seluruh proses sampai ke dalamnya.
One page checkout bisa mengurangi cart abandonment rate
Rata-rata cart abandonment rate menurut studi dari Baymard.com adalah 68%, yang terjadi setelah customer menambahkan shopping cart, tetapi tidak menyelesaikan proses pembayaran atau bahkan tidak menyelesaikan proses check out.
Artinya dari 100 orang yang menambahkan produk di shopping cart, sebanyak 67 orang tidak menyelesaikan proses selanjutnya.
Dengan adanya onepage checkout, angka abandonment rates ini bisa dikurangi, karena :
- Mempersingkat proses pembelian karena customer tidak perlu membuat login, shopper bisa melakukan pembelian secara anonymous atau membuat akun segera.
- Mempersingkat proses checkout secara signifikan, semua informasi diinput dalam 1 halaman, user tidak perlu pindah halaman untuk mengisi informasi pembelian (alamat, kartu kredit, dll)
Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa hal itu dapat membuat pengangkatan dalam konversi. Sebagai contoh:
- ProImpact menemukan bahwa One-Page Checkout (Checkout satu halaman) meningkatkan konversi sebesar 13.39%.
- Xanthos meningkatkan tingkat konversi klien sebesar 67% setelah menerapkan One-Page Checkout.
Dengan pemikiran ini, mari kita lihat One-Page Checkout dari beberapa ecommerce di Indonesia dan luar negeri.
One Page Checkout Ecommerce di Indonesia
StrawberryNet, Ecommerce Indonesia yang menjual berbagai kosmetik mengharuskan customer untuk mengisi email terlebih dahulu baru menuju ke halaman onepage checkout.
Saqina.com bahkan membolehkan customer yang tidak punya email untuk membeli dari mereka.
Berikut ini one page checkout dari Pinkemma.com
Berrybenka.com tidak memiliki onepage checkout dan mengarahkannya ke halaman registrasi
Ecommerce di luar negeri
Wamli.com
Wamli.com, online shopping dari Dubai untuk gift, tidak memiliki onepage checkout tetapi memiliki sebuah indikator progress yang menunjukkan bahwa hanya ada tiga langkah dalam seluruh proses checkout.
Halaman checkout itu sendiri indah, dan sederhana – hanya perlu rincian nama, alamat penagihan, dan pembayaran Anda.
Hal yang mengganggu itu juga seperti memaksa pengguna baru untuk membuat account dengan memasukkan username dan password, tapi itu titik yang relatif kecil.
Honey Badger
Fashion online retailer Honey Badger memiliki tampilan checkout yang sangat sederhana. Pengguna hanya perlu mengisi sekitar 10 pendataan sebelum pembelian selesai.
Tidak seperti yang lain di daftar ini Honey Badger tidak memaksa pengguna baru untuk membuat account, dan juga responsif sehingga skala bawah rapi ke layar ponsel.
Mailingbags.ie
Mailingbags.ie, perusahaan yang memproduksi plastik untuk pengiriman barang, memiliki banyak opsi dalam onepage checkout nya, termasuk tombol centang di “create account for later use” yang berarti dalam page ini customer baru bisa sekalian membuat akun baru dan sign up newsletter.
Sephora
Sephora menggunakan checkout bertahap, namun itu semua muncul pada satu halaman.
Seperti yang Anda lihat di sini, berbagai tahap kasir (misalnya password, urutan tempat) tercantum di bawah, sehingga ketika pengguna mengklik ‘lanjutkan’ bentuk berikutnya muncul.
UBuy Coffee
Ini adalah contoh lain dari bentuk checkout bertahap yang muncul pada satu halaman. Mungkin istilahnya nested checkout.
ShadeStation
Ini adalah contoh yang sangat apik dari nested checkout .
Ketika Anda mengklik ‘lanjutkan’, Call to Action bentuk berikutnya terlihat rapi, dan hanya memerlukan sedikit informasi pribadi.
Mulberry
Mulberry.com memiliki opsi checkout as guest, sehingga tidak perlu melakukan registrasi untuk berbelanja.
One page checkoutnya juga memiliki desain yang sangat baik dengan desain nested checkout.
Saat menggunakan pilihan pembeli, tamu benar-benar hanya harus mengisi nama, alamat dan rincian pribadi untuk menyelesaikan pembelian, jadi secara keseluruhan adalah checkout yang sangat cepat dan nyaman.
Terimakasih untuk informasinya