5 Hubungan Antara Google Adwords dan SEO Yang Sering Dipersepsikan Salah Oleh Banyak Orang Oleh @RyanBatchin

Editor’s Note: Ryan Batchin Head of Google AdWords di DGtraffic Indonesia, saat ini menjadi Top Contributor untuk Forum Google AdWords di Indonesia untuk membantu dan mengembangkan komunitas Google AdWords di Indonesia.

Bagi para pembaca yang sudah pernah mengetahui tentang SEO dan Google AdWords pasti sudah mengetahui perbedaan mendasar dari kedua teknik tersebut. SEO atau yang sering disebut dengan Search Engine Optimization adalah suatu teknik mengoptimasi website Anda agar dapat muncul di halaman pertama Google secara natural / organik. Dan biasanya dilakukan dengan dua cara off page dan on page. Sedangkan Google AdWords adalah teknik mengoptimasi website anda agar muncul di posisi teratas Google melalui pemasangan iklan berbayar di Google.

Dari kedua teknik optimasi tersebut, tentu sebagian orang bertanya-tanya apakah AdWords dan SEO sendiri mempunyai suatu hubungan timbal balik? Apakah bisa mempengaruhi satu sama lain? Hingga terkadang muncul banyak pernyataan-pernyataan yang sebenarnya belum tentu valid mengenai hubungan antara SEO dengan AdWords ini yang pada akhirnya menjadi sebuah mitos antara SEO dengan AdWords. Di dalam tulisan kali ini, saya akan membahas beberapa persepsi yang kurang tepat yang beredar seputar hubungannya SEO dengan AdWords.

1. AdWords Mempengaruhi Ranking Website Secara Organik di Google?

Perlu diketahui bahwa walaupun kita sudah mengiklankan website kita di Google AdWords tapi hal tersebut tidak akan mempengaruhi posisi dan page rank organik website kita. Mesin pencarian Google tidak pernah menerima bayaran / uang untuk memasukan sebuah situs ke hasil pencarian organik mereka. Ranking website secara organik dipengaruhi oleh faktor seperti page rank yang nanti akan sedikit saya bahas di poin berikutnya.

2. Klik yang Dihasilkan dari Iklan AdWords Akan Berkompetisi dengan Klik Secara Organik

Mungkin di beberapa kasus hal ini terjadi, tetapi pada umumnya kemunculan iklan AdWords kita tidak akan “mengkanibalisasi” hasil pencarian organik kita. Malah apabila anda bisa menerapkan strategi yang tepat kedua hal ini bisa saling mendukung. Google AdWords bisa anda gunakan sebagai tool untuk campaign tactical anda karena kita bisa dengan mudah mengubah copy adsserta landing page dari iklan tersebut secara cepat dan mudah. Sedangkan SEO dapat digunakan sebagai penjaga traffic campaign always on anda dengan jangka waktu yang lama.

3. Melakukan SEO Secara Organik Tidak Memerlukan Biaya

Memang benar anda tidak perlu membayar Google untuk membuat website anda berada di halaman pertama Google secara organik. Yup kita tidak membayar iklan ke Google ketika melakukan SEO. Tetapi yang harus disadari adalah, untuk melakukan sebuah teknik SEO yang tepat dan sesuai dengan ketentuan Google diperlukan sebuah ketrampilan dan skill khusus. Skill inilah yang menjadi modal utama seorang Search Engine Optimizer, jadi yang perlu kita keluarkan adalah biaya untuk menghire jasa dan skill dari seorang pakar konsultan atau agency SEO terkemuka.

3. Traffic Organik Lebih Berkualitas dan Meningkatkan Penjualan Dibanding TrafficIklan AdWords

Mengenai traffic yang berkualitas ataupun mendatangkan penjualan, tidak terpaku lebih bagus hanya di salah satu platform tersebut. Kembali lagi, semua tergantung dari objektif masing-masing produk / website, selain objektif perlu diperhatikan juga pemilihan kata kunci yang tepat untuk AdWords atau untuk SEO karena keduanya belum tentu sama karakteristik kata kunci yang berkualitasnya. Deskripsi webiste pada saat keluar di pencarian Google, kualitas landing pageserta user experience di landing page sendiri juga turut  memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas traffic maupun conversion ataupun sales.

4. Posisi Iklan di AdWords Dipengaruhi oleh Page Rank Website secara Organik

Page Rank adalah sebuah sistem penilaian yang dibuat oleh Google untuk mengukur betapa pentingnya sebuah website / halaman web di Google secara organik. Banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi page rank diantaranya  seperti link dari website lain yang relevan, domain factor, relevansi konten dan berbagai macam faktor lainnya. Tetapi ingat, bahwa Page Ranksebuah website tidak akan mempengaruhi posisi iklan anda ketika menjalankan iklan Google AdWords. Dikarenakan untuk menentukan posisi iklan di Google AdWords memiliki formula yang berbeda dari Page Rank. Iklan AdWords menggunakan formula AdRank dalam menentukan posisi, dimana di dalam formula tersebut faktor yang berpengaruh adalah seperti bidding (tawaran iklan) dan Quality Score iklan kita. Faktor-faktor yang mempengaruhi Quality Score iklan antara lain adalah relevansi kata kunci dengan teks iklan serta relevansi dengan landing page / halaman landas iklan kita.

5. Website yang Secara SEO Sudah Bagus Tidak Memerlukan Iklan AdWords Lagi

Banyak para pemilik website yang berpikir bahwa apabila secara SEO website kita sudah muncul di halaman pertama, maka kita tidak perlu beriklan di AdWords. Mungkin kelihatannya tepat dikarenakan kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk memasang iklan Google AdWords.

Tetapi perlu diketahui bahwa SEO dengan AdWords sendiri memiliki objektif yang berbeda. SEO diperlukan untuk investasi jangka panjang website kita agar berada di halaman pertama dan tetap mendapatkan serta menjaga traffic secara berkelanjutan tanpa perlu biaya tambahan. Tetapi SEO sendiri membutuhkan proses optimasi yang cukup lama dan halaman landas yang kita set tidak dapat fleksibel / diganti-ganti dengan cepat untuk satu keyword yang ditargetkan. Ambil contohnya apabila suatu saat kita sedang melakukan promo taktikal dengan suatu keyword tertentu dengan waktu beberapa hari saja, sangat sulit untuk mengoptimasinya melalui teknik SEO. Oleh karena itu biasanya untuk beberapa campaign tactical, para pemilik website dapat menggunakan AdWords untuk mengoptimasi website mereka menggunakan kata kunci tertentu dengan proses yang singkat.

Semoga dengan beberapa penjelasan di atas kita dapat lebih memahami hubungan di antara SEO dengan AdWords secara lebih tepat. Sehingga strategi yang nantinya akan diterapkan dapat membawa hasil yang lebih efektif dari segi budget maupun performa website yang anda miliki.

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *