Cara Memaksimalkan Facebook Ads Dan Return On Investment (ROI) Pada Toko Online

Facebook Advertising atau Facebook Ads merupakan sebuah sistem yang dibuat oleh Facebook agar para user dapat membuat sebuah iklan yang diinginkan sesuai dengan tujuan dan target market yang diinginkan.

Angka statistik Facebook Ads pada tahun 2015 ini cukup menguntungkan para penjual online karena data statistik Facebook ads  menunjukkan bahwa :

  • Retailers melihat potensi ROI sebesar 152% dari Facebook Advertising
  • 75% brand atau produk menggunakan Facebook Ads sebagai media promosi
  • Lebih dari 1 juta UKM (Usaha Kecil dan Menengah) beriklan dalam Facebook
  • Lebih dari 50% traffic dari media sosial yang ada berasal dari Facebook, artinya dari seluruh media sosial facebook memegang 50% lebih traffic yang datang.
  • Rata-rata Click Through Rate sebesar 1,5%
  • Rata-rata order volume sebesar $85,87

Dalam membuat atau menjalankan Facebook Ads, membuat sebuah campaign yang baik dan kreatif sangatlah penting. Ada beberapa hal penting yang harus diingat dalam membuat iklan atau campaign dalam Facebook Ads.

1. Facebook adalah website visual

Facebook merupakan website yang lebih menunjukkan tampilan atau visual kepada user, artinya sebagus apapun produk Anda, sehebat apapun perusahaan Anda, dan semurah apapun harga yang ditawarkan namun apabila campaign atau iklan yang muncul kepada konsumen tidak menarik, maka konsumen tidak akan tertarik untuk melihat produk Anda. Sehingga pemilihan gambar atau visualisasi sangatlah penting dalam hal ini.

untitleda

Adespresso.com, sebuah tools optimalisasi a/b testing Facebook ads baru-baru ini menerbitkan ebook 500 contoh FB ads yang diiklankan dengan visualisasi seperti di atas, lihatlah perbedaan resultnya dari creative yang berbeda seperti di atas.

Biasanya konsumen lebih tertarik dengan gambar yang berisi wajah seseorang  dibandingkan hal lainnya. Intinya, visualisasi merupakan sebuah faktor terbesar yang menjadi penentu apakah campaign atau iklan Anda berhasil atau tidak.

Oleh karena itu Facebook bekerja sama dengan Shutterstock.com sebuah website yang menyediakan gambar-gambar beresolusi tinggi yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk campaign atau iklan yang ingin Anda buat. Shutterstock menyediakan jutaan gambar-gambar terbaik yang dapat Anda gunakan.

untitleda1

2. Buatlah Varian Ads

untitledaa2

Eksperimen terhadap Ads sangatlah penting. Sangat disarankan untuk membuat sekitar 4 atau lebih iklan atau facebook ads untuk dapat melihat yang manakah ads yang optimal dan memiliki cost yang paling murah. Varian iklan dapat hanya berisi 2 jenis gambar dengan 2 jenis kalimat yang berbeda sehingga Anda dapat menciptakan 4 varian ads hanya dengan hal tersebut.

3. Gunakan tombol Call-to-Action

screenshot-4-11

Tombol call-to-action berfungsi untuk persuasif atau menarik perhatian orang seseorang agar tertarik dengan iklan atau campaign yang kita buat sebelumnya, namun hal ini harus didukung dengan visual content yang kita ciptakan sehingga iklan atau campaign yang kita buat dapat menjadi menarik

4. Adanya Social Proof atau Pengakuan dari Konsumen

screenshot-4-1

Social proof menjadi suatu element atau hal yang penting karena apabila calon konsumen melihat produk atau brand yang kita miliki dibeli, digunakan, atau disukai oleh orang banyak maka hal tersebut dapat menjadi sebuah nilai penting bagi calon konsumen lainnya agar percaya dengan barang atau produk yang kita tawarkan, sehingga mereka tidak ragu untuk melihat atau meng-klik produk kita yang dapat berakhir pada sebuah pembelian atau purchasing.

5. Konsistensi antara Landing Page dengan Ads yang di iklankan.

Konsistensi yang dimaksud adalah misalnya Anda membuat sebuah iklan atau campaign untuk menjual produk Anda misalnya berupa baju atau celana di dalam Facebook Ads kalian, sehingga saat orang atau konsumen mengklik ads tersebut maka mereka akan langsung dibawa menuju website kalian pada kategori baju atau celana tersebut. Jangan melakukan hal misalnya Anda menjual baju atau celana di Facebook Ads namun saat konsumen mengklik ads tersebut, mereka dibawa ke landing page home pada website Anda bukannya landing page baju atau celana seperti Ads yang diiklankan. Karena orang ingin melihat produk sesuai ads yang diiklankan.

6. Bawa konsumen Anda ke halaman pembelian.

Pastikan bahwa Anda membawa konsumen Anda ke halaman pembelian atau keranjang produk atau di tempat dimana konsumen dapat menemukan informasi yang lebih dalam dari produk Anda. Pastikan juga Anda membawa konsumen Anda ke landing page dimana hal tersebut dapat menciptakan sebuah konversi terhadap produk Anda.

Selain hal-hal penting yang harus diperhatikan di atas, ads placement atau tata letak ads juga harus diperhatikan

untitlede

Newsfeed (Desktop dan Mobile) merupakan letak atau ads placement yang terbaik , di 2 tempat tata letak itu lah biasanya para penjual atau pedagang online mendapat ROI terbesar mereka. Right column ads digunakan dalam situasi tertentu saja dan harus memiliki visualisasi yang benar-benar menarik namun biasanya tidak begitu disarankan.

Tata letak pada Newsfeed (Desktop dan Mobile) juga memiliki cost per click yang paling murah dan juga click through rate yang paling besar dari tahun ke tahun

untitledf

untitledg

Kemudian ada beberapa strategi untuk dapat memaksimalkan campaign yang Anda jalankan yaitu

1. Cocokkan email yang Anda dapatkan untuk meraih konsumen Anda saat ini

Apabila kalian telah mendapatkan email-email dari konsumen Anda baik yang pernah membeli produk Anda sebelumnya ataupun yang men-suscribe website Anda, maka Anda dapat mengambil seluruh email tersebut dan memasukkan nya ke dalam facebook ads karena sebesar 68% email yang mereka gunakan akan sesuai atau sama dengan akun facebook yang mereka pakai (menurut data email match rate Facebook). Oleh karena itu apabila email-email tersebut berhasil di cocokkan, maka Anda dapat membuat ads yang spesifik yang dapat ditujukan kepada konsumen atay pelanggan Anda sebelumnya sehingga dapat membuat mereka membeli lagi produk kita atau re-purchase.

2. Membuat lookalike audience

Yang dimaksud dengan lookalike audience adalah target market yang benar-benar speisifik dari 1,3 milliar pengguna facebook menjadi sejumlah atau beberapa angka saja yang benar-benar tertarget dan sesuai dengan karakter dari orang-orang yang sudah pernah melakukan pembelian terhadap produk kita sebelumnya.

3. Mengoptimasikan konten yang bersifat jangka panjang (evergreen) vs time based

Jangan hanya membuat konten yang dapat digunakan pada saat tertentu saja misalnya diskon pada awal bulan atau akhir bulan, tapi buatlah konten yang dapat selalu digunakan seterusnya.

4. Gunakan conversion pixel dan place pada halaman konfirmasi

Gunakanlah conversion pixel pada halaman konfirmasi pada website Anda, sehingga Anda dapat mengetahui apabila ada konsumen yang masuk ke dalam website Anda dan ingin membeli suatu produk namun tidak jadi karena tidak adanya konfirmasi page. Dengan hal tersebut Anda dapat melakukan re-targeting terhadap orang-orang yang ingin membeli produk Anda namun tidak jadi.

5. Biarkan Facebook yang mengatur selanjutnya

Setelah kalian menerapkan semua hal yang di atas biarkanlah Facebook menyelesaikan semuanya. Saat ini Facebook dapat memberikan penawaran terbaik untuk CPM Bidding sehingga Anda dapat mendapatkan biaya yang termurah untuk ads atau campaign Anda.

Selanjutnya ada beberapa cara atau trik untuk mendapatkan Return on Investment (ROI) yang terbaik, yaitu :

1. Gunakan boosted post untuk meningkatkan engagement pada produk Anda.

Setiap minggu carilah post kalian yang memilikki engagement (like,share,comment) yang paling banyak dan iklankan lah post tersebut untuk beberapa hari lagi. Hal tersebut akan meningkatkan engagement pada produk Anda dan semakin banyak orang yang akan meng-like produk tersebut dan hal tersebut dapat meningkatkan ROI pada produk.

2. Kumpulkanlah custom audience kalian dan segmentasikan mereka.

Buatlah segmentasi khusus kepada audience tertentu misalnya ada jenis audience yang tidak pernah membuka email mereka jika ada penawaran masuk. Audience tersebut dapat kita segmentasikan dan dapat kita raih atau dekati dengan menggunakan Facebook Ads.

Di atas merupakan seluruh tips trick dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam Facebook Ads agar dapat memaksimalkan iklan atau campaign dari Facebook Ads itu sendiri dan dapat meningkatkan Return On Investment terhadap produk Anda dan dapat menguntungkan bagi pedagang atau penjualan online.

Baca Juga

Cara Memanfaatkan Data Agar Iklan Facebook Semakin Murah

Cara Promosi di Facebook : 55 Tips Jitu Memposting di Facebook

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *