Editor’s note : Artikel ini adalah guest post dari James Scherer, content marketer dari Wishpond, pakar social media dan blogger dengan latar belakang marketing untuk nirlaba dan komunikasi digital. Tahun lalu dia ke Jakarta untuk mengunjungi sepupu Indonesianya. Wishpond adalah paket marketing social media untuk mengadakan kontes dan promosi tanpa memerlukan pengetahuan I.T.
Ingin tahu bagaimana cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari postingan Facebook untuk bisnis Anda?
Kesulitan meningkatkan engagement di Facebook ?
Saya telah menjelajahi arsip Wishpond untuk memberikan Anda 55 dari statistik terbaik Facebook, pertanyaan, tips, formula dan strategi penargetan menginspirasi Anda membuat postingan Facebook ke level yang selanjutnya. Mari kita mulai.
Baca juga : Produk & barang yang cocok dijual oleh reseller dropship lewat iklan Facebook
7 Facebook Posting Statistics
1. Rata-rata, 36 postingan Facebook per page dipublikasikan tiap bulan
2. Tahukah Anda 240 miliar gambar telah diposting di Facebook (sejauh ini)
3. Postingan berjumlah +/- 80 kalimat lebih efektif dari segi engagement rate
4. Ada 293.000 postingan Facebook dirilis setiap menit dan setiap hari, apakah postingan Anda tampil menonjol?
5. Tahukah Anda: tulisan yang mengandung nasihat atau mengajarkan sesuatu yang baru dibagikan 522% lebih dari postingan biasa?
6. Foto makanan adalah satu gambar yang paling populer di situs media sosial. Gunakan foto bertema makanan di Facebook!
7. Facebook Edgerank rating berarti hanya sekitar 16% dari posting Anda terlihat. Anda harus membuat postingan Anda diperhitungkan !
7 Posting Formulas
8. Postingan “Berikan Caption dari gambar ini!” sangat cocok bagi perusahaan B2C dan retail untuk meningkatkan daya tarik merek
9. Mendorong terjadinya click through dengan ‘klik di sini untuk membaca selengkapnya’
10. Mendorong user-generated content, misalnya dengan tema ‘Bagikan foto momen relaksasi Anda di Instagram’
11. Gunakan kalimat bertajuk “Ingin lebih (…….)? Simak (…….)?” agar Ebook Anda lebih banyak diunduh
12. Gunakan metode polling ‘Share vs Like’ agar postingan Anda lebih terekspos
13. Gunakan kalimat dengan formula ‘Like jika Anda (…….)’. Anda dapat mengisi kolom kosong dengan tema liburan atau acara olahraga
14. Pernah mencoba formula ‘Salah satu cara yang tidak banyak diketahui orang untuk (……) ’ untuk memberikan nasihat dan menghasilkan likes?
4 Cara Targeting Post
15. Targetkan Postingan Facebook Anda berdasarkan interest dari fans Anda untuk menjangkau demografi fans Anda yang paling passionate
16. Lakukan split test Postingan Facebook Anda berdasarkan waktu, untuk mendapatkan kisaran waktu online Fans Anda
17. Apakah Anda melakukan geo targeting terhadap postingan Anda untuk melibatkan fans yang memiliki minat khusus tentang kampung halaman mereka ?
18. Gunakan demographic targeting untuk memperluas jangkauan demografis postingan Anda
12 cara untuk meningkatkan engagement
19. Manfaatkan musim, liburan dan acara olahraga untuk meningkatkan partisipasi Postingan Anda
20. Pertanyaan yang bagus mendorong keterlibatan / engagement yang lebih besar di Facebook
21. Gunakan nostalgia fan untuk membuat mereka mengenang Tweet mereka dan dan kembali aktif berkomentar
22. Jadilah eksklusif, selalu menampilkan sesuatu yang baru, atau di behind the scene untuk memberikan pengguna sesuatu yang belum mereka lihat sebelumnya
23. Resep Makanan adalah cara yang bagus untuk mendorong Fans Anda untuk kembali mengunjungi postingan Fb Anda
24. Gunakan opini-opini ringan untuk menarik perhatian orang
25. Apakah anda menggunakan opinion polls dan sneek peeks untuk mendorong tingkat Partisipasi Fan Anda?
26. Luangkan waktu pada halaman Fan Anda untuk melihat apa yang mereka sukai. Dapatkah Anda memanfaatkan hal tersebut?
27. Fans terlibat dengan bisnis di Facebook mencari personal connection. Berikan kepada mereka hal tersebut
28. Apakah Anda mencampur posting Anda sedemikian rupa untuk membuat fans penasaran dan tak cepat bosan? Atau postingan Anda tidak menarik dan membosankan?
29. Showcase fans Anda (buat mereka juga dikenal !) dengan gambar atau kutipan mereka dan dorong orang lain untuk berpartisipasi juga
30. Gunakan Facebook Insights untuk memantau postingan Anda manakah yang memiliki tingkat engagement tinggi
7 Hal Penting Terkait Posting Foto
31. Gunakan gambar yang menarik untuk mendapatkan Likes dan Shares
32. Gunakan sesuatu yang menggemaskan dalam gambar Anda untuk mendapatkan Like dengan mudah
33. Foto pada fanpage Facebook menerima Likes 53% lebih banyak dibandingkan dengan postingan rata-rata
34. Postingan foto mendapatkan komentar 104% lebih banyak daripada postingan biasa
35. Postingan foto menerima klik 84% lebih banyak daripada postingan biasa dan link teks
36. Postingan yang termasuk album foto didalamnya memiliki tingkat keterlibatan 180% lebih banyak dari postingan rata-rata
37. Postingan dengan foto memiliki tingkat keterlibatan sebesar 37%, dibandingkan dengan 27% pada postingan teks dan 15% pada link
10 Cara mempromosikan Brand Anda dengan post
38. Daripada mempromosikan produk Anda secara langsung, kirim gambar tentang manfaat dan betapa sulitnya hidup ini tanpa produk Anda
39. Mempromosikan platform sosial lain Anda dari Facebook dapat memperluas jangkauan merek dan efektifitas promosi Anda
40. Facebook posting automation sangat bermanfaat, tetapi jangan hanya mengkonfigurasi “FPA” dan melupakannya begitu saja
41. Buat fans Anda tertawa dan mereka akan mengasosiasikan merek Anda dengan kegembiraan
42. Berikan kesempatan untuk memenangkan hadiah bisa mendorong banyak klik
43. Berhenti berbicara tentang diri sendiri, dan usahakan agar Fans Anda berbicara tentang Anda
44. Jangan menginstruksikan Fans Anda layaknya orang asing yang membantu Anda nge-spam postingan mendorong taktik pemasaran Anda
45. Facebook Like membuka saluran komunikasi antara Anda dan Fan
46. Berikan tips cepat dan mudah untuk membuktikan keahlian Anda
47. Perusahaan B2B mendatangkan jutaan pengunjung trafik dengan menyediakan konten bermanfaat secara gratis
8 Pertanyaan yang perlu Anda tanya kepada diri sendiri
48. Apakah Anda menawarkan posting saran bermanfaat untuk menjadi sumber informasi terpercaya?
49. Apakah postingan Anda memiliki CTA (Call-To-Action)? Pastikan Anda tidak membuang-buang waktu Anda
50. Apakah Anda telah memeriksa link postingan Facebook Anda untuk memastikan link-link mana yang tidak berfungsi?
51. Apakah Anda mempublikasikan posting blog Anda di Facebook secara intensif beberapa hari sebelumnya?
52. Apakah Anda menggunakan quotes (tanda kutip) agar konten Anda dapat disadurkan dan dibagikan dengan mudah?
53. Apakah Anda memiliki target market dan fans yang tidak tepat di Halaman Facebook Anda?
54. Tahukah Anda Facebook akan memberikan penalti kepada postingan Anda jika konten Anda disadur dari sumber yang terpercaya?
55. Anda perlu mengingat bahwa postingan Facebook yang terbaik memberikan pengguna SATU hal yang jelas yang harus dilakukan?
Kesimpulan
Semoga 55 postingan di Facebook yang ampuh ini telah mengajarkan beberapa strategi efektif Facebook untuk brand Anda. Yang mana favorit Anda? Mana yang Anda pikir Anda akan berbagi dengan Followers Anda?
Baca Juga :
Daftar toko online yang menerima reseller dan dropship untuk market Indonesia
Cara mencari produk yang tepat untuk dijual di toko online Anda dalam 3 langkah praktis
sangat layak untuk di aplikasikan trims atas tips nya
Memposting yang tidak ada hubungannya dengan bisnis kita juga bisa menjadi jalan buat meningkatkan hubungan dengan fans di FB, jadi jangan melulu dijejali dengan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis kita.
Gila tipsnya keren..
tpi bagaimana caranya promo pake FB Ads yang tertarget bro?
Bagus trimakasih dapat ilmu baru