Bagaimana Memeriksa Link Profile Anda untuk Menghindari Penalti dari Google

Banyak faktor dalam ilmu Search Engine Optimization (SEO) yang membuat situs Anda tidak teranking dengan baik atau terkena penalti, misalnya pemakaian keyword yang tidak relevan, duplicate content, atau Anda membeli link dari jasa penyedia link yang kurang berkualitas, misalnya vendor backlink Anda menaruh backlink untuk situs fashion bersamaan di blog yang sama dengan backlink untuk situs ecommerce gadget dan jasa pengacara. Banyak juga pemilik website, blog, atau situs online lainnya yang tidak aware terhadap sanksi yang dapat sewaktu-waktu diberikan oleh Google terkait backlink yang mereka miliki.

Maka dari itu, memeriksa link profile situs Anda menjadi cara yang cukup mudah untuk mencegah hal itu terjadi. Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan dalam memeriksa link profile Anda. Berikut beberapa tools tersebut.

1. MOZ Open Site Explorer

#1 Buka web MOZ Open Site Explorer

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memeriksa link profile situs Anda adalah dengan membuka MOZ Open Site Explorer di browser Anda. Tools ini dapat membantu memeriksa link profile situs Anda dengan cukup rinci.

#2 Masukkan link situs Anda di text box yang tersedia

Masukkan link situs Anda ke dalam text box yang tersedia, lalu klik Search. Lalu, yang akan Anda dapatkan adalah hasil dengan bentuk seperti di bawah ini.

#3 Pilih option “only external” pada panel “link source”

Mengapa “only external”? Karena link internal Anda sudah berada di bawah pengawasan Anda, sementara link eksternal dari situs lain yang harus Anda periksa. Setelah memilih option “only external”, selanjutnya MOZ opensiteexplorer akan memfilter apa yang Anda minta secara otomatis.

#4 Perhatikan anchor text Anda

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan panel Link Anchor Text. Pada contoh situs startupbisnis.com, link anchor text yang berada dalam daftar sudah masuk akal (Startup Bisnis, startup Indonesia) dan tidak ada anchor text lain yang tidak relevan. Bagaimana dengan situs Anda?

Jika Anda ingin melihat lebih jauh mengenai anchor text yang terdapat di situs Anda, Anda dapat mengklik pada panel “Anchor Text” yang berada di bagian kiri.

Setelah Anda mengklik panel “Anchor Text”, maka Anda dapat melihat seluruh anchor text yang terdapat di seluruh situs Anda.

Anchor text yang terdapat dalam situs startupbisnis.com dapat dilihat bahwa semua anchor text tersebut sangat natural, walaupun terdapat beberapa variasi penulisan.

2. Majestic

#1 Buka web Majestic

#3 Masukkan link situs Anda

#4 Fokus pada diagram Link Profile 

Beberapa tahun lalu orang-orang SEO menggunakan Page Rank sebagai indikator baik atau tidaknya sebuah sumber backlink, Page Rank adalah indikator yang (dulu) digunakan Google untuk menentukan tingkat kepentingan suatu website, yang terdiri dari 3 faktor : age (usia), popularity (jumlah backlink) dan size (seberapa banyak konten yang dimiliki). Namun sejak 2 tahun lalu angka PR nampaknya sudah tidak diupdate oleh Google dan banyak expert SEO memperkirakan bahwa “Page Rank is dead” anda bisa goggling pendapat dari beberapa expert dengan keyword tersebut.

Karena Page Rank nampak sudah digunakan lagi, maka indikator yang banyak digunakan saat ini adalah Citation Flow dan Trust Flow dari Majestic.com.

Citation Flow adalah seberapa banyak (kuantitas) website Anda mendapatkan backlink dari situs lain, sedangkan  Trust Flow menunjukkan seberapa bagus (kualitas) backlink yang didapatkan oleh situs Anda. Pada umumnya Citation Flow akan lebih tinggi dari Trust Flow, karena sudah pasti “kuantitas” lebih banyak dari “kualitas”.

Nomor yang tertera di Citation dan Trust Flow bukanlah angka real, tetapi angka indikator. Jadi jangan menganggap angka 17 dan 36 itu sebagai angka yang sebenarnya. Jangan terpaku pada kedua angka tersebut, tetaplah fokus kepada anchor text di situs Anda.

 

Lihat juga distribusi anchor text

Page yang Anda usahakan untuk teranking dengan baik di Google pada umumnya akan teranking lebih baik apabila memiliki backlink dengan anchor text yang bervariasi. Contoh di atas memperlihatkan hasil output dari majestic.com terkait distribusi anchor text startupbisnis.com di mana 45%nya adalah “other anchor text” yang berarti anchor text yang dimiliki Startupbisnis.com sangat bervariasi.

 

3. Ahrefs

#1 Buka web Ahrefs

#2 Masukkan link situs Anda

Masukkan link situs Anda dapat berikut tampilan hasil yang akan Anda dapatkan.

#3 Anchors Cloud

Hal baru yang terdapat dalam Ahrefs yang tidak Anda temukan di tools sebelumnya adalah adanya Anchors Cloud bila Anda meng-scroll page tersebut.

Bila di browser-browser sebelumnya, anchor text ditampilkan dalam bentuk list, di Ahrefs, anchor text ditampilkan dalam bentuk berbeda, dimana keyword yang paling relevan dengan situs Anda ditampilkan dalam ukuran lebih besar dan keyword-keyword lain ditampilkan dalam ukuran lebih kecil. Semakin tidak relevan keyword Anda, semakin kecil ukuran yang ditampilkan.

#4 Anchor phrases dan Anchor terms

Anda juga dapat melihat lebih jelas anchor text yang digunakan oleh page dan situs Anda dalam tampilan persentase.

Jika Anda ingin melihat lebih jauh mengenai anchor text situs Anda, sama dengan cara sebelumnya, pilih “external link”.

Setelah Anda mengerti seperti apa situs yang “aman”, berikut contoh link profile situs yang kurang aman atau justru berbahaya.

Selanjutnya yang akan kita lihat adalah anchor text, yang adalah bagian paling penting yang harus diperiksa di link profile Anda.

Dapat dilihat bahwa anchor text yang terdapat dalam situs ini tidak natural. Dengan situs berdomain “earlypayday”, anchor text yang ada seharusnya adalah “earlypayday”, “early pay day”, dan sebagainya. Sementara dalam situs ini tidak terdapat satupun anchor text yang berhubungan dengan situs tersebut (yang ada : “loan”, new website of max …)

Dan bila kita lihat dengan tools Ahrefs, berikut data link profile earlypayday.com.sg yang didapat adalah seperti di bawah ini yang berarti kenaikan backlinknya tidak natural :

Dilihat dari Anchor Cloud, “loan”, “emergency cash loans”, dan “personal loans” adalah bukan natural anchor text yang digunakan orang untuk me-link ke website tersebut.

Dari grafik di atas, dapat dilihat bahwa tidak ada anchor text yang berhubungan dengan nama domain earlypayday.com.sg sehingga anchor text yang terdapat di situs ini sangat tidak natural.

Berikut list data yang harus Anda periksa dalam link profile situs Anda:

1. Anchor text

2. Trust Flow dan Citation Flow

3. Anchors Cloud

4. Link list (external link)

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *