Cara Berjualan Online Di Shopee Menggunakan Fitur Iklanku (Paid Ads)

Salah satu marketplace di Indonesia, Shopee di bulan Maret 2017 baru saja meluncurkan fitur paid ads di mana Anda bisa melakukan bidding, di kata / keyword / search term mana saja yang Anda target.

Berbeda dengan Top Ads (Iklan berbayar Tokopedia), di mana iklan muncul per kategori – tanpa bisa mengontrol muncul di mana dan search term apa, di Iklanku Shopee, Anda bisa mentarget keyword / search term apa yang Anda target.

Biasanya apabila ada platform Ads baru yang baru dilaunch, akan membuka peluang dan kesempatan baru untuk Anda.

Contohnya, setiap user shopee mencari “tempat kue” maka akan muncul iklan sebagai berikut :

 

jualan online dengan iklanku shopee

Sebelum Anda memulai berjualan di Shopee disarankan Anda membaca beberapa aturan Shopee di https://shopee.co.id/communityRules/

Cara memulai Jualan Online Dengan fitur iklanku Shopee

Pertama Anda register / masuk ke seller center

jualan online dengan iklanku shopee

Akan akan berada di dashboard Shopee Seller Center. Fitur iklanku ada di bagian “promosiku”

cara menjual online iklanku shopee

Menu promosiku (kadang munculnya dalam bahasa Inggris “marketing center” terdiri dari beberapa bagian seperti Iklanku, Promo Toko dan Promo Shopee)

jualan online di marketplace shopee

Berikutnya setelah Anda memilih produk mana yang diiklankan, Anda akan diminta memasukkan keyword apa yang Anda target (iklan Anda akan muncul setiap user Shopee mencari dengan keyword apa) juga bid per klik nya.

bid iklan di shopee

Anda juga mendapatkan informasi perbandingan biaya per klik dari setiap keyword. Kebanyakan keyword di Shopee memiliki biaya per klik di kisaran Rp.50 – 60

bid iklan di shopee iklanku

Memantau Iklan Shopee

Di dashboard iklan Shopee Anda, Anda bisa memantau performa iklan Anda.

jualan di shopee

Di menu report Anda bisa melihat performa iklan Anda berdasarkan periode yang Anda pilih

shopee - pantau iklan
memantau iklan shopee – click to enlarge

 

Bagaimana cara meningkatkan performa iklanku Shopee

iklanku shopee

Kira-kira bagaimana ya cara meningkatkan perfoma ads kita ? jika dilihat dari menu tips di atas, ada 2 hal yang mempengaruhi peringkat rata-rata posisi iklan kita :

Peringkat rata-rata menunjukkan posisi iklan dalam halaman hasil pencarian untuk periode waktu tertentu. Hal ini dipengaruhi oleh biaya per klik dan tingkat relevansi kata pencarian

Faktor pertama adalah biaya per klik, berarti semakin tinggi Anda menempatkan bid, maka posisi Anda akan semakin tinggi. Pastikan dulu keyword yang ingin Anda naikkan bidnya adalah keyword yang paling relevan dan menghasilkan sales (kolom paling kanan).

Mengubah bid dengan meng-klik gambar pena merah di sebelah angka biaya per klik.

iklanku shopee edit ads
edit bid – click to enlarge

 

Faktor kedua adalah tingkat “relevansi kata pencarian” … relevansi kata yang dicari dengan apa ? nah ini tidak ada di helpnya jadi saya masih harus tanya ke team mereka.

Namun kalau kita bandingkan dengan Google Adwords atau Facebook Ads, definisi “relevansi kata pencarian” bisa memiliki beberapa definisi

  1. Apakah “relevansi kata pencarian” dengan kata (=keyword) yang ada di produk description (produk detail) Anda ? berarti ini seperti SEO onpage di halaman produk Anda. Semakin relevan produk description (produk detail) Anda dengan keyword yang Anda target, maka iklan Anda bisa lebih murah.
  2. Atau dengan gambar dan title produk Anda, misalnya kalau calon customer mencari sepatu sepak bola Nike, ternyata iklan Anda muncul, berarti iklan Anda tidak relevan. Biasanya ini terkait dengan tingkat Click Through Rate (CTR), semakin tinggi CTR berarti iklan Anda relevan dan menarik (copywritingnya atau offernya) untuk calon customer

Tebakan saya sih “relevansi kata pencarian” terkait dengan CTR, dan bukan SEO onpage. ya nebak aja sih

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Cara Berjualan Online Di Shopee Menggunakan Fitur Iklanku (Paid Ads)”

  1. sepertinya relevansi di sini merujuk pada judul produk dan hastag yang digunakan. saya coba iseng mencari dengan kata kunci “kaos distro” yang muncul adalah produk2 yang ada kata2 kaos dan distro. sedangkan produk saya yang pakai kata “kaos + nama produk” tidak muncul walaupun sudah saya iklankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *