6 Strategi untuk Meningkatkan Profit Margin Anda

Kebanyakan bisnis ecommerce memiliki 20-50% margin kotor pada produk yang mereka jual. Penting untuk menghitung ini karena kebanyakan bisnis kecil tidak melakukannya. Dan jika Anda menemukan cara agar margin kotor Anda bisa mencapai 60-80%, lepaskan uang dan waktu Anda untuk merekrut pekerja yang lebih baik dan memantapkan keunggulan kompetitif Anda.

Ini beberapa cara mudah untuk meningkatkan margin Anda:

1. Buat Produk Unik Anda Sendiri

Ini adalah cara paling mudah untuk memperoleh margin yang bagus. Banyak bisnis ecommerce yang mendekati margin 80% biasanya membuat produk mereka sendiri.

Dan karena Anda satu-satunya, atau salah satu dari bisnis semacam itu, yang membuat produk itu, Anda bisa menetapkan harga lebih tinggi. Harga yang meningkat membuat Anda menjalankan bisnis ecommerce Anda jauh lebih mudah.

2. Private Label Produk Murah

Ini bisa jadi agak sulit. Mudah bagi Anda menentukan produk untuk diberi private label. Tapi, kebanyakan dari produk tersebut marginnya rendah.

Jadi, berdasarkan beberapa riset, pilihlah produk yang bisa Anda naikkan 100-150% untuk 60% net margin.

Itu tidak terlalu buruk.

3. Jual Produk Margin Tinggi Secara Tradisional

Beberapa produk sudah memiliki margin yang tinggi pada dasarnya, dan selalu begitu, selama bertahun-tahun. Beberapa produk itu termasuk wine, kacamata, perhiasan, software, kursus online, dan masih banyak lagi.

Jika Anda berfokus untuk mendapatkan uang, produk-produk dapat dijadikan sebuah start awal. Lalu Anda dapat memutuskan nanti apakah Anda akan terus menjual produk-produk ini, atau Anda gunakan uang yang Anda dapat melalui penjualan produk-produk ini untuk menciptakan produk Anda sendiri.

4. Hal-Hal Sederhana yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengurangi Biaya Operasional

Satu hal utama yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsolidasi sebanyak mungkin proses yang Anda bisa lakukan dengan vendor sedikit mungkin. Coba bekerja sama dengan vendor pengiriman barang untuk menentukan area mana yang bisa meningkatkan efisiensi (kebanyakan bisnis tidak membahas ini kepada vendor pengiriman barang sehingga mereka menghabiskan banyak sekali uang). Analisis channel marketing Anda secara rutin untuk mencegah Anda membuang-buang uang.

5. Terus Bangun Hubungan dengan Customer yang Sudah Ada

Anda tidak perlu bekerja dengan customer yang sudah ada untuk berharap mereka bekerja untuk Anda–Anda sudah memiliki mereka! Mengejar customer baru lebih menghabiskan banyak waktu dan uang daripada menjualnya kepada customer yang sudah ada, karena mereka sudah tahu, sudah suka, dan sudah percaya dengan Anda.

Lakukan apapun yang Anda bisa untuk mempertahankan bisnis mereka.

6. Berikan Layanan Terbaik Kepada Customer Baru

Kebanyakan bisnis berkata bahwa mereka menganggap customer baru mereka bernilai. Tapi ada satu hal: tindakan mereka berkata sebaliknya.

Dengan bersikap ramah kepada customer baru Anda, dan melayani mereka sebaik mungkin, Anda membuat diri Anda lebih menonjol dari yang lain.

Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, tapi mereka memberikan keunggulan kompetitif yang kuat. Dan profit margin Anda bisa meningkat dengan cepat juga!

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *