Buat Toko Online

Tips dari Para Ahli Facebook Ads untuk Mendapat Hasil yang Lebih Besar dari Facebook Ad Anda

Banyak orang yang memiliki experience berbeda tentang Facebook ads. Sekarang cobalah untuk memperkirakan diri Anda dengan tiga experience berikut:

Experience 1: Anda sudah pernah mencoba menggunakan Facebook Ads sebelumnya tapi hanya mendapat hasil yang mengecewakan, sehingga Anda tidak percaya bahwa Facebook Ad berguna untuk entrepreneur dan bisnis kecil.

Experience 2: Anda tidak pernah mencoba menggunakan ads karena tidak memiliki budget marketing yang besar dan Anda merasa bahwa Facebook ads terlalu menghabiskan banyak uang jika ingin mendapat hasil yang nyata.

Experience 3: Anda sudah mencobanya, mendapat hasil, dan akan terus memperbanyaknya untuk mendapat jumlah koversi yang lebih banyak.

Jika Anda termasuk salah satu dari tiga kubu diatas, Anda harus terus membaca!

Dalam sepuluh menit, Anda akan mengubah cara pandang dan cara kerja Anda terhadap Facebook Ads!

#1: Bagaimana cara mengkonversi biaya untuk Ads menjadi penjualan secepat mungkin – Brian Moran

Kebanyakan bisnis yang menggunakan Facebook ads melakukan kesalahan dengan terlalu berfokus pada jumlah fans yang dihasilkan iklan tersebut. Memang menyenangkan untuk memperhatikan jumlah fans Anda, karena angka itu mudah untuk ditingkatkan. Perhitungan yang sebenarnya harus Anda ukur adalah seberapa banyak klik yang didapat dan menciptakan pelanggan baru yang ‘membayar’, serta seberapa cepat waktu yang dibutuhkan?

Cobalah berpikir dengan cara ini: Jika Anda bisa menghasilkan uang dengan cepat melalui penjualan daripada epending Anda untuk iklan, sekarang Anda bisa memiliki sebuah iklan yang membayar untuk dirinya sendiri, yang tentunya memungkinkan Anda memiliki budget yang tidak terbatas. Apa keuntungannya? Anda bisa memperbesar kegiatan iklan Anda, dan menjangkau sebanyak apapun orang yang Anda inginkan tanpa membatasi anggaran Anda.

Cara satu-satunya untuk bisa fokus menguangkan trafik iklan Anda adalah dengan mencari tahu halaman web mana yang merupakan “money page.” Halaman apa dari situs Anda yang menghasilkan paling banyak penjualan untuk bisnis Anda, apakah halaman lead capture, atau sebuah posting di blog, halaman khusus penjualan, atau yang lain? Ketahuilah hal tersebut, kembangkanlah halaman tersebut untuk trafik yang datang dari iklan Anda, dan kirimkan pengunjung (yang mengklik iklan Anda) ke halaman tersebut terlebih dahulu.

Brian Moran, Facebook Expert dan Pendiri Get1000Fans.com

#2: Targetkan Ad Anda dengan sangat fokus – Jason Keath

Facebook ads sangat powerful karena opsi targeting yang diberikan kepada para pemasar. Hanya di situs ini kita semua rela memberikan begitu banyak data mengenai diri kita sendiri. Menggunakan Facebook, kita mendapat kesempatan untuk menjangkau orang-orang yang memang kita inginkan.

Mari kita lihat dua opsi targeting yang bernilai besar: Precise Interest dan Broad Categories.

Precise Interests

Pilihan ini memungkinkan pemasang iklan untuk menargetkan pengguna Facebook yang sudah menuliskan hobi atau minat mereka di Timeline. Precise interest ini diambil dari aktivitas profil Facebook mereka, minat, jabatan, sejarah pendidikan, page yang mereka like, dan grup tempat mereka bergabung.

Precise interest sangat besar kegunaannya. Jenny Craig, seorang weight loss specialist dapat menargetkan iklannya pada pengguna Facebook yang sudah me-like page milik acara televise The Biggest Loser. Menargetkan fans dari page orang lain bisa menciptakan relevansi yang besar untuk menjalankan iklan Anda. Targetkan kompetitor, publisher dengan informasi demografis yang jelas, selebriti, dan page lain yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Anda bahkan bisa menggunakan “Precise Interest” untuk menargetkan fans dari page Facebook yang memiliki fan base yang berhubungan dengan brand Anda.

Broad Categories

Pertimbangkan broad categories sebagai ember berisi lebih banyak audiens dibandingkan dengan precise interests (yang biasanya jumlah audiensnnya lebih sedikit). Ini adalah audiens yang sudah disusun oleh Facebook setelah menguji hampir semua hal yang dilakukan oleh pengguna Facebook, mulai dari klik, dan tulisan yang mereka buat di Facebook.

Banyak sekali pilihan yang ditawarkan dalam Broad Categories yang mungkin akan menarik untuk Anda, tapi tetap yang ditawarkan Facebook merupakan grup orang yang sangat luas dan perlu dikurangi di sana sini menggunakan cara targeting yang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh tipe pengguna Facebook yang bisa ditargetkan oleh pelaku bisnis:

 Pemilik bisnis kecil (6.4 juta orang di US)
 Orang-orang yang sudah menikah selama 1 tahun (2.3 juta di US)
 Mereka yang berulang tahun minggu depan (2.8 juta di US)
 Penggemar sepak bola (8.7 juta di US)

Ingatlah bahwa ad targeting milik Facebook hanya akan berguna sejauh strategi dibalik campaign iklan tersebut juga bagus.

Jason Keath adalah konsultan social media, pembicara, dan CEO serta pendiri SocialFresh.com

#3: Masuk kedalam New Feeds Fans Anda menggunakan Promoted Posts – Isaac Wardell

Promoted Post didesain untuk mambantu Anda meningkatkan jumlah interaksi dan luasnya jangkauan page Facebook Anda. Ini adalah tipe pertama iklan berbayar yang muncul di hadapan user melalui News Feeds. Ini juga tipe iklan pertama yang meraih pasar mobile, yang menghasilkan 70% dari total trafik Facebook.

Menurut Facebook, page rata-rata hanya mencapai kurang lebih 16% dari total followernya dengan sebuah post, tapi, Promoted Posts bisa menahan sebuah status update bertahan lebih lama di Feeds. Sebagai tambahan, post ini juga muncul di Feeds teman dari fans Anda, yang mengikutsertakan nama fans Anda dalam post tersebut.

Berikut adalah contoh pilihan dana yang bisa Anda gunakan untuk menentukan jenis post yang Anda inginkan.
Isaac Wardell, Strategis Social Media di IsaacWardell.com

#4: Targetkan Pemilik Bisnis dengan tepat – Dave Kerpen

Facebook ad bisa menjadi sangat berguna untuk pemasar b2b dan para sales. Menggunakan targeting platform milik Facebook, Anda bisa menargetkan orang berdasarkan jabatan atau perusahaan mereka. Jadi jika Anda hanya ingin menargetkan arsitek, dokter gigi, CEO, atau manager, Anda bisa melakukannya!

Bahkan, jika Anda berencana untuk menjangkau eksekutif 50 perusahaan teratas di Fortune 500 Companies, atau 20 perusahaan terbesar di kota Anda, hal ini bisa dilakukan. Kombinasikan kedua kriteria tersebut untuk menjangkau dengan tepat orang-orang yang akan membeli dari Anda. Sebagai contohnya, di Likeable kami menggunakan Facebook ad untuk mendapat perhatian dari Direktur Marketing dan CMO dari Fortune 500 companies, dan berhasil!

Saat membuat iklan baru di dashboard, dibawah “Choose Your Audience” Anda bisa melihat “Show Advanced Targeting Options.” Klik dan Anda akan melihat “Workplace” ini.

Dave Kerpen adlaah Penulis Bestseller di New York Times dan CEO dari LikeableMedia.com

Baca Juga

Tingkatkan Penjualan Online dengan Menggunakan Facebook sebagai Channel Marketing Anda

10 Point Penting Facebook Marketing bagi Pebisnis UKM Toko Online

Exit mobile version