Tingkatkan Penjualan Online dengan Menggunakan Facebook sebagai Channel Marketing Anda

Kebutuhan masyarakat akan internet saat ini telah meningkat sebanyak 105% dari tahun 2011, dengan rata-rata konsumsi media 8-12 jam setiap harinya. Dengan kata lain, berbagai aktivitas offline kini telah banyak beralih ke dunia online terutama untuk bisnis seperti ecommerce dan toko online.

meningkatkan-penjualan-online-dengan-facebook-marketing

Namun menurut data dari Statista, tingkat pengabaian keranjang belanja (cart abandonment rate) justru terus meningkat mulai dari tahun 2005 hingga 2015. Apakah sales funnel tidak pernah berubah selama ini?

Tommy Walker (Editor in Chief di Shopify+ Blog) menjelaskan bahwa proses pembelian produk – mulai dari menemukan iklan Facebook, lalu klik masuk ke website pengiklan, sign up, memilih produk yang akan dibeli, memasukkan data pengiriman dan pembayaran – sangat panjang dan bisa menghambat sales funnel sehingga gagal mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Tapi menurut Walker, Anda bisa menggabungkan seluruh funnel dan membuatnya lebih mudah. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan Facebook. Saat ini Facebook telah dilengkapi dengan fitur yang mendukung transaksi pembelian online tanpa harus masuk ke website brand tertentu dan meninggalkan Facebook. Untuk dapat memaksimalkan Facebook sebagai channel marketing Anda, inilah empat cara yang dapat Anda terapkan.

  1. Memikirkan ulang strategi merchandising Facebook Anda
  2. Berpartispasi dalam trending topics
  3. Manfaatkan grup Facebook untuk memahami market Anda
  4. Boost post agar muncul di newsfeed ecommerce

Penjelasan serta contoh dari masing-masing strategi dapat Anda pelajari melalui video berikut ini.

Baca Juga

10 Point Penting Facebook Marketing bagi Pebisnis UKM Toko Online

Facebook Tidak Mengijinkan Konten Sponsor Kecuali Page Anda Verified

Verifikasi Akun Facebook atau Fanpage Anda dengan Langkah Mudah Berikut

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *