Limakilo Mengajak Masyarakat untuk Mengapresiasi Petani pada Hari Tani

limakilo-id-mengajak-masyarakat-untuk-mengapresiasi-petani-pada-hari-tani

Petani bagi kebanyakan orang adalah profesi melelahkan yang tidak begitu diinginkan. Penghasilan yang tak tentu dan jumlah tenaga yang dikeluarkan dalam bertani tak sebanding dengan apa yang didapatkan. Namun, faktanya sekitar tiga puluh persen tenaga kerja Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani. Data tersebut menjelaskan bahwa penduduk Indonesia masih bergantung kepada sektor pertanian khususnya petani.


Bergantungnya masyarakat terhadap petani apakah menjadikan kondisi petani lebih baik? Sayangnya kondisi petani masih mengkhawatirkan. Pada tahun 2013 BPS mencatat bahwa setengah dari penduduk miskin di Indonesia adalah petani. Fakta miris tersebut akan selalu seperti itu bila tak ada yang berupaya untuk mereduksinya.


Limakilo dan banyak #SahabatPetani di luar sana sudah berupaya membantu meningkatkan kualitas hidup petani dengan mendorong petani agar lebih memiliki daya saing sehingga profesinya lebih dihargai dan bernilai tinggi. Peningkatan kualitas hidup tersebut diperoleh dari penyadaran kepada petani bahwa jerih payah mereka bisa lebih dihargai dari sekedar terima upah jadi.


Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September juga belum banyak diketahui oleh petani sendiri. Hari yang seharusnya menjadi satu momen besar bagi petani Indonesia justru dinikmati oleh orang pertanian non-petani. Petani berharap bahwa pada momen tersebut dapat terlibat pada acara yang berkaitan dengan perayaan.


“Kebanyakan petani lokal di sini nggak tau kapan Hari Tani, kami hanya mengetahui bahwa ada Hari Tani. Sama aja kaya hari-hari biasa. Harapan saya dan petani-petani di sini pada Hari Tani, pemerintahan kabupaten atau pihak desa mengundang para petani untuk tau Hari Tani itu tanggal, acara dan maknanya itu apa. Jadi petani itu merasakan bahwa pertanian dibutuhkan semua masyarakat Indonesia,” ujar Wowok, di Ciburial, Bandung, Minggu (18/9/2016).

Pada momen Hari Tani, Limakilo juga mengajak kita semua untuk terlibat secara aktif menjadi #SahabatPetani dengan memberikan apresiasi agar #SenyumPetani kembali terpasang di wajah mereka.

Baca Juga

Perayaan Keagamaan manakah yang Paling Berpengaruh terhadap e-commerce di Asia Tenggara? [Infografis]

Liputan Event IDEA Kamis Commerce Bertema “Seberapa Bagus Strategi Marketing Ecommerce Anda?”

8 Faktor Utama yang Memengaruhi SEO Platform Ecommerce Toko Online

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *