Automated Rules: Fitur Baru Iklan Facebook untuk Toko Online Anda

automated-rules-fitur-baru-iklan-facebook-untuk-toko-online-anda

Apakah Anda seorang marketer yang menghabiskan banyak waktu mengakses Ads Manager dan Power Editor di Facebook, untuk mengecek status kampanye Anda? Facebook mengeluarkan fitur baru yang akan memudahkan hidup Anda.

Fitur baru yang dapat ditemukan dalam akun Anda adalah “Create Rule”.

Ketika memilih fitur tersebut, Anda bisa memasang peringatan via email atau secara otomatis menghentikan kampanye sesuai dengan kriteria yang Anda pilih. Contohnya, Anda bisa membuat aturan bahwa sebuah kampanye akan berhenti ketika ad frequency (jumlah rata-rata iklan Anda ditampilkan untuk setiap orang) lebih besar daripada 3, atau ketika rata-rata biaya per hasil mencapai biaya lebih dari $1.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Iklan Facebook Anda Tidak Berhasil

Aturan yang Anda buat berlaku untuk sebuah kampanye, ad set atau ad, atau bisa menjangkau seluruh kampanye Anda. anda bisa membuat aturan berdasarkan kondisi berikut (menambahkan ‘lebih besar dari,’ ‘lebih kecil dari,’ ‘di antara’ atau ‘tidak di antara’):

  • Cost Per Add to Cart (Facebook Pixel): rata-rata biaya untuk setiap action add-to-cart dilihat dari pixel Facebook Anda dalam website setelah orang meng-klik atau melihat iklan Anda.
  • Cost Per App Install: rata-rata biaya untuk menginstall aplikasi Anda sebagai hasil iklan.
  • Cost Per Initiate Checkout (Facebook Pixel): rata-rata biaya untuk action checkout yang dilihat dari pixel Facebook Anda dalam website setelah orang meng-klik atau melihat iklan Anda.
  • Cost Per Purchase (Facebook Pixel): rata-rata biaya untuk setiap pembelian yang dilihat dari pixel Facebook Anda dalam website setelah orang meng-klik atau melihat iklan Anda.
  • Cost Per Click (Link): rata-rata biaya untuk setiap klik link yang diterima dari iklan Anda.
  • Cost Per Result: rata-rata yang Anda bayarkan untuk setiap action yang berhubungan dengan objective iklan Anda.
  • Results: angka action sebagai hasil dari iklan Anda. Hasil ini bergantung pada objective iklan Anda.
  • Cost Per Lead (Facebook Pixel): rata-rata biaya untuk lead yang didapat dari pixel Facebook Anda dalam website setelah orang meng-klik atau melihat iklan Anda.
  • Cost Per Add Payment Info (Facebook Pixel): biaya rata-rata untuk setiap informasi pembayaran yang didapat dari pixel Facebook Anda dalam website setelah orang meng-klik atau melihat iklan Anda.
  • Cost Per Complete Registration (Facebook Pixel): biaya rata-rata untuk setiap registrasi yang didapat dari pixel Facebook Anda dalam website setelah orang meng-klik atau melihat iklan Anda.
  • Frequency: angka rata-rata dari jumlah iklan Anda yang ditampilkan ke setiap orang.
  • Impressions: angka iklan Anda ditampilkan. Di aplikasi mobile, sebuah iklan yang terhitung ditampilkan apabila muncul pertama kali. Sedangkan di tampilan Facebook lainnya, sebuah iklan ditampilkan pertama kali dalam News Feed atau setiap kali ditempatkan di kolom kanan Facebook.
  • Lifetime Spent: jumlah uang yang Anda bayarkan sejauh ini.
  • CPM (Cost Per 1,000 Impressions): rata-rata biaya yang Anda bayarkan untuk setiap 1,000 impression dalam iklan Anda.
  • Reach: jumlah orang yang ditampilkan iklan Anda. Sama dengan unique impressions.
  • Daily Spent: jumlah biaya yang sudah Anda habiskan hari ini.

kondisi-dalam-membuat-rules-atau-aturan-iklan-kampanye-anda

Setelah menentukan kondisi untuk diaplikasikan dalam aturan yang dibuat, Anda bisa mengatur custom value. Misalnya, Anda membuat aturan yang menyatakan jika Lifetime Spent lebih besar dari $500 dan Frequency lebih besar dari 5, matikan kampanye Anda. Artinya ketika Anda menambahkan beberapa kondisi untuk satu aturan, kondisi tersebut harus saling sesuai sebelum ada action. Jika Anda mengingkan sebuah action terjadi ketika lebih dari satu kondisi bertemu, buatlah aturan terpisah untuk masing-masing kondisi.

Untuk membuat Automated Rules, Anda bisa masuk melalui Power Editor atau Ads Manager.

fitur-automated-rules-dapat-diakses-melalui-ads-manager-maupun-power-editor

Pada bagian atas kanan, pilih “create rule” yang akan memberlakukan aturan untuk semua kampanye Anda. Setiap kali Anda ingin membuat aturan yang hanya berlaku untuk satu kampanye, sebaiknya Anda masuk ke kampanye tersebut, dan atur pilihan Automated Rules dari sana. Dalam bagian dropdown yang berbeda, Anda bisa memilih pada level apa aturan Anda berlaku (kampanye, ad set atau ad level). Setelah memilih levelnya, Anda bisa memilih jenis automatic action apa yang akan dilakukan oleh Facebook.

Sama seperti kampanye, Anda juga bisa memberi nama untuk aturan yang dibuat agar lebih mudah dalam melakukan pencarian.

tampilan-automated-rules

Menurut Facebook, sebuah akun iklan dapat membuat hingga 100 aturan (termasuk aturan yang aktif maupun non-aktif). Aturan yang Anda buat akan dicek setiap hari mulai dari jam 12.00 (menyesuaikan zona waktu akun Anda), dan akan berjalan terus hingga Anda menghentikan aturan tersebut. Untuk mengubah, menyalakan atau mematikan aturan yang sudah dibuat, masuk ke Power Editor, klik pada menu dropdown di samping tombol “Create Rules”, dan pilih “Manage Rules.” Di sini Anda juga bisa melihat aktivitas aturan  yang sudah dibuat.

Daripada mengecek ad campaign Anda setiap hari, Automated Rules bisa memperingatkan Anda atau mematikan iklan yang tidak memberikan hasil yang Anda inginkan tanpa bergantung pada Anda untuk secara manual memantau iklan setiap hari. Facebook menyatakan fitur ini masih terus dibagikan dan mungkin masih belum tersedia bagi sebagian orang.

Baca Juga

Algoritma Baru Facebook Memblock Headline Clickbait

Facebook Tidak Mengijinkan Konten Sponsor Kecuali Page Anda Verified

Apa Itu A/B Testing dalam Iklan Facebook dan Bagaimana Melakukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *