8 Faktor Utama yang Mempengaruhi SEO Platform Ecommerce Toko Online

8 Faktor Utama yang Memengaruhi SEO Platform Ecommerce

Bagi setiap pemilik website, SEO (search engine optimization) merupakan aspek terpenting. Namun, hanya sedikit ecommerce / toko online yang tahu pentingnya SEO. Penelitian telah menunjukkan bahwa 44% dari seluruh pembelian online dimulai dari pencarian secara online. Artinya setiap pesanan lainnya di ecommerce Anda berasal dari search result.

Meskipun demikian, kebanyakan pemilik bisnis tidak menyadari pentingnya SEO ketika membuat platform ecommerce. Sementara beberapa platform hanya menawarkan fitur SEO standar, yang lainnya meminta biaya tambahan untuk pilihan add-on.

Baca Juga : Belajar Mencari Uang Dari Jualan Online Dengan Reseller Dropshipping di Sini

Mengapa SEO penting untuk platform ecommerce?

Mari kita lihat contoh dari beberapa toko online yang menjual produk dekorasi rumah. Salah satu produknya adalah tempat lilin vintage. Anggap saja Anda memberi nama tempat lilin tahun 60’an sebagai “Peacock”. Karena keterbatasan platform ecommerce Anda, namanya mungkin menjadi judul dari product page, URL page dan juga nama produk di site navigation.

Banyak pelanggan yang mungkin tidak mencari menggunakan istilah tersebut yaitu “tempat lilin peacock”, tapi malah, mencari “tempat lilin vintage tahun 60an”. Pemilik toko ecommerce sering menemukan masalah ini ketika mereka sudah menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk marketplace mereka. SEO menjadi aspek terpenting ecommerce dalam menemukan produk, jadi mengabaikan SEO bisa merugikan bisnis Anda.

Inilah daftar faktor ranking SEO yang sangat direkomendasikan untuk setiap platform ecommerce. Ketika ingin memilih platform yang tepat, fitur-fitur berikut ini harus Anda perhitungkan.

1. Navigation Links

Merupakan teks yang muncul untuk produk dan juga kategori di menu navigasi website. Kebanyakan platform ecommerce secara otomatis menghasilkan teks yang sesuai dengan nama produk. Agar dapat mengoptimasi toko ecommerce Anda untuk search engines, disarankan platform yang Anda gunakan memiliki pengaturan sendiri untuk navigation links.

2. Page Titles

Sejauh ini Page Titles merupakan aspek terpenting untuk product page apapun. Seringkali disarankan agar product page memiliki korelasi yang kuat untuk Page Title; memasukkan kata kunci utama merupakan cara yang tepat. Namun, beberapa platform ecommerce secara otomatis menghasilkan page titles yang berhubungan dengan nama produk serta produk kategori.

3. Page URL

Page URL merupakan lokasi page seperti yang ditunjukkan dalam address bar browser. Kenyataannya adalah dengan memiliki URL search engine yang dioptimasi akan menghasilkan ranking oage yang tinggi. Namun, mayoritas platform ecommerce tidak mempedulikan permalink mereka. Mereka akan secara otomatis menghasilkan page URL berkaitan dengan nama produk dan kategori. Dalam menghasilkan SEO yang baik, harus ada pengaturan sendiri untuk page URL.

4. Meta Descriptions

Tujuan utama meta tags adalah menyediakan ringkasan singkat dari konten webpage Anda di dalam search listing (daftar pencarian). Fitur ini bisa memberi dampak yang besar terhadap search visitor untuk membuka (klik) linknya atau tidak. Kebanyakan platform ecommerce tidak memberikan pengaturan Meta tags dan secara otomatis menggunakan deskripsi yang muncul di page itu sendiri. Sedangkan meta description yang efektif harus berbeda dari deskripsi yang digunakan dalam product page. Di sini Anda perlu fokus untuk menambahkan kata kunci yang sering digunakan dan juga penawaran yang unik.

5. Image ALT Tags

Fitur ini menambahkan teks ke gambar produk, untuk menjelaskan produk tersebut kepada search engine dan juga user, yang tidak bisa melihat gambar di browser mereka. Tentu saja fitur ini memiliki dampak yang kuat untuk peringkat gambar di Google image search. Dalam banyak hal, beberapa platform ecommerce tidak memiliki pilihan untuk mengubah ALT tags atau bahkan tidak memiliki pilihan untuk menambahkan ALT tags.

6. Canonical Tags

Mayoritas toko ecommerce harus menghadapi masalah mengenai similar content dari beberapa pages. Contohnya, baju hijau unisex bisa saja ditampilkan dalam kategori bagian pria, wanita, pakaian dan juga nama brand.

  • yourstore.com/men/green-unisex-shirt
  • yourstore.com/women/green-unisex-shirt
  • yourstore.com/shirt/green-unisex-shirt
  • yourstore.com/brand/green-unisex-shirt

Search engine akan melihat URL ini sebagai page yang terpisah, dengan konten yang serupa. Mungkin hal ini bertentangan dengan platform ecommerce mengenai kebijakan duplicate content search engine dan akibatnya, bisa merusak peringkat page. Untuk mengatasi hal ini, platform ecommerce harus menggunakan canonical tags untuk menghindari duplicate content di mata Google. Bentuk tagnya adalah <link rel=”canonical” href=”http://buattokoonline.id” /> di mana URL yang ditampilkan di tag canonical adalah URL yang hendak dirankingkan di Google.

7. Integrated Blogging Platform

Setiap toko ecommerce menginginkan traffic dan cara terbaik menghasilkan traffic adalah dengan blog. Dengan blog Anda bisa membagikan cerita yang bisa mengconvert visitor menjadi customer. Namun, sejauh toko ecommerce yang ada saat ini, sedikit platform yang menyediakan blog yang terintegrasi sebagai fitur standar mereka.

8. Social Sharing button

Dalam perkembangan online saat ini, media sosial memainkan peran penting dalam menghubungkan bisnis dengan customer. Sangat penting bagi marketplace ecommerce untuk menggabungkan strategi media sosial marketing untuk mendapatkan customer baru. Platform yang Anda pilih harus memiliki fitur standar yang mendorong social share seperti menyediakan tool shareing sederhana bagi customer untuk web pages Anda bisa memberikan traffic yang sangat besar. Cara tersebut juga dapat menampilkan website Anda ke calon customer yang tidak akrab dengan toko Anda.

Kesimpulan

Memilih platform ecommerce untuk toko online Anda merupakan keputusan yang tidak bisa diremehkan. Di saat Anda harus fokus dengan fitur customizations dan cutting-edge, Anda juga harus mengingat poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Ketika desain dan fitur advance bisa membantu mengubah visitor menjadi pelanggan, SEO merupakan kunci utama dalam membawa visitor ke marketplace Anda.

Sumber: ventureburn

Baca Juga

SEO Dasar yang Sering Diabaikan Oleh Webmaster

Alasan Matematis Mengapa SEO Menjadi Strategi Jangka Panjang Terbaik

2 thoughts on “8 Faktor Utama yang Mempengaruhi SEO Platform Ecommerce Toko Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *