Facebook Audience Insight Untuk Meriset Audience / Interest Yang Anda Target

Audience insight adalah tool yang sangat berguna untuk melakukan targeting di Facebook, terutama untuk Anda yang ingin melakukan laser targeting di Facebook dengan goal sales conversion (biasanya jumlah audience sizenya tidak terlalu besar). Tool Facebook audience insight bisa Anda temukan di hamburger menu di bawah “Plan”. belajar FB ads apa itu audience insight
  1. Facebook Audience Insight Untuk Validasi suatu niche
    Untuk Anda yang lagi dalam proses mencari niche/produk untuk dijadikan bisnis (baik jangka panjang atau pendek) bisa melihat prosesnya dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih niche di sini
  2. Mencari Audience Mana Yang Bisa di A/B Test untuk Targeting
    Kalau goalnya mencari konversi, maka Anda harus menemukan most passionate audience. most passionate audience biasanya bukan berada di suatu interest dengan audience size super besar. Misalnya anda jualan kaos jersey terbaru atau merchandise Manchester United, daripada Anda mentarget “Manchester United” di kolom interest, akan lebih bagus jika Anda mentarget misalnya “Marcus Rojo”. Jualan merchandise golf ? daripada mentarget Tiger Woods (orang yang tidak tahu golf pun tahu dia), lebih baik coba mentarget “Rory Mcllroy” atau majalah/media khusus niche golf. Dari mana Anda tahu interest yang bisa ditarget seperti “Marcus Rojo” atau “Rory Mcllroy” ? Dari riset di audience insight. Jika Anda menjual hijab, daripada mentarget “baju muslim” yang terasa kurang spesifik, bisa mencoba mentarget “Nisrina Jilbab” atau “Benhijab” yang bisa Anda temukan di menu page likes audience insight. Anda juga bisa meng-klik link nisrina jilbab dan benhijab untuk melihat fanpagenya, cek seperti apa sih postingan mereka, apakah kira-kira audiencenya cocok untuk Anda ? Di contoh di bawah ini saya meng-klik gender Women dan memasukkan interest baju muslim belajar FB ads audience insight
  3. Affinity score untuk mengetahui keterkaitan suatu audience dengan fanpage lain
    Dengan audience insight Anda bisa mentarget audience dari kompetitor Anda Juga mengetahui audience dari kompetitor Anda me-like fanpage apa lagi sih ? di mana Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mentarget fanpage lain yang mereka likes. Dasar pertimbangannya adalah affinity score. Di contoh dibawah ini, dari 140K fans Weedo (kalau diklik linknya, sebenarnya likesnya ada 159 ribu, jadi angka yang muncul 140K mungkin angka likers aktif) ada 44,3K yang me like Hijabenka. Affinity scorenya adalah 812x (Facebook tidak membuka algoritma perhitungan affinity score ke public). Affinity score adalah seberapa besar fans Weedo yang melike Hijabenka.
belajar iklan Facebook - cara menggunakan audience insight Dalam kebanyakan kasus, jika Anda mentarget suatu interest yang mana orang-orangnya juga banyak melike fanpage lain di niche yang sejenis (memiliki affinity tinggi), maka Anda akan mendapatkan biaya yang cenderung lebih tinggi (baik cost per page post engagement atau cost per click, cost per conversion) terutama apabila produk atau sales message Anda cenderung tidak memiliki diferensiasi dengan produk dari fanpage yang sudah mereka likes. Tentu saja, karena audience seperti ini – yang banyak me-like fanpage lain yang sejenis – di timeline FBnya setiap hari kemungkinan besar sudah dijejali iklan atau status dari fanpage sejenis, jadi Anda harus memikirkan diferensiasi baik dari segi angle message atau produk.