Cara Aliexpress Dropship Part 4 : Menggunakan Facebook Audience Insight Untuk Memvalidasi Niche Anda

Niche yang Anda pilih dalam international dropshipping Aliexpress… harus memiliki uang di dalamnya.

Saran tentang memilih niche adalah, jika Anda ingin menjalankan bisnis ini selama lebih dari 3 tahun (mungkin .. 4-7 tahun? Tergantung pada tujuan Anda), jangan menghabiskan hanya satu hari untuk memilih niche yang ingin Anda targetkan.

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memvalidasi niche yang ingin Anda targetkan

  1. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki audience yang cukup besar untuk ditarget menggunakan Facebook ads. Dan interestnya “targetable” (dapat ditarget) di Facebook.
  2. Beberapa orang menggunakan aturan minimal 500,000 audience, beberapa menggunakan angka minimal 5- 10 juta audience.

Untuk memvalidasi dan memilih niche Anda, bisa menggunakan Facebook Audience Insight, tool dari Facebook untuk kita mengukur berapa banyak audience dengan interest tertentu ada di Facebook dan bisa ditargetkan menggunakan Facebook ads.

Beberapa kriteria dari niche yang bagus adalah  :

  1. Besar sizenya / ukuran audiencenya
  2. Mudah dijangkau dan BISA dijangkau di social media : banyak Facebook page yang terkait, niche tersebut punya influencer di Instagram, Twitter, Youtube – video niche tersebut di Youtube banyak tutorialnya, memiliki angka pencarian / Google organic search volume yang banyak. (Jumlah dan besarnya Facebook pages juga bisa merefleksikan besarnya niche tersebut)
  3. Audience yang passionate di niche tersebut, dan kadang-kadang irrasional, karakter lainnya : di niche tersebut mereka sudah membeli sesuatu. Salah satu contohnya : niche motor. Karakter lainnya, audience di niche yang bagus akan melakukan apa saja untuk memecahkan masalah mereka. Misalnya diabetes, kecanduan, weight loss, atau masalah kesehatan lainnya.

Untuk jangka panjang, Anda disarankan menghindari barang yang terkait copyright seperti Harry Potter, Marvel Superheroes yang bisa membawa Anda ke masalah legal, tetapi secara teori, ini adalah market bagus – Pokemon niche yang besar dan irrationally passionate. Anda sah-sah saja jika ingin sesekali mengetes niche seperti ini tetapi disarankan tidak dilakukan jangka panjang.

Contoh niche yang tidak ada copyright didalamnya adalah “dog”.

cara dropship dari aliexpress

Bagaimana dengan payung terbalik seperti ini ?

Pasti semua orang butuh payung, tetapi payung tidak mudah dijangkau di media sosial, tidak ada komunitas “I Love Umbrella”, tidak ada tutorial payung di Youtube. Apakah pecinta payung “irrationally passionate ?” tidak juga, payung hanya lolos kriteria nomor 1 di atas (big market). Bukan berarti Anda tidak bisa profit jualan payung, bisa saja, tetapi kemungkinan tidak bertahan lain dan Anda akan terus mencari barang lainnya.

Bagaimana dengan drone ? Orang-orang banyak yang memfollowing perusahaan drone seperti DJI, banyak tutorialnya juga di Youtube.

Anda juga bisa mengecek berapa besar suatu niche dengan menggunakan Google Trend.

Berikut ini pengecekan Google Trend untuk drone di seluruh dunia (karena di series article ini kita membicarakan dropshipping international dengan Aliexpress).

Kota-kota yang trending dengan topik drone.


Pengetahuan memilih niche ini diaplikasikan tidak hanya di dropshipping international dengan Aliexpress, tetapi untuk semua jenis bisnis.

Cara Mengukur Audience size dengan Facebook Audience Insight dan Melakukan  Validasi Niche

Pertama kita buka menu Facebook Audience Insight

bagaimana memakai Facebook Ads Audience Insight

Dan kemudian pilih semua orang di Facebook untuk awal.

cara menggunakan Facebook Audience Insight

 

Dan kemudian mengisi interest yang Anda inginkan dalam kotak interest di bagian kiri. Misalnya kita menggunakan contoh niche “Dog”.

Apa itu Facebook Audience Insight

 

Hasilnya adalah audience yang BIG, kita dapat melihat 50 juta-60 juta audience aktif per bulannya.  Jumlah yang sangat besar. Jika kita menggunakan parameter minimum 500 ribu, jadi ini adalah 10x lebih besar.

Dalam interface ini Anda juga dapat melihat bahwa 66% dari interest ini adalah perempuan. Di bagian bawah halaman ini Anda juga dapat melihat berapa banyak persentase interest ini adalah orang single dan berapa banyak yang menikah. Perhatikan bahwa biasanya jika niche Anda terdiri dari orang-orang yang sudah menikah , mereka bisa memiliki penghasilan lebih besar daripada yang single.

 

Mengukur individual Targetable Interest di Facebook Audience Insight

Kita perlu mengecek apakah interest tersebut memiliki cukup banyak fanpage untuk ditagetkan ?

Anda bisa klik tab “page likes” (lihat tanda panah)

 

Bila Anda menempatkan “Anjing” sebagai kata kunci Anda dapat melihat banyak top categories yang berkaitan dengan anjing. Seperti Comunity, website, dll Beberapa relevan, kadang-kadang tidak benar-benar relevan.

Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat banyak sekali fanpage terkait anjing yang dapat Anda targetkan.

cara menggunakan iklan FB ad audience insight

 

Jika Anda menemukan hanya 5 atau 10 fanspage yang dapat Anda targetkan, itu berarti Anda dapat memikirkan kembali apakah niche Anda terlalu kecil.

Riset sepintas niche dog, terdapat banyak passionate people dan influencers di Youtube.

audience insight untuk validasi niche

Contoh lain dari memvalidasi niche Yu Gi Oh Niche (kartu trading dan anime) di USA

Anda dapat melihat dalam kategori top, ada banyak halaman yang sebenarnya tidak relevan, seperti Pokemon dan fanpage anime lain seperti Naruto, Toonami dll).

 

memakai Facebook audience insight insight on Facebook

 

Baca juga informasi internasional dropship lainnya

Dropshipping International : Menemukan Produk Untuk Dijual Dari Aliexpress Secara Reseller / Dropship

Daftar Toko Online Yang Menerima Reseller dan Dropship untuk Market Indonesia

 

 

Apa Itu Dropship ? Pengantar Dropshipping International Dengan Aliexpress dan Facebook Ads

 

 

Author: Nicholas Kharisma

hmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *