Google Kini Memberi Penalti Untuk Widget Links

google-memberi-penalti-untuk-widget-links

Belum lama ini Google mengingatkan webmaster untuk tidak menggunakan widget links sebagai strategi link building mereka. Google mengatakan “kami ingin menegaskan ulang kebijakan dalam membuat keyword-rich, hidden link atau low-quality link yang di-embed dalam widget yang disebarkan dalam berbagai situs.”

Google sebenarnya pernah menyinggung mengenai widget links pada Februari 2015, jadi disini Google ingin mengingatkan kembali. Tapi peringatan yang dipost dalam Google Webmaster Blog ini sepertinya berdampak pada Webmaster yang menerima notifikasi manual action di Google Search Console, jika mereka menggunakan widget link demikian.

Google menjelaskan bahwa meskipun “widget bisa membantu owner website menambah experience website dan meng-engage user” tapi ada “beberapa widget yang menambahkan link ke sebuah situs yang tidak secara resmi ditempatkan oleh webmaster dan mengandung anchor text yang tidak dikontrol oleh webmaster.” Kita asumsikan Google sudah banyak melihat kejadian ini dan dengan jelas mereka menyatakan “tindakan tersebut dianggap sebagai pelanggaran dalam Google Webmaster Guidelines.”

Google bahkan mempublish contoh widget yang melanggar guidelines:

contoh-widget-yang-melanggar-guideline



contoh-widget-yang-melanggar-guidelines

contoh-widget-yang-melanggar-guideline-google-webmaster

Menurut Google, widget link tersebut harusnya mencantumkan atribut rel=”nofollow” dalam widget link atau Google menyatakan “hilangkan semua linknya.” Jika Anda seorang webmaster yang meng-embed widget ini, Anda harus menghilangkan widgetnya jika memiliki link ini atau menambahkan rel=”nofollow” dalam widget link atau bahkan menghapus semua linknya.

Jika tidak, mungkin sebentar lagi Anda akan mendapatkan manual action akibat penggunaan link tersebut. Mungkin hal ini akan berlaku dalam seminggu lagi tapi kita lihat saja nanti.

Baca Juga

8 Faktor Utama yang Mempengaruhi SEO Platform Ecommerce Toko Online

Alasan Matematis Mengapa SEO Menjadi Strategi Marketing (Jangka Panjang) Terbaik

Lazada Saja Sudah Gunakan Strategi UKM Untuk Meningkatkan Omzet, Masa Anda yang UKM Tidak?

1 thought on “Google Kini Memberi Penalti Untuk Widget Links”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *