Tutorial dan Cara Setting SSL Website Untuk Mengupgrade Website Anda Dari HTTP Jadi HTTPS

https

Mensetting HTTPS untuk website Anda bisa dibilang penting-tidak penting. Penting karena Google sudah beberapa kali mengatakan bahwa memiliki website dengan HTTPS akan membantu ranking Anda (Baca : https://webmasters.googleblog.com/2014/08/https-as-ranking-signal.html), tidak penting karena banyak praktisi SEO yang mengatakan pernyataan Google tersebut tidak terlalu ngefek. Kalau saya sih, ngikutin aja apa kata mbah.

Berikut ini tutorial setting HTTPS yang saya ambil dari Dewaweb.com, salah satu provider cloud hosting yang selama ini banyak membantu saya dalam membangun bisnis.

 

Perhatian: Untuk menggunakan Let’s Encrypt SSL, maka Cloudflare yang bisa dipakai adalah Cloudflare for Business dan di-setup langsung dari
Cloudflare.com, tidak bisa menggunakan Cloudflare + Railgun gratis dari cPanel Dewaweb. Ini dikarenakan konfigurasi SSL harus di-setup di tiap server Cloudflare dan bukan hanya di server Dewaweb saja.

Tiga alasan utama kenapa website kamu harus menggunakan SSL (HTTPS) adalah untuk meningkatkan keamanan website, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan juga menaikkan ranking website di Google.

Let’s Encrypt adalah organisasi non-profit baru dari Linux Foundation yang menyediakan SSL gratis untuk semua pemilik website. Let’s Encrypt SSL gratis dan menawarkan perlindungan enkripsi standard, tapi tanpa warranty seperti SSL Certificates komersial dari RapidSSL, GeoTrust, Thawte dan Symantec.

Dewaweb Cloud Hosting memberikan kemudahan untuk semua pelanggan melakukan instalasi Let’s Encrypt SSL di websitenya hanya dalam waktu kurang dari 10 menit!

1. Silahkan masuk ke cPanel dan klik icon “Let’s Encrypt SSL”

setting https

2. Setelah itu, di halaman Let’s Encrypt, silahkan pilih hostname domain yang mau di-install SSL, kemudian klik tombol “Issue Multiple” (kalau lebih dari satu hostname dipilih) atau “Issue Single” (kalau hanya ada satu hostname).

setting https

 

3. Let’s Encrypt SSL akan di-install dan otomatis diperpanjang setiap tahun.

4. Test instalasi SSL di website SSLLabs.comsemua SSL yang di-install di server Dewaweb dijamin mendapatkan minimal grade A atau A+!

Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi redirect URL website kamu dari http ke https. Kalau kamu menggunakan CMS seperti WordPress, masuk ke wp-admin dan klik di menu Settings – General, kemudian edit WordPress Address dan Site Address ke https://www.namadomainanda.com seperti screenshot di bawah ini:

setting https website

Untuk Joomla, masuk ke menu “Global Configuration” dan pilih option “Force SSL: Entire Site”.

setting ssl joomla

Kalau website kamu tidak menggunakan WordPress atau CMS lainnya tapi menggunakan script custom sendiri, silahkan masuk ke cPanel – Redirect dan setting di sana.

 

cara setting ssl https cpanel di website

 

Setelah itu, silahkan testing website kamu dan pastikan icon padlock (gembok) keluar di address bar browser. Semua file yang ada di website harus di-load dari https. Kalau tidak keluar padlock, berarti ada link ke file yang perlu diperbaiki. Silahkan gunakan tool di https://www.whynopadlock.com untuk mencari file-file mana yang perlu diupdate link-nya ke https.

Dengan Let’s Encrypt SSL, semua pelanggan paket Cloud Hosting Personal dari Dewaweb bisa menikmati SSL gratis dan meriah. Untuk pelanggan Cloud Hosting Corporates tetap mendapatkan free RapidSSL dari Symantec yang tentunya lebih bergengsi sedikit dari SSL gratis Let’s Encrypt dan ada warranty $10,000! 🙂

Silahkan mencoba dan semoga tutorial ini membantu. Kalau butuh bantuan, jangan ragu untuk menghubungi Ninja Support Dewaweb yang senantiasa siap membantu 24/7!

 

Baca Juga Informasi SEO dan Google Lainnya

Google : Anda Bisa Teranking Di Keyword Dengan Persaingan Medium Tanpa Backlink

 

Meningkatkan Jualan Online Anda Selama Bulan Ramadhan Dengan Mengetahui Data Digital Dari Google

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *