Strategi 3H YouTube yang dapat Meningkatkan Content Marketing Anda

Dalam dokumen YouTube, mereka menyarankan Anda untuk membagi content marketing menjadi tiga jenis untuk membantu menarik audience, engage dan mempertahankan pelanggan potensial dalam bisnis Anda.

Google pernah merilis “The Youtube Creator Playbook for Brands” (PDF) pada tahun 2013 untuk membantu sebuah perusahaan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi video content marketing di YouTube. Banyak saran yang bisa Anda praktekkan untuk membuat konten dalam bentuk lain, bahkan konten tertulis.

Baca Juga: Buattokoonline.id Workshop: Intro Content Marketing untuk Toko Online

Salah satu bagian yang paling mudah diadaptasi pada YouTube adalah tiga tipe konten yang dapat digabungkan sebagai konten yang komprehensif. Tipe tersebut adalah Hygiene, Hub, dan Hero, yang dibuat untuk menarik perhatian orang terhadap konten Anda.

Entah bisnis Anda memposting artikel atau membuat video, Anda bisa menerapkan tipe konten Youtube ke dalam strategi content marketing Anda.

Tipe Konten: Hygiene

YouTube menyebut kategori pertama konten sebagai Hygience. Secara teknis istilah hygiene (kebersihan), menggambarkan praktek menjaga kesehatan melalui kebersihan. Jadi dengan kata lain, dengan hygiene, Anda menjabarkan konten untuk mengelola hubungan atau mempertahankan content marketing Anda.

Mungkin, Anda bisa menyebut konten ini “bermanfaat” atau “memecahkan masalah”, bahkan “cara/tips.” YouTube menjabarkan tipe ini sebagai konten yang memenuhi “apa yang dicari oleh audience Anda untuk brand atau industri perusahaan Anda.” Tipe ini merupakan tutorial yang menjabarkan cara melakukan sesuatu; video produk yang menjelaskan bagaimana menggunakan sebuah produk; panduan unuk membantu pemembeli menemukan hadiah yang tepat untuk orang tercinta.

Konten ini bermanfaat untuk menarik penonton, dan berguna untuk orang-orang yang menemukannya.

Beberapa contoh ini mungkin bisa membantu. Pertama, ini adalah video yang menggambarkan cara dasaar dalam mengelola peternakan lebah. Video ditayangkan untuk pertama kalinya pada tahun 2015. Konten ini merupakan video how-to yang mungkin dicari orang dalam YouTube atau Google.

Berikut ini adalah contoh video kedua. Retailer menjawab pertanyaan yang dilontarkan, “Bagaimana cara saya mengaktifkan hydrangea biru?” hal ini hanya dapat dijawab oleh seorang tukang kebun  dan jawabannya bisa Anda cari di YouTube atau Google.

Untuk contoh konten tertulis dalam kategori ini dapat Anda temukan disini.

Tipe Konten: Hub

Menurut YouTube, konten Hub adalah “konten yang Anda kembangkan secara teratur untuk memberikan perspektif baru untuk menyasarkan passion target audience Anda.”

Konten Hub akan selalu hidup. Artikel atau video konten Hub akan menarik pembaca dan penonton selama berbulan-bulan atau tahunan. Post semacam ini biasanya menggambarkan suatu peristiwa sejarah, sesuatu mengenai brand Anda, atau bahkan bagaimana produk Anda dibuat.

Jika konten Hygiene menjawab pertanyaan, konten Hub menceritakan sesuatu.

Salah satu contoh video yang terbaik dan terbaru dari konten Hub, mungkin sebuah film pendek berjudul Wild Turkey Bourbon Matthew McConaughey.

Video ini, merupakan profil perusahaan yang berdurasi enam menit, bukan sesuatu yang akan dicari dalam Google seperti mereka mencari artikel ‘how-to’, tapi sekalinya video ini ditemukan, maka akan membuat kesan yang sangat kuat. Sehingga banyak penonton yang akan men-share video ini.

Retailer pakaian pria Mr. Porter memiliki contoh konten Hub yang bagus dengan menghadirkan seniman Hugo Portuondo. Mungkin konten ini tidak akan dicari oleh pembeli, tapi ketika mereka menemukan video ini akan sangat menarik dan menghasilkan engagement.

contoh-tipe-konten-hub-untuk-content-marketing
Artikel seperti profil ini dari Mr Porter The Journal adalah salah satu contoh penghubung konten. Pembaca akan kembali setiap bulan untuk melihat versi terbaru dari The Journal.

Mr. Porter secara teratur memposting konten semacam ini, yang merupakan ciri khas  dalam kategori konten ini. Konten Hub seringkali dijadwalkan. Pembaca dan penonton akan kembali ke konten Hub, untuk mencari seri video terbaru.

Tipe Konten: Hero

Konten Hero merupakan panggung besar Anda, menurut YouTube. Konten Hero digunakan untuk masyarakat luas, audience yang besar dan Anda mempromosikan serta mendorong konten agar banyak dilihat orang. Konten Hero bisa berupa acara live streaming seperti webinar.

YouTube menyarankan Anda menggunakan konten Hero dan mempromosikan konten sebelum acaranya diadakan. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa pengenalan produk termasuk dalam konten Hero. Contohnya, FiberFix menggunakan cara yang unik untuk memperkenalkan produknya dalam pameran bisnis, iklan, dan YouTube.

Menggabungkan Konten 3H

Ketiga jenis konten di atas dimaksudkan untuk saling melengkapi. Mereka secara kolektif membantu bisnis Anda mendapatkan audience, engage, dan pada akhirnya, menjaga pelanggan potensial.

Pertimbangkan perencanaan konten, dengan membuat konten how-to (Hygiene) secara teratur dalam setahun. Mungkin, hal tersebut bisa menjadi goal perusahaan untuk menjawab beberapa pertanyaan yan gmuncul setiap minggunya atau mungkin mempublish artikel atau video how-to setiap bulan. Konten ini akan menarik pengguna untuk mencari informasi yang bermanfaat.

Konten Hub juga harus dirilis secara teratur sepanjang tahun. Konten ini harus dijadwalkan, jika Anda mau. Mungkin, Anda mempublish serangkaian artikel pada hari Senin pertama di setiap bulan, seperti majalah bulanan. Atau Anda mempublish video baru setiap hari Kamis.

Tujuan Anda adalah untuk membuat konten yang akan dibaca kembali oleh pembaca dan penonton pada waktu yang sudah dijadwalkan.

Konten Hero adalah konten yang hanya perlu dibuat satu atau dua kali dalam satu tahun. Konten ini dibuat ketika Anda ingin menampilkan semua konten untuk digabungkan dengan channel marketing lainnya. Tujuan Anda adalah engage dengan jumlah audience yang besar, yang kemudian bisa diperkenalkan dengan bisnis dan konten Anda yang lainnya.

Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan ketiga tipe konten ini dalam strategi content marketing Anda.

Sumber: Practical Ecommerce

Baca Juga

3 Blog Ecommerce dan Toko Online Terbaik yang Harus Dibaca oleh Content Marketer

Data Facebook tentang Sharing Konten ini Menunjukkan Pentingnya Video untuk Bisnis Online Anda

10 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Tool Instagram Marketing

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *