Semua Backlink Tidak Memiliki Bobot yang Sama : 10 Konsep Penilaian Terhadap Backlink

Editor’s note : Search Engine Optimization (SEO) terbagi menjadi 2 prinsip utama : on page SEO dan off page SEO. Salah satu faktor penting dalam off page SEO adalah backlink. Yang perlu diketahui para founder Startup adalah backlink dari suatu website memiliki bobot berbeda-beda.

Di tahun 1997, founder Google menciptakan metode algoritma untuk mengukur kepentingan dan popularitas berdasarkan beberapa hal :

Links di web bisa diartikan sebagai vote yang diberikan oleh sumber untuk target
Semua vote, pada awalnya dianggap sama
Page yang mendapatkan vote lebih banyak akan menjadi lebih penting
Halaman yang lebih penting akan memberikan vote yang lebih penting
Vote page yang bisa memberikan adalah fungsi dari pentingnya suatu page, dibagi dengan jumlag votes/links yang ia berikan
Algoritma yang disebutkan tadi, yaitu PageRank, dan itu mengubah jalannya pencarian web, menyediakan value yang luar biasa ke Google pada kualitas dan relevansi di hasilnya. Di saat pengetahuan tentang PageRank menyebar, orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam mempengaruhi search rankings (SEO) menemukan cara untuk memanfaatkan informasi ini untuk website dan page mereka.

Namun, Google tidak berdiam diri atau beristirahat pada pencapaian mereka di bidang link analysis. Mereka berinovasi, meningkatkan sinyal seperti anchor text, trust, hubs & authorities, topic modeling dan bahkan aktivitas manusia untuk mempengaruhi bobot dari link yang terbawa. Namun, sayangnya, banyak orang di bidang SEO masih tidak menyadari perubahan dan bagaimana mereka mempengaruhi external marketing dan best practices dari link acquisition.

Postingan ini adalah tentang sepuluh prinsip dari link valuation. Di saat anda membacanya, mohon untuk dicatat ini tidaklah sulit. Sepuluh prinsip ini akurat berdasarkan pengalaman, testing, dan observasi oleh seomoz.org, tetapi dengan semua hal di SEO, ini adalah opini. Kami sangat ingin mendorong pembaca untuk mencobanya sendiri. Tidak ada yang lebih baik belajar SEO selain dengan mencoba dan bereksperimen sendiri.

1. Link yang berada pada bagian atas HTML code memberikan vote yang lebih powerful

Berdasarkan gambar, link yang berada di atas dari suatu page akan memberikan vote/ranking yang lebih tinggi, artinya “A” mengalahkan ranking “B” begitu juga dengan “C” untuk kata kunci “fuzquatziik”.

Banyak test yang lain, begitu juga korelasi dan ranking model data telah menunjukkan bahwa dengan memiliki keyword di depan title dapat menghasilkan ranking yang lebih tinggi. Itu kenapa, “B” seharusnya dapat mengalahkan “A”. Akan tetapi karena kekuatan dari “link yang lebih tinggi memberikan ranking yang lebih baik”, itu sebabnya “A” masih dapat mengalahkan “B” di skenario test di atas.

 

2. External links lebih berpengaruh dibanding internal links

Search engine sering berpesan bahwa apa yang orang lain katakan tentang anda itu lebih penting dari apa yang anda katakan tentang diri anda sendiri. Prinsip ini juga berlaku ketika anda membandingkan external links vs. internal links.

 

3. Links dari unique domain lebih penting daripada link dari situs sebelumnya

Dari hasil penelitian terkait Serps (Search Engine Result Page), lebih baik untuk memiliki 50 links dari 50 domain yang berbeda dari pada 500 link dari situs yang telah terhubung dengan anda.

 

4. Links yang bersumber dari situs  yang terpercaya dapat memberikan value yang lebih

Banyak paten aplikasi yang terkait search dan juga catatan dari para search engineers yang berpengalaman menyebutkan bahwa links yang berasal dari domain yang highly trusted dapat memberikan ranking yang lebih baik.

 

5. Links yang berasal dari “dalam” unique content memberikan value yang lebih dibandingkan links dari footers/sidebar/navigation

Tentunya, links yang berasal dari unique/relevant content dapat memberikan ranking yang lebih baik, impact yang positif, dan juga menghindari spam daripada link yang berasal dari footer, sidebar, dan navigation.

 

6. Keyword di HTML text memberikan value yang lebih daripada yang ada di Alt Attributes dari linked images

Berdasarkan ujicoba oleh Moz.com, anchor text yang ada di HTML dapat memberikan potensi dan value yang lebih besar dibandingkan alt attributes di dalam image links. Ini tidak berarti bahwa kita harus membuang/tidak menggunakan image links, badges ataupun alt attributes.

 

7. Links yang berasal dari situs yang lebih penting, lebih terpercaya, dan popular memberikan value yang lebih (bahkan dari pages yang kurang penting)

Kita mungkin sering mengalami perasaan sedih melihat competitor  yang terhubung dari page yang kurang kuat (mis.random unpopular page dari situs CNN) dapat mengalahkan kita. Ini mungkin bisa dijelaskan oleh value dari domain untuk memberikan link tersebut. Ini juga bisa membantu search engine untuk  melawan spam dan menyediakan hasil yang lebih terpercaya (trusted).

 

8. Links yang berada di NoScript Tags memberikan value yang lebih rendah (dan mungkin tidak ada value)

Selama bertahun-tahun, fenomena ini dilaporkan dan bertentangan berkali-kali. Hasil testing kami : noscript link tidak memberikan value, tetapi ini mungkin tidak benar dalam setiap kasus.

 

9. Munculnya sejumlah besar dari backlink-backlink yang baru mungkin dapat membuat website Anda (atau link Anda) memenangkan kompetisi yang ketat di search engine secara sementara (atau juga secara bertahap)

Ketika sebuah page mendapatkan sejumlah baclink yang relatif banyak dalam waktu pendek, algoritma search engine dapat mengartikan ini sebagai sinyal bahwa halaman atau URL tersebut baru dan sangat berguna/menarik/updated. Links yang trending secara sementara ini, bahkan dapat memberikan dorongan yang menempatkan page di posisi Serps yang baik.

 

10. Page yang memiliki outbond link ke WebSpam mengkin dapat mendevaluasi link lain yang ada di halaman tersebut 

Link yang dikenal spam (bahkan dengan mengimplementasikan rel=nofollow) dan jumlah keyword beracun yang tinggi atau anchor text yang termasuk niche yang terlalu komersial/agresif dapat menurunkan kemampuan halaman URL tersebut (dalam contoh di atas : seomoz.org) untuk perform dengan baik di ranking dan menurunkan link value yang diberikan.

Sumber : Moz

Author: Rhein Mahatma

mimin

2 thoughts on “Semua Backlink Tidak Memiliki Bobot yang Sama : 10 Konsep Penilaian Terhadap Backlink”

  1. Bagaimana mendapatkan backlink dari Links yang bersumber dari situs yang terpercaya seperti [dot]gov?

    Salam,
    Nur Kholis

    1. Anda harus mencari situs extension yang dapat kita akses untuk memasukan link
      kontekstual min 300 kata dalam sebuah konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *