Peta E-Commerce Indonesia V.2.0 Temuan baru dari iPrice

  1. Lazada semakin unggul dari Tokopedua dari segi pengunjung perbulan

Sebagai pemain lokal, Tokopedia secara terus menerus mengejar Lazada dari segi visitor perbulan. Pada Peta E-Commerce Indonesia versi 1.0, visitor perbulan Lazada adalah 49.000.000, sedangkan Tokopedia sebesar 39.666.000, hanya berbeda 300.000.

Dalam data terbaru peta E-Commerce Indonesia, visitor perbulan Lazada meningkat menjadi 51.133.000, memperbesar jarak dengan Tokopedia yang memiliki visitor perbulan sebesar 46.533.000.

 

  1. Blibli menjadi mendominasi media sosial

Di Indonesia, Blibli merajai 2 dari 3 media sosial yang menjadi parameter di Peta E-Commerce Indonesia yaitu Facebook dan Twitter.

Jumlah fans Blibli di Facebook adalah sebesar 3.703.000, terpaut 1.100.000 dari Tokopedia yang menempati posisi kedua. Jumlah followers Blibli di Twitter adalah sebesar 418.000, lebih besar 297.000 dari Tokopedia.

 

  1. E-Commerce Fashion merajai Instagram

E-commerce dengan tipe fashion merajai media sosial Instagram. Dari 10 e-commerce dengan jumlah followers terbanyak di Instagram, 50% nya adalah e-commerce dengan tipe fashion.

5 e-commerce itu adalah Hijup dengan jumlah pengikut 541.000, 8wood dengan 262.000, Brodo dengan 211.000, Zalora dengan 200.000 dan juga Hijabenka dengan 153.000.

Hal ini disebabkan oleh karakteristik e-commerce fashion yang mementingkan aspek visual dari barang-barang yang mereka jual. Instagram merupakan tempat yang paling tepat bagi mereka dalam memaparkan foto-foto barang yang mereka jual dengan kualitas yang baik.

  

  1. Alfacart mengalahkan Matahari Mall dalam segi visitor perbulan

Alfacart dan Mataharimall sama-sama berawal dari bisnis offline yang kemudian masuk ke ranah online. Dalam Peta E-Commerce Indonesia V.1.0 jumlah pengunjung bulanan Alfacart masih berada dibawah Mataharimall, yaitu 16.000.000 VS 18.000.000.

Namun, pada data terbaru Peta E-Commerce Indonesia, Alfacart berhasil memperbesar jarak dengan Mataharimall. Pada Q1 2017, visitor perbulan Alfacart adalah sebesar 17.000.000. Sedangkan Mataharimall turun ke angka 7.500.000.

Bulan Maret lalu, Alfacart juga mengumumkan kerja sama dengan Unilever untuk memperkuat sektor “Groceries”.

 

  1. Bhinneka Raja E-Commerce Tipe Teknologi

Bhinneka, sebagai e-commerce yang berfokus pafa teknologi dan gadget mendominasi semua parameter.

ecommerce Indonesia - Bhinneka

  1. Zalora mendominasi E-Commerce tipe Fashion

 

Dari 6 parameter yang ada di Peta E-Commerce Indonesia, Zalora menjadi juara pada 4  parameter:

  1. Visitor perbulang paling tinggi
  2. Jumlah app installs paling tinggi
  3. Jumlah followers Twitter paling tinggi
  4. Jumlah fans Facebook paling tinggi

 

  1. Top 10 E-commerce berdasarkan Visitor Perbulan

 

No Monthly Visits
1 Lazada
2 Tokopedia
3 Elevenia
4 Bukalapak
5 Blibli
6 Alfacart
7 JD.ID
8 Mataharimall
9 Blanja
10 Bhinneka

 

  1. Top 10 E-commerce berdasarkan App Installs

 

No App Installs
1 Ali express
2 Lazada
3 Tokopedia
4 Zalora
5 Bukalapak
6 Alfacart
7 Mataharimall
8 Qoo10
9 Blibli
10 Elevenia

 

  1. Top 10 E-commerce berdasarkan Followers Twitter

 

No Twitter
1 Blibli
2 Lazada
3 Bukalapak
4 Bukupedia
5 Elevenia
6 Tokopedia
7 Mataharimall
8 Bhinneka
9 Zalora
10 Hijup

 

  1. Top 10 E-commerce berdasarkan followers Instagram

 

No Instagram
1 Hijup
2 Lazada
3 8wood
4 Mothercare
5 Mataharimall
6 Tokopedia
7 Brodo
8 Zalora
9 Bukalapak
10 Hijabenka

 

  1. Top 10 E-commerce berdasarkan Fans Facebook

 

No Facebook
1 Lazada
2 Zalora
3 Blibli
4 Tokopedia
5 Bukalapak
6 Mataharimall
7 Brodo
8 Elevenia
9 Bhinneka
10 Alfacart

 

  1. Top 10 E-commerce berdasarkan Jumlah Karyawan

 

No Employees
1 Mapemall
2 Lazada
3 Tokopedia
4 Bhinneka
5 Bukalapak
6 Mataharimall
7 Blibli
8 Zalora
9 Alfacart
10 Elevenia

Sumber Data Peta E-Commerce Indonesia

 

Baca Juga Informasi Eommerce Indonesia Lainnya :

Data Konsumen dan Potensi Perkembangan Ecommerce Indonesia 2016

Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Saat Ini

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Peta E-Commerce Indonesia V.2.0 Temuan baru dari iPrice”

  1. sekarang web e-commaerce dan masyarakat indonesia sudah semakin familiar, sudah tidak asing lagi, karena semakin maju dan ikutnya perkembangan jaman yang semakin menglobal pasar online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *