Pentingkah Livechat Untuk Website Olshop ? Statistik dan Tips Free Live Chat Untuk Toko Online

free live chat untuk website toko online

Live chat baik itu berbayar atau free banyak digunakan oleh toko online untuk secara live membantu visitor website apabila mengalami kesulitan dalam proses pembelian.

Karena saya menggunakan woocommerce sederhana, maka plugin free live chat untuk toko onlineyang saya gunakan adalah WP Facebook Messenger dan WP Live Chat Support.

Kenapa toko online perlu livechat ? Singkatnya adalah untuk menghindari cart abandonment. Salah satu alasan buyers meninggalkan cart toko online (abandon cart) Anda bisa terkait proses yang membingungkan dan kompleks di checkout page. Customer yang bingung perlu dibantu secara real time lewat livechat. Hal ini bisa meningkatkan konversi dan sales.

 

Statistik tentang livechat untuk online shop

live chat untuk olshopPenelitian tentang livechat dari emarketer menunjukkan bahwa pembeli online yang menggunakan live chat lebih banyak melakukan pembelian online setidaknya sekali seminggu (40%) daripada pembeli yang tidak pernah menggunakan chat. Responden yang tidak pernah menggunakan livechat adalah customer yang jarang melakukan pembelian, sebanyak 36% melakukan pembelian sekali sebulan, dibandingkan hanya 18% dari para chatter.

 

free livechat untuk toko online

Sebagian besar “live chatter” merasa puas untuk kembali lagi ke website toko online. Hal ini sangat penting, apalagi kalau lagi masa resesi di mana semua bisnis kesulitan mengeluarkan biaya akusisi customer.

63% dari responder yang menggunakan live chat mengatakan bahwa mereka kemungkinan besar akan kembali ke toko online tsb.

62% responden melaporkan akan membeli dari website toko online tsb. Sedangkan 38% responden menyatakan bahwa mereka melakukan pembelian karena adanya fitur live chat.

Pendapat ini bahkan lebih kuat di kalangan responden yang membeli online setidaknya sekali seminggu.
live chat ecommerce indonesia Live chat di website olshop tidak bisa menyelesaikan semua masalah ecommerce. Dalam survey customer service di Amerika, menemukan bahwa pembeli online lebih memilih bantuan lewat telpon (click to call) ketika menghadapi problem bersifat teknis, informasi sensitif atau uang dalam jumlah besar.

 

 

Tingkat konversi live chat di berbagai ecommerce / industri yang berbeda

Conversion rate dari ecommerce pada umumnya ada di angka 0,5 – 2%. Namun angka ini meningkat pada saat mereka sudah menggunakan livechat. Beberapa report di berbagai industri menyebutkan angka sebagai berikut

Beberapa tips untuk meningkatkan omzet jualan online dari live chat

  1. Memilih PIC yang tepat untuk chat dan available 24/7. Diberikan training dengan benar dan insentif untuk performance. Jika tidak diberikan training dengan benar, justru bisa mengurangi konversi.
  2. Memonitor volume chat dalam periode 24 jam di minggu-minggu awal Anda memasangnya.
  3. Dalam beberapa kasus, jumlah chat bisa meningkat signifikan jika Anda tidak meminta nama atau email sebelum visitor bisa melakukan chat.

Semoga beruntung dengan live chat Anda !

 

Baca juga informasi lainnya tentang olshop / toko online :

 

 

Cara Membuat Toko Online : Memahami Dropshipping

 

Daftar Toko Online Yang Menerima Reseller dan Dropship untuk Market Indonesia

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *