Peluang Usaha Apa Saja Yang Cocok Untuk Mahasiswa ?

Anda seorang Mahasiswa ? Pastinya anda pernah berpikir apa sih yang bisa anda lakukan sekarang untuk mendapatkan uang tambahan. Biasanya anda memikirkan untuk memulai sebuah toko online, usaha kecil, dan berbagai jenis bisnis lainnya.

Hal ini tentunya sangat baik, karena memulai suatu usaha lebih awal tentu dapat bermanfaat untuk masa depan anda. Apabila anda memulai sebuah usaha dari sejak memulai kuliah lalu saat anda lulus anda sudah bisa menghasilkan pendapatan puluhan atau ratusan juta per bulan ? Maka sangat memungkinan anda sudah tidak perlu lagi mencari pekerjaan dan menjadi pengusaha sendiri.

Lalu apa saja jenis usaha yang sangat cocok dilakukan sebagai seorang mahasiswa ?

1. Peluang Bisnis Online Shop dengan Dropship

Memulai sebuah Online Shop tidak memerlukan modal yang besar apabila anda melakukannya dengan sistem dropship. Temukan produk-produk yang sedang tren/viral. Seperti contoh beberapa saat lalu ini adalah Jaket Jokowi yang populer.

Dropship Bisnis Mahasiswa

Anda bisa mencari supplier atau seller di beberapa E-Commerce maupun sosial media seperti Facebook, Instagram. Hubungin mereka dan cari tahu cara menjadi reseller. Memulai usaha ini hampir tidak memerlukan modal uang, anda cukup rajin mencari barang terbaru dan menghubungi para penjual dan tentu melayani pelanggan yang bertanya-tanya kepada anda.

Pengelolaan baik sosial media maupun akun e-commerce anda juga harus turut diperhatikan, beberapa hal yang bisa turut dipelajari bisa berupa digital marketing,

 

2. Peluang Usaha dengan Blog

Anda mungkin hobi menulis ? Atau anda menyukai beberapa niche tertentu ? Tidak ada salahnya membuat blog dan menulis tentang hal tersebut.

Peluang bisnis Blog Hobi yang cocok untuk mahasiswa

Sebagai contoh anda memiliki hobi otomotif, Anda bisa saja membuat blog/website tentang informasi atau berita otomotif terkini. Anda bisa juga membuat konten berupa tips, review produk dan lainnya. Hal ini biasanya sangat digemari oleh para peminat suatu niche.

 

Apabila Anda berpikir membuat sebuah blog tidak menghasilkan uang anda salah besar. Membuat blog membutuhkan dedikasi dan disiplin, apabila situs anda menghadirkan konten-konten berbobot dan terus berjalan pastinya reach dan traffic website anda akan terus meningkat. Disaat itu anda akan mulai menemukan pendapatan untuk situs anda.

Pelajari juga cara Digital Marketing atau SEO dalam mengelola situs Anda.

 

3. Usaha Kuliner / Makanan

Pastinya tidak ada orang yang tidak menyukai makanan lezat. Dan audience dari para pencari food blog juga cukup tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Anda apabila anda menyukai kuliner.

Peluang Usaha Kuliner Mahasiswa

Anda bisa membuat sebuah situs tentang review restoran, ataupun bila anda memiliki skill untuk memasak, anda bahkan bisa juga membuat situs dengan tutorial memasak. Kalau tidak bisa, anda bisa berjalan-jalan ke berbagai restoran dan memberikan review menurut anda bagaimana restoran tersebut. Tidak hanya itu, segmen kuliner bahkan bisa juga digabungkan dengan Travel, karena umumnya Travelling ini dapat berjalan bersama dengan Kuliner.

Tentunya anda memerlukan beberapa skill videografi/fotografi disini dan juga mempelajari beberapa guide dalam menggunakan sebuah software edit foto/video. Hal ini sudah bisa dengan mudah anda pelajari lewat Google dan juga Youtube. Anda bisa memulai dengan sebuah kamera yang terjangkau ataupun dengan smartphone anda, sesuaikan dengan Budget anda.

Namun saat anda sudah mulai berkembang nanti, pastinya ada harus mulai memikirkan untuk upgrade peralatan fotografi anda.

 

 

4. Peluang Bisnis Jasa Videografi / Fotografi

Apabila anda menyukai bidang videografi ataupun fotografi, anda bisa menjadikan hobi anda menjadi suatu keahlian dan menjadi suatu bisnis untuk Anda.

Pelajari lebih dalam terkait teknik-teknik fotografi ataupun cara menggunakan software fotografi untuk mengedit. Kembangkan portofolio Anda, bisa berupa lewat sosial media ataupun Blog pada tahap awal. Anda bahkan bisa menawarkan jasa fotografi/videografi anda secara gratis terlebih dahulu guna mengembangkan portofolio Anda.

bisnis Videografi Fotografi mahasiswa

Perlahan saat anda sudah memiliki cukup portofolio, dan sebuah situs serta sosial media yang update dengan konten, pastinya akan mulai ada klien yang menghubungi Anda, disaat ini anda sudah bisa mulai mengembangkan usaha fotografi/videografi anda menjadi lebih besar.

 

5. Peluang Bisnis Service Admin Sosial Media

Satu hal lain yang bisa anda manfaatkan sebagai mahasiswa adalah dengan menjadi seorang admin untuk sosial media baik Facebook, Instagram, Twitter dsb.

Admin Social Media

Anda tentunya perlu mempelejari beberapa hal terutama di facebook tentang Facebook Ads, Scheduled Posting tentang bagaimana kerjanya dan beberapa cara untuk menggunakannya dengan efektif.

Mempelajari hal-hal ini bisa sangat bermanfaat apabila nantinya anda membuat Blog anda sendiri ataupun menjual produk anda sendiri. Karena Facebook tetap sosial media terbesar di Dunia dan di Indonesia, anda harus mengetahui bagaimana memanfaatkannya dengan efektif.

6. Bisnis Riil

Tentunya hal paling umum adalah menjalankan Bisnis anda sendiri secara langsung. Namun hal ini paling membutuhkan modal terbesar baik secara finansial, waktu maupun ide.

Sebagai seorang mahasiswa, anda bisa membuat bisnis dengan mengajak beberapa teman anda bersama membangun sebuah bisnis. Dengan begitu pekerjaan serta modal yang diperlukan akan menjadi lebih ringan. Tentunya anda harus memilih teman yang menurut anda akan bermanfaat untuk bisnis anda ataupun teman yang memiliki dedikasi/ komitmen.

Sangat banyak bisnis yang bisa dijalankan, mulai dari kuliner berupa restoran hingga jasa laundry ataupun membuat sebuah produk seperti sepatu,kaos dan produk lainnya.

Jangan lupa untuk membuat business plan dari usaha yang ingin anda jalankan terlebih dahulu, lalu mencari saran atau nasehat dari pengusaha lain, kerabat, keluarga atau pihak lainnya supaya anda mendapatkan masukan berharga.

 

Kesimpulan

Kira-kira itulah beberapa jenis usaha yang bisa anda jalankan sebagai seorang mahasiswa. Semuanya memerlukan komitmen dan disiplin dari Anda agar bisa berjalan dengan sukses.

Tentunya anda juga harus turut mempelajari hal baru, dikarenakan pada zaman ini dimana teknologi terus berkembang dan munculnya teknologi terbaru.

Memulai lebih awal tentunya akan menjadi lebih baik dan bisa jadi Anda sudah tidak perlu lagi bekerja dibawah orang lain saat anda sudah lulus kuliah nanti.

 

Baca juga informasi barang untuk dijual online

Karakter Produk atau Barang Yang Cocok Dijual Oleh Pebisnis Reseller Dropship Melalui Facebook Ads

 

Belajar Copywriting Part 3 : Memahami Berbagai Pola NLP Copywriting Untuk Meningkatkan Omzet Jualan Online

 

Author: Nicholas Kharisma

hmm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *