Perusahaan konsultan Mckinsey & Co memprediksikan, bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan menjadi yang terbesar di dunia. Saat ini Indonesia berada di posisi ke enam sebagai negara dengan pasar terbesar di dunia, dengan memiliki USD 2 miliar pasar e-commerce.
Menariknya, perkembangan cepat bisnis e-commerce di negara ini ternyata tidak didukung oleh penetrasi penggunaan internet di Indonesia, yang ternyata hanya berjumlah 38 persen dari total penduduknya. Untungnya saat ini pemerintah tengah merampungkan proyek palapa ring yang dapat meningkatkan penggunaan internet. Proyek pembangunan serat optik yang menjangkau wilayah barat, tengah dan timur Indonesia tersebut diperkirakan juga akan meningkatkan industri retail online sebesar 5% tahun 2020 mendatang.
Diperkirakan nanti, akan ada sekitar 90 juta orang Indonesia bakal masuk ke orang yang berperilaku konsumtif pada tahun 2030. Selain itu, diperkirakan tahun 2030 71 persen penduduk Indonesia akan tinggal di daerah perkotaan, dengan demikan nantinya peluang bisnis online akan menjadi terbuka lebar.
“Kami telah melihat peningkatan tajam dalam pengunjung online sejak kami menetapkan diri di Indonesia,” kata Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia sebuah portal properti global.
Mart juga mengatakan, dengan semakin banyaknya penduduk Indonesia yang memiliki akses internet, akan membuat pasar real estate akan bergeser sepenuhnya ke online. “Nantinya akan pencarian properti akan banyak dilakukan melalui online,” ujar Mart.
Pasar e-commerce di Indonesia tumbuh berkembang dengan cepat, sehingga membuat pemain harus bisa beradaptasi dengan perubahan tren. Contohnya seperti Go-Jek, yang awalnya bermula dari layanan aplikasi untuk memanggil ojek, kini berkembang menjadi layanan untuk memesan tiket bioskop hingga urusan kecantikan.
Begitu juga dengan Lamudi ketika Lamudi Indonesia pertama kali memasuki pasar, awalnya perusahaan ini tidak memiliki aplikasi. Namun sekarang Lamudi telah memiliki aplikasi khusus untuk pencari rumah dan untuk agen properti.
Baca Juga
10 Prediksi Tren Ecommerce di Asia Tenggara 2016 oleh aCommerce
Liputan Event IDEA Kamis Commerce Bertema “Seberapa Bagus Strategi Marketing Ecommerce Anda?”
One thought on “Pasar E-Commerce di Indonesia Akan Menjadi yang Terbesar di Dunia”