Panduan Lengkap Memanfaatkan Google Plus Sebagai Senjata Bagi SEO Anda

Panduan lengkap pemanfaatan Google Plus sebagai senjata untuk meningkatkan traffic ini saya dapat di suatu workshop dimana salah satu pembicaranya adalah Juliyanto, ia adalah praktisi yang telah lama merasakan dan mendapatkan manfaat yang besar menggunakan Google Plus untuk meningkatkan ranking website di search engine. Berikut ini adalah panduan lengkap yang bisa segera anda praktekkan untuk di Google Plus untuk meningkatkan kekuatan SEO anda. Semuanya akan dirangkum di sini.

Sosial media memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan ranking suatu website karena sosial media bisa memberikan social signal yang memberitahukan search engine bahwa ada sejumlah orang yang men-share konten di website tersebut.

Ada banyak sosial media yang tersedia dan bisa segera anda gunakan dengan gratis, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Pinterest, dan masih banyak lagi. Tetapi, jika dibandingkan sosial media lainnya, Google Plus lebih efektif dan bisa memberikan social signal yang lebih besar di mata Google dibandingkan sosial media lainnya karena, ya jawabannya sederhana, Google Plus adalah produk ciptaan Google. Google pasti memprioritaskan produk mereka untuk muncul di halaman pertama dan memiliki SEO yang kuat.

Dari sisi tampilan, Google Plus bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan Facebook, tetapi dari sisi SEO, Google Plus jelas jauh lebih unggul. Semakin banyak orang yang membuka profil anda di G+, semakin naik popularitas profil anda di mata Google. Ini menunjukkan bahwa keberadaan anda dianggap penting oleh Google. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan profil anda di Google+ agar bisa memberikan link dofollow? Kali ini kita akan membahasnya lagi dengan lebih detil.

1. Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memanfaatkan G+ dalam profil anda adalah memasang foto wajah anda di profil. Foto ini bisa berupa foto orang lain dan bahkan tokoh kartun. Seperti yang dijelaskan Juliyanto, selama foto tersebut terdiri dari hidung, wajah, telinga, mata, dan sebagainya, Google bisa mendeteksi dan memverifikasi bahwa foto tersebut adalah manusia. Dan ingat, jangan pernah memasang logo perusahaan di foto profil anda karena Google tidak bisa mendeteksi logo dan tujuan dalam penggunaan G+ yang sedang kita bahas ini adalah untuk akun pribadi, bukan akun bisnis.

2. Yang kedua adalah hal dasar. Anda harus mengisi semua data-data terkait profilanda agar Google bisa mengetahui siapa anda sebenarnya. Sangat disarankan agar anda bisa mengisi data dengan lengkap, seperti jenis kelamin, alamat, pekerjaan, pendidikan dan sebagainya.

3. Yang ketiga adalah mengisi story di profil anda. Story ini adalah deskripsi yang menjelaskan siapa anda dan apa yang anda lakukan untuk hidup saat ini. Di Story, anda bisa menanamkan backlink atau anchor text di bagian introduction dan menebalkan tulisan supaya lebih mudah diindeks oleh Google. Link yang berada di sini adalah link dofollow, artinya link ini memberikan kekuatan ke situs yang dituju. Google menganggap link ini adalah link yang penting. Seperti apa yang dilakukan Juliyanto di bagian introduction pada screenshot di bawah ini.

4. Yang keempat sekaligus terakhir adalah dengan custom URL. Anda harus memiliki URL dengan nama anda sendiri di alamat profil Google Plus anda seperti gambar di bawah.

Cara mendapatkan custom URL adalah dengan masuk ke halaman about di profil dan isi custom URL di bagian Links. Lebih lengkapnya anda bisa kunjungi link ini. Adapun syarat yang harus anda penuhi untuk mendapatkan izin dari Google untuk mengisi custom URL adalah:

  • setidaknya anda memiliki 10 atau lebih follower
  • usia akun anda sudah mencapai 30 hari atau lebih
  • dan ada foto profil di akun anda

Empat cara di atas adalah bisa segera anda terapkan sekarang juga dalam profil anda.

Tidak hanya di bagian profil, di bagian postingan Google Plus, anda juga bisa meningkatkan ranking website anda di Google supaya bisa berdiri di halaman pertama dan berhasil menaikkan total pengunjung. Untuk meningkatkan jumlah klik dan muncul di halaman satu, ada beberapa cara yang perlu anda ikuti dalam memposting sebuah artikel melalui Google Plus. Berbeda dengan Facebook, G+ lebih memiliki kekuatan yang bisa mendorong postingan anda agar bisa masuk di halaman teratas dan meningkatkan pengunjung yang datang.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar postingan anda bisa diindeks dengan lebih baik oleh Google:

1. 60 huruf pertama yang anda tulis di postingan akan dianggap Google sebagai tag title. Ini berarti kekuatan 60 huruf pertama itu jauh lebih besar dari huruf selebihnya. Title yang menarik dan khas bisa memicu orang yang melihat postingan tersebut untuk segera mengkliknya. Saya rasa anda pasti sudah tahu betapa pentingnya tag title dalam suatu tulisan di blog maupun di suatu produk untuk menarik pengunjung maupun meningkatkan ranking di search engine.

2. Gunakan format di bawah ini untuk menebalkan, memiringkan, dan mencoret tulisan anda. Anda bisa memanfaatkan ini dengan menebalkan tulisan di title (60 huruf pertama).

  • *kata* = kata
  • _kata_ = kata
  • -kata- = kata

3. Manfaatkan deskripsi. Setelah anda menuliskan title (60 huruf pertama), selanjutnya anda harus menjelaskan mengenai ringkasan singkat dari tulisan anda tersebut supaya orang lain bisa membacanya dengan jelas. Deskripsi juga bisa membantu meningkatkan jumlah klik dan pengunjung.

4. Hashtag. Agar tulisan anda bisa dengan mudah dicari orang, manfaatkanlah Hashtag. Hashtag bisa membantu postingan anda menjadi viral melalui sosial media. Dan gunakanlah hashtag yang umum dan sering digunakan orang lain. Hashtag yang bagus terdiri dari 10-15 karakter. Dan perlu anda ingat bahwa terlalu banyak menggunakan hashtag itu sangat tidak dianjurkan.

5. Link. Untuk apa menciptakan postingan yang tertata rapi dan menarik jika anda tidak memasukkan link lengkap dari tulisan/blog/website/toko online anda. Link adalah hal terpenting yang harus ikut anda masukkan dalam postingan di Google Plus.

6. Gambar/Animated Gif/Video. Supaya postingan anda terlihat menarik dan menggoda mata orang, masukkan gambar yang bisa memancing orang untuk melihat dan mengklik link di postingan tersebut. Hebatnya Google Plus, anda juga bisa memasukkan Animated Gif (gambar yang bergerak) untuk lebih mengajak dan menggoda orang untuk mengklik link. Data menyebutkan bahwa Gif bisa meningkatkan jumlah klik dan +1 (like) hingga 30%, video (28.6%), sedangkan gambar (9.4%).

7. Pastikan share ke publik. Setelah anda membuat postingan, anda harus share ke publik, jangan share ke circle anda saja. Dengan melakukan ini, semua orang yang mengunjungi postingan anda di Google Plus bisa melihatnya. Ingat, semakin banyak orang yang memberikan +1 ke postingan anda, semakin tinggi social signal yang anda terima. Ini akan membantu anda untuk meningkatkan traffic yang masuk ke situs anda.

Beginilah postingan yang menarik orang untuk melihat dan mengunjungi link situs tersebut:

Ada satu cara lagi yang bisa meningkatkan jumlah komentar di postingan anda, yaitu dengan mengajukan pertanyaan dalam postingan anda karena ini bisa memancing orang untuk ikut berkomentar hingga 188%. Adapun waktu yang pas untuk melakukan posting adalah hari Jumat, dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi, dan jam 11 siang sampai 2 siang.

Kenapa hari Jumat? Karena Google Plus memiliki hubungan erat dengan ungkapan TGIF (Thanks God It’s Friday), artinya banyak pengguna Google Plus yang menggunakan hashtag atau kalimat ini di postingan. Selain itu, di perusahaan Google sendiri setiap hari Jumat mengadakan forum terbuka bagi semua orang yang bekerja di Google. Dalam forum ini, siapapun orang boleh bertanya apapun kepada orang yang bekerja di Google, termasuk Larry Page dan Sergen Brin. Mulai dari bertanya mereka sepatu, pakaian dan hal-hal yang ingin diketahui lainnya.

Google+ Conversion

Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan konversi yang cukup tinggi di Google Plus. Caranya adalah dengan memanfaatkan Google Drive Slide Presentation. Dengan hanya memiliki akun Google Drive dan meng-upload slide anda ke layanan cloud ini, anda bisa memasukkan dan menampilkan slide tersebut di postingan Google Plus. Sama seperti slide pada umumnya, anda bisa menggeser atau melanjutkan ke slide berikutnya. Bahkan, anda bisa memasukkan tombol call to action atau link menuju situs anda agar orang bisa berkunjung langsung ke situs anda dan membeli barang anda. Seperti gambar di bawah ini.

Melalui cara ini, anda bisa dengan baik dan jelas dalam menjelaskan produk/layanan yang anda tawarkan kepada siapapun orang yang melihat slide ini. Anda benar-benar diberikan keleluasaan untuk mendekati calon customer. Dan anda juga diberikan kemampuan untuk memasukkan link “add to cart” agar calon customer anda bisa langsung membeli dan diarahkan masuk ke website/toko online anda.

Google+ Activity

Berikut ini adalah cara berinteraksi dengan influencer. Anda bisa mengklik gambar ini untuk melihat ukuran besarnya.

Google+ Community

Ini adalah fitur komunitas yang disediakan oleh Google. Di sini, anda bisa berbagi apapun di dalam komunitas, seperti mencari teman, berdiskusi, belajar, dan melakukan banyak hal lainnya layaknya suatu komunitas online pada umumnya. Fitur ini berguna bagi anda yang memiliki akun Google+ bisnis atau akun Google+ bagi perusahaan anda. Dalam fitur ini anda bisa meningkatkan engagement dengan orang yang menjadi anggota/fans dalam bisnis anda, seperti bertanya sesuatu dan membangun perbincangan yang baik dengan mereka. Tentunya ini bisa mempererat hubungan anda dengan para customer.

Google+ Event

Anda bisa memposting event yang akan anda adakan melalui Google+. Event yang anda posting di G+ ini akan muncul di notifikasi teman-teman anda di sosial media ini. Selain itu anda juga bisa berbagi koleksi foto mengenai jalannya event ini secara real time bersama teman-teman anda dan juga bisa mengundang mereka secara langsung dengan tema undangan yang unik dan menarik. Semua event yang anda posting akan tersinkronisasi di kalender teman-teman anda agar mereka ingat bahwa anda mengajak mereka untuk datang ke event ini. Ini adalah cara yang berguna dan ampuh untuk mempromosikan acara dari bisnis anda atau memperomosikan produk terbaru anda kepada banyak orang. Walaupun target yang anda incar tidak mempunyai akun G+, anda juga bisa mentarget alamat email mereka.

Google+ Hangout

Hangout adalah layanan chatting dari Google. Anda bisa mengundang semua teman anda untuk ikut dalam chatting yang anda adakan. Kelebihannya adalah anda bisa berbicara langsung dan bertatap muka melalui kamera depan smartphone anda ke teman anda. Anda juga sharing live streaming acara yang anda lakukan ke seluruh dunia melalui Hangout. Dan acara yang anda tayangkan melalui Hangout akan langsung di-upload secara otomatis ke Youtube. Seperti Google+ Event, ini cocok untuk mempromosikan acara yang anda lakukan.

Circle Count

CircleCount.com bisa membantu anda untuk mengetahui popularitas anda di G+. Anda bisa mengetahui seberapa pengaruhnya anda di sosial media ini, seberapa banyak orang yang engage dengan postingan anda dan bisa mengetahui siapa saja orang yang engage dengan postingan anda. Selain itu, anda juga bisa tahu siapa orang yang tidak membalas follow anda, seberapa jauh jangkauan postingan anda terhadap teman dan follower anda, dan siapa saja yang melihat profil anda. Semuanya bisa anda ketahui melalui situs ini. Kunjungi saja segera situs ini untuk menguji kemampuannya.

Cara Menambah Teman di Google Plus

Rasanya percuma saja anda terus memposting di G+ tetapi tidak ada orang yang merespon dan memberikan +1 hanya karena anda tidak memiliki teman. Dan juga pasti capek untuk menambah teman satu per satu karena ini membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak. Nah anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini untuk menambahkan teman ke akun G+ anda:

  1. iMacros. Ini adalah extension add-on di Chrome dan juga Firefox. Dengan  tool ini, semua gerakan kursor anda akan direkam dan bisa diulang berkali-kali. Jadi, anda hanya perlu menambah satu orang teman, dan biarkan kursor anda sendiri yang menambahkan teman-teman lainnya. Yang anda perlukan lakukan hanya mengunggunya selesai. Untuk mendapatkan tool ini, anda hanya cukup cari di Google.
  2. Up Search. Ini adalah fitur dari Google Plus untuk mencari teman dalam jumlah banyak secara langsung. Anda bisa kunjungi link ini: https://plus.google.com/up/search, lalu anda hanya tinggal menambahkan teman dari rekomendasi yang disediakan Google dengan mengklik “add all”. Jika masih kurang, coba refresh halaman dan tambahkan lagi teman yang muncul di rekomendasi Google. Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih teman berdasarkan nama, alamat email, sekolah, bahkan tempat kerja.
  3. Sharing Circle. Sharing Circle adalah fitur Google Plus untuk men-share postingan anda ke semua teman-teman anda. Dan anda bisa melihat siapa saja orang yang melakukan Sharing Circle di Circle Count.

Google Structure Data

Ini adalah teknologi Google untuk menampilkan link dengan lebih detil di hasil pencarian. Manfaat yang bisa anda terima dari sini adalah meningkatkan CTR (Click Through Rate) ke situs anda. Anda bisa mengikuti cara berikut ini agar tidak hanya link anda yang muncul di hasil pencarian, tetapi juga review produk, foto profil akun G+ dan bahkan hingga harga produk.

1. Google Authorship

Sebelumnya, Startupbisnis sudah membahas mengenai cara mengaktifkan Google Authorship di Google+.  Apabila anda ingin menghubungkan akun G+ anda ke blogspot, anda hanya cukup membuka akun blogspot menggunakan akun Google Plus.

2. Schema.org

Anda bisa mengunjungi situs Schema untuk mempelajari lebih mendalam bagaimana menampilkan review berbintang dan harga produk seperti gambar di bawah ini.

Untuk menerapkannya di wordpress, anda hanya tinggal kunjungi link ini dan install sebagai plugin anda. Setelah itu segera aktifkan dan klik di bagian setting. Dalam bagian ini, anda bisa menulis penjelasan bisnis anda dari harga produk sampai review produk persis seperti gambar di atas. Selamat mencoba!

Google+ Business

Ibarat Facebook, Google Plus Business sama dengan Facebook Fanspage. Anda bisa memanfaatkan G+ Business untuk meng-engage orang agar bisa mengenal produk anda dan tertarik untuk mengunjungi situs anda dan membeli barang.

Berbeda dengan akun personal G+, tampilan akun G+ Business ketika orang mencari bisnis di anda di Google, hasil pencariannya akan menampilkan gambar dan penjelasan yang sangat mendetil tentang bisnis anda. Lihat gambar di bawah ini.

Lalu, apalagi yang anda butuhkan? Ketika orang mencari bisnis anda di Google Maps, alamat toko/kantor anda akan ditampilkan di Google Maps, jadi orang bisa mengetahui dimana alamat anda berada. Seperti gambar di bawah ini.

Dan satu lagi, jika anda mencari bisnis tersebut di mobile, anda bisa langsung menelepon kantornya seperti gambar di bawah ini.

Hebat bukan? Dengan Google Plus Business anda bisa melakukan seperti gambar-gambar di atas. Ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan calon customer dengan toko online anda. Lalu bagaimana cara melakukannya?

  • Pertama buat akun G+ Business dan lengkapi semua profil dan data-data yang diminta Google dengan sangat lengkap
  • Posting konten-konten yang bermanfaat bagi banyak orang, jangan hanya menunjukkan jualan anda saja, tetapi juga berikan konten yang bisa meningkatkan engagement kepada customer.
  • Verifikasi Google Plus Business anda dengan situs anda
  • Gunakan Google+ Badge di website anda. Kunjungi link ini: https://developers.google.com/+/web/badge/#badge
  • Hubungkan dengan channel Youtube
  • Tambahkan Review
  • Dan Promosikan ke sosial media lain

Selesai! Semua langkah-langkah yang cukup panjang di atas bisa langsung anda terapkan dalam bisnis anda untuk meningkatkan jumlah traffic yang masuk.

Good Luck!!

Author: Rhein Mahatma

mimin

11 thoughts on “Panduan Lengkap Memanfaatkan Google Plus Sebagai Senjata Bagi SEO Anda”

  1. Wah Terimakasih Mas rik ini menurut saya sangat Keren dan Cerdas Ok langsung saya raktikan terimakasih sebelumnya. di blog Buattokoonline.id ini saya bisa banyak belajar tentang search engine optimization (SEO), social media marketing, belajar digital marketing dan lain lain

  2. Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat.
    Saya mau menanyakan kalau ada review dari custamer, klo kita mau membalas lewat menu mana ya?
    Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *