Menggunakan Keyword LSI Dengan Benar Bisa Meningkatkan Ranking SEO Anda Secara Signifikan

Latent Semantic Indexing keyword (atau LSI keyword) adalah istilah dalam SEO untuk keyword yang terkait atau sinonim. Dalam artikel ini kita akan membahas aspek dasar kenapa kita seharusnya menggunakan LSI dalam artikel dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu LSI keyword?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa LSI adalah istilah dalam SEO untuk keyword yang terkait atau sinonim. Sebelum adanya penggunaan LSI keyword, relevansi artikel ditentukan oleh kepadatan keyword (seberapa banyak keyword itu digunakan). Yang berarti jika tulisan anda tentang “abc” dan anda menggunakan kata itu 10 kali di seluruh artikel anda, lalu pesaing anda menggunakan kata yang sama 11 kali dalam artikelnya untuk mengalahkan anda di hasil pencarian Google, menurut anda,  apakah ini adil? Hal yang sama juga diterapkan di search engine, daripada menggunakan keyword yang padat, search engine bot mencari keyword yang terkait (LSI) di seluruh artikel. Ini tidak berarti kita harus meninggalkan penggunaan keyword yang padat sebagai target dalam meningkatkan SEO, tapi optimasi yang berlebihan bisa menyebabkan suatu masalah. Alangkah lebih baik anda menggunakan keyword yang padat atau yang berulang kurang dari 5% di artikel anda.

LSI bisa membantu anda. Untuk contohsearch engine menemukan halaman dengan kata “Apple” di dalamnya, bagaimana membedakan apakah Apple ini buah-buahan atau brand perusahaan Apple atau jangan-jangan Apple ini adalah nama hewan peliharaan? Di sinilah LSI mengambil alih, jika ada kata-kata seperti buah, rasa, aroma di artikel, maka search engine akan semakin mudah untuk menentukan bahwa artikel itu menceritakan “Apple buah”. Oleh karena itu dalam contoh ini, rasa dan aroma termasuk LSI untuk keyword “Apple”.

LSI dan SEO

Search engine seperti Google selalu mencari konten yang paling relevan untuk pencarian tertentu. Ini adalah tugas yang susah bagi search engine untuk menentukan isi dari konten yang dimaksud, search engine menggunakan LSI untuk menilai relevansi dari suatu artikel. Dengan ini bisa kita katakan bahwa menggunakan LSI bisa meningkatkan ranking di search engine tetapi proses sebenarnya sangatlah rumit dan sulit dipahami.

Sekarang mari kita berbicara tentang jenis kata atau istilah yang diharapkan ada di konten (penggunaan keyword LSI tidak hanya terbatas pada konten, ada kegunaan lainnya yang bisa meningkatkan ranking anda).

Sebagai contoh: konten ini adalah tentang “on page SEO” agar istilah berikut ini bisa ditemukan di konten. Anda bisa menyebutnya keyword LSI untuk keyword utama, yaitu “on page SEO”.

on page optimization
on page seo factors
off page seo techniques
on page seo techniques
on page seo checklist

Riset: Bagaimana cara menemukan LSI keyword?

LSI keyword tools

1) Google Search

Seperti yang anda lihat, salah satu tool terbaik yang gratis untuk menemukan LSI adalah Google Search. Ketika anda menuliskan istilah tertentu di sana, maka secara otomatis ia akan menunjukkan keyword yang terkait dengan pencarian tersebut.

Hasilnya begini:

2) Google Keyword Planner Tool

Di bawah ini adalah screenshot yang diambil dari planner tool, yang menunjukkan keyword LSI, kompetisi dan juga CPC.

3) http://lsikeyword.com

Ini adalah tool yang cukup bagus, di sini anda bisa memasukkan keyword atau frase kunci dan dalam beberapa menit tool ini akan menunjukkan anda keyword LSI yang digunakan dalam 5 hasil pencarian teratas. Tetapi sayangnya tool ini juga menunjukkan anda istilah yang entah berasal dari mana yang terkait dengan keyword yang anda cari, yang berarti tool ini bisa saja salah bagi pengguna pemula atau amatiran. Jadi, dua tool sebelumnya adalah tool yang paling sesuai untuk digunakan dalam mencari keyword LSI.

Plugin WordPress untuk menemukan keyword LSI

Ada dua plugin premium yang bisa digunakan untuk menemukannya.

1. SEOPressor – Ini adalah salah satu plugin SEO dan juga menyediakan fitur pengambilan keyword LSI hingga tiga keyword. Selain itu, tool ini juga menyediakan keyword LSI yang paling relevan menggunakan Bing API dan memberikan anda peringatan atas optimasi yang berlebihan yang anda lakukan pada suatu kata di tulisan/artikel/halaman. Ini adalah fitur yang berguna karena sebagian besar kita tahu apa itu LSI, tapi seberapa banyak harus kita menggunakannya itu sulit diketahui, dalam kasus ini maka plugin seperti ini adalah penyelamat anda.

2. EasyWPSEO – tool ini merupakan plugin untuk menyediakan anda keyword LSI. Anda bisa menemukan review tentang plugin ini ketika anda mencari di Google, tetapi terlepas dari itu, tool ini merupakan copycat dari SEOPressor.

Di mana tempat yang sesuai dalam menggunkan LSI?

Gunakan LSI di on page SEO

Seperti:

  1. Di konten, judul, heading, kata-kata yang disorot (highlighted) dan ingat jangan pernah menggunakannya secara berlebihan
  2. Bisa digunakan sebagai anchor text dengan memberikan internal link ke tulisan/halaman tertentu – gunakan keyword LSI pada hal-hal yang luas daripada menggunakannya pada anchor text yang sama berkali-kali.
  3. Bisa juga digunakan sebagai link eksternal di anchor text

Keyword LSI menjadi salah satu faktor ranking Google karena bagi Google, menggunakan keyword LSI jauh lebih alami daripada menggunakan keyword yang sama secara berulang-ulang dan berlebihan.

Penggunaan keyword yang berulang-ulang dan berlebihan di halaman anda untuk meningkatkan ranking sudah tidak efektif lagi, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Hal ini bisa membawa anda ke dalam masalah karena caranya yang bersifat manupulasi, palsu, dan spammy.

Menggunakan keyword LSI di on page SEO cukup sederhana. Anda bisa meilhatnya di bagian heading dan meta description dalam artikel ini karena pada dasarnya tulisan ini mengejar keyword untuk LSI Keyword, seperti link building, on page SEO, dan search engine.

Menggunakan LSI di off page SEO

Ketika membangun backlink, campurkan dengan anchor text anda. Gunakan keyword LSI serta target keyword anda di anchor text.

Gunakan LSI keyword ketika berkomentar di blog lain dengan niche yang sama, walaupun susah karena sebagian besar blog tidak mengizinkan adanya keyword di name field. Cara yang lebih bagus adalah dengan berkomentar di blog yang menggunakan plugin Commentluv karena plugin ini bisa memberikan anda link dofollow.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, ada beberapa tips yang masih bekerja walaupun setelah kehadiran Panda dan Penguin.

  • Jangan bangun ribuan link semalaman, sebaiknya bangunlah sedikit backlink yang berkualitas setiap harinya. Ini bagus untuk SEO, yang bisa membantu anda meraih ranking yang bagus. Dan di saat yang sama membantu anda untuk mendapatkan ranking yang bagus pada keyword tertentu yang digunakan di anchor.
  • Tulislah konten berkualitas dan gunakan keyword yang terkait di seluruh artikel.
  • Gunakan keyword yang dijadikan target di title, header tags dan meta description.
  • Ingat kepadatan keyword sebaiknya tidak lebih dari 5% untuk keyword yang ingin dinaikkan ranking-nya dan lakukan hal yang sama pada keyword lain yang terkait.
  • Bangun koneksi dengan blogger lain, berikan komentar berkualitas di artikel mereka.

Sumber: beginnersbook.com

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Menggunakan Keyword LSI Dengan Benar Bisa Meningkatkan Ranking SEO Anda Secara Signifikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *