Apakah Anda sering penasaran bagaimana visitor website Anda menemukan produk di website toko online Anda ? Google Analytics punya site-search reporting yang bisa menjawab pertanyaan Anda. Berbeda dengan keyword report di Google Analytics untuk organic dan paid search traffic (faktor external untuk website Anda), site search reporting memberikan insight tentang apa yang dicari visitor di website Anda (internal) dengan menggunakan data site search. Data ini bisa bernilai untuk pemilik toko online.
Kenapa Site Search adalah bagian penting website toko online / Ecommerce Anda ?
Data di bawah ini menunjukkan, hanya 5% visitor yang menggunakan site search (data dari sebuah ecommerce)
Tetapi dari hanya 5% yang menggunakan site search, ternyta menghasilkan 30% revenue
Dari data ecommerce lain, terconfirm bahwa conversion rate dari visitor yang menggunakan site search bisa 2x lipat ketimbang visitor yang tidak menggunakan site search.
Cara Men-setting Site Search di Google Analytics
Setting up site-search tracking in Google Analytics is easy.
Langkah pertama, identifikasi query parameter dari internal search result page Anda, caranya, lakukan search di website Anda, lalu lihat URL di search result page. Karakter yang muncul di situ adalah query parameter.
Contoh di bawah ini query parameternya adalah “s”
Dibawah ini, query parameternya adalah “q”.
Jika Anda tidak melihat query parameter ini di URL hasil pencarian, bekerja samalah dengan developer untuk mensettingnya. Pekerjaan seperti ini tidak terlalu sulit.
Langkah berikutnya masukkan query parameter ini di Google Analytics –> Admin –> View Setting. Menu site search ada di sedikit ke bawah. Anda sudah selesai.
Contoh penempatan query parameter “s” di startupbisnis.com
Contoh penempatn query parameter q
Setelah Anda menyelesaikan settingnya, Anda bisa melihat hasilnya di behavior –> site search –> pages. Akan menghasilkan report seperti ini
Site search di berbagai website besar
Jika Anda bisa mendorong visitor website Anda untuk melakukan site search, kemungkinan besar mereka akan membeli, itulah sebabnya banyak website besar menempatkan site search begitu stand out.
Bagaimana dengan Anda ?
Baca Juga
7 Strategi meningkatkan conversion rates ecommerce toko online
Sebelum Memasang Iklan Berbayar, Pastikan Page Conversion Website Anda Terlebih Dulu