Mungkin tidak banyak yang tahu jika Anda menggunakan konten dari ChatGPT atau Gemini, dan secara langsung men-copasnya di CMS Anda seperti WordPress atau blog, konten anda di bagian kode HTMLnya akan meninggalkan kode-kode sebagai berikut :
Footprint ChatGPT
Sejauh ini, kata yang sering digunakan adalah “data-sourcepos” dan “Flex”
<div class=”markdown markdown-main-panel” dir=”ltr”>
<p data-sourcepos=”3:1-3:108″></p>
</div>
<h2 data-sourcepos=”29:1-29:144″></h2>
<div class=”flex-shrink-0 flex flex-col relative items-end”>
<div>
<div class=”pt-0″>
<div class=”gizmo-bot-avatar flex h-8 w-8 items-center justify-center overflow-hidden rounded-full”>
<div class=”relative p-1 rounded-sm flex items-center justify-center bg-token-main-surface-primary text-token-text-primary h-8 w-8″></div>
<div class=”group/conversation-turn relative flex w-full min-w-0 flex-col agent-turn”>
<div class=”flex-col gap-1 md:gap-3″>
<div class=”flex max-w-full flex-col flex-grow”>
Footprint Gemini
Kata yang banyak digunakan oleh footprint Gemini adalah “data-sourcepos”.
<p data-sourcepos=”3:1-3:102″><strong</p>
<ul data-sourcepos=”5:1-5:10″>
<li data-sourcepos=”5:1-5:10″><strong> </strong></li>
<li data-sourcepos=”6:1-6:10″><strong> </strong></li>
<li data-sourcepos=”7:1-7:47″><strong> </strong></li>
</ul>
</div>
</div>
</div>
Kapan footprint tersebut muncul ?
Saya juga belum merisetnya dengan mendalam, tetapi kelihatannya akan muncul jika Anda menggunakan ChatGPT dan Gemini versi free, dalam versi free pun kadang-kadang muncul, kadang-kadang tidak, mungkin saja jika sudah terlalu sering menggunakan, dan hampir kena limit, bisa muncul.
Apa gunanya kode tersebut ?
Saya juga tidak tahu persis, kalau coba googling sih untuk debugging, tetapi saya ingat 2 hal :
ChatGPT sempat berniat membuat fitur ChatGPT content detector, tapi nampaknya di hold.
Google SEO leak di Juni 2024, ada muncul salah satu variabel yaitu “content effort” yang dispekulasikan oleh beberapa orang, jika Anda hanya copas seadanya dari AI, maka content effort Anda akan rendah.
Sebagai article creator apa yang harus kita lakukan ?
Saat ini kita belum tahu apa tujuan dari ChatGPT atau Gemini menaruh tracker tersebut.
Jangan-jangan bisa membantu konten kita teranking di searchGPT ?
Atau sebaliknya kena banned searchGPT ?
Jangan-jangan bisa membantu direkomendasikan di Gemini ? Atau sebaliknya kena banned Google ?
Keep in mind di Februari 2023, Google mengeluarkan rilis bahwa Google tidak ngeban AI content, tetapi rasanya bukan berarti selamanya google tidak memberikan ranking lebih rendah untuk AI content kan?
Tapi terus terang kalau ngomongin benefit ranking, tentu saya lebih mengutamakan schema daripada tracker tersebut.
Untuk saat ini menurut saya minimal Anda perlu tahu dulu jika konten Anda asal copas, akan ada trackernya. Keep in mind siapa tahu tahun depan Anda akan pusing menghapus semua tracker di ratusan artikel Anda (we never know). Keputusan ada di tangan Anda karena informasi yang terbatas saat ini.
Have a nice day.