Membuat Toko Online Dengan Prestashop ? Anda Bisa Download Tutorialnya Di Sini !

Mau membuat toko online ?

Salah satu skill yang perlu Anda kuasai dalam membuat toko online adalah memahami penggunaan CMS / Content Management System dari toko online Anda, tentang bagaimana mensetting currency, setting tampilan, cara upload product, setting deskripsi product, setting SEO.

Semua ini bisa Anda pelajari dalam beberapa minggu atau bulan, daripada harus belajar coding 1-2 tahun, kan buat toko online tidak sama dengan coding.

CMS yang sering digunakan salah satunya adalah Prestashop.

Indra Permana, pengusaha dan penulis buku resign yang sukses membagikan tutorial prestashop gratis untuk Anda yang bisa didownload di sini.

Dalam ebook ini Indra menjelaskan detil step by step bagaimana membuat toko online dengan Prestashop. Mulai dari instalasi, konfigurasi, promosi dan order handling. Oh iya, buku resign yang sukses juga saya rekomendasikan untuk dibeli lho, kontennya berisi pengalaman penulis dalam membangun bisnis online, ilmunya daging.

Tutorial video lainnya yang saya sarankan apabila Anda ingin membuat toko online dengan Prestashop bisa Anda lihat di link ini : http://www.prestashop.com/forums/topic/194700-free-tutorial-series-prestashop-101/

Tulisan ini bukan menyarankan Anda menggunakan Prestashop, ingat bahwa sebelum Anda memutuskan Akan menggunakan CMS apa, baik itu Prestashop, Drupal, Woocommerce atau ecommerce website builder lainnya Anda harus melakukan riset beberapa hal misalnya :

  1. Seberapa mudah konfigurasi dari CMS tersebut dan apakah Anda punya tempat bertanya jika mengalami kesulitan ? Jika Anda memutuskan melakukan semua proses instalasi dan konfigurasi sendiri, ketimbang membayar programmer belasan juta misalnya, Anda akan punya beberapa pertanyaan. Contohnya sewaktu menginstall CMS prestashop, saya kesulitan menghilangkan “/id” dari URL home (jadi home toko online saya www.namatoko.com/id) dan saya membutuhkan waktu sebulan untuk menghilangkannya (I’m not technical guy). Ada baiknya sebelum memilih Anda cari komunitas penggunanya dulu di Indonesia supaya Anda punya tempat bertanya.
  2. Seberapa fleksibel untuk dicustom ? Berapa harga addon/plugin untuk mengcustomnya ? Rekan-rekan yang baru pertama kali membuat toko online sering lupa bahwa tugas penting mereka nantinya adalah marketing. Untuk melakukan marketing dengan baik Anda harus melakukan beberapa kustomisasi, misalnya integrasi dengan Aweber/Getresponse, bagaimana melakukan bulk product upload. Dalam beberapa kasus Anda harus membeli plugin/add on/module di sini, maka sebelum memilih CMS apa yang akan digunakan, Anda harus meriset apakah harga pluginnya sesuai dengan kantong Anda. Jika tidak tahan dengan harganya, Anda harus mencari plugin gratisan.

 

Semoga sukses dengan CMS toko online Anda.

Baca Juga

Apa Saja yang Harus Ada di HEADER Website Toko Online Anda?

Bagaimana Membuat Struktur Website yang Disukai Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *