Masalah Membuat Blogpost di Portal Web 2.0

Dalam beberapa workshop yang saya adakan beberapa bulan terakhir, di materi content marketing / SEO yang saya bawakan, sering ada pertanyaan :

Saya belum siap membeli domain sendiri untuk memasukkan konten, bagaimana kalau pakai wordpress/blogspot gratisan ?

Begini jawaban standar saya yang menurut saya penting untuk Anda pahami.

Yang pertama, buat apa mengeluarkan effort dan budget untuk memperindah tempat kos Anda ?

Pada akhirnya, tempat kos ya tempat kos, bukan rumah dan properti Anda.

URL blog 2.0 gratisan seperti blogspot dan wordpress yang bentuknya subdomain mis. abcde.wordpress.com bukanlah properti Anda.

Semakin banyak Anda membuat konten di sana, maka yang untung ya pemilik platform, bukan Anda.

Yang ke dua, pilih platform web 2.0 gratisan yang memiliki fitur redirect.

Jika Anda memang saat ini tidak memiliki budget untuk membeli domain + hosting pastikan Anda memiliki platform blog 2.0 gratis yang memiliki fitur redirect.

Redirect berarti Anda bisa memindahkan artikel dan ranking Google blogpost Anda di wordpress/blogspot gratisan ke website Anda sendiri.

Misalnya begini, Anda adalah orang pertama yang mendengar tentang project properti baru dengan investasi triliunan dengan nama “MaretKarta”, Anda memutuskan membuat konten yang bagus dan lengkap dengan MaretKarta di Maretkarta.blogspot.com.

Karena Anda adalah orang pertama yang membuat konten lengkap dan bagus tentang Maretkarta, maka 3 bulan kemudian saat Group Oppo pemilik maretkarta mulai beriklan maka traffic ke Maretkarta.blogspot.com menjadi sangat tinggi dan menjadi nomor 1 di keyword MaretKarta atau jual MaretKarta.

Anda memutuskan untuk membuat website sendiri : agenmaretkarta.com dan ingin memindahkan ranking di Maretkarta.blogspot.com ke website Anda sendiri Agenmaretkarta.com. Bisa kah ? BISA. Sepanjang platform blog yang Anda gunakan memiliki fitur redirect.

membuat blog konten marketing

Kalau di blogspot fitur ini ada di Setting-Search Preference. Setahu saya fitur ini cuma ada di blogspot dan saya belum dengar ada di medium atau wordpress (silahkan Anda cek sendiri).

Cuma, tidak ada yang bisa menjamin fitur redirect ini terus ada kan ?

Melakukan redirect berarti Anda juga memindahkan kekuatan Google Page rank

Page Rank masih dipakai Google untuk memutuskan ranking website. URL Anda yang mendapatkan banyak klik di Maretkarta.blogspot.com kemungkinan memiliki SEO measurement yang tinggi (Pagerank, Page authority dll) karena memiliki banyak klik, aksi, engagement di halaman tsb. Lantas apakah meredirectnya ke domain lain berarti Anda kehilangan kekuatan tsb ?

Jawabannya Anda tidak kehilangan. Seperti disampaikan di tweet berikut ini

 

 

Perlu diketahui bahwa 30x bukan lah “30 kali” tetapi berarti bisa 301 (permanent) atau 302 (temporary) redirect.

Baca juga artikel lain tentang bisnis online

6 Langkah Membuka Bisnis yang SEMUA ORANG BISA Lakukan

13 Cara untuk Meningkatkan Traffic Anda Melalui Search Engine Dengan Cara yang Etis

 

One thought on “Masalah Membuat Blogpost di Portal Web 2.0”

  1. Hai mas Rhein

    Setuju mas, kalau mau niat mending modal sekalian. Tapi kalau belum bisa beli nama domain+hosting, saya rasa beli nama dulu lebih bagus, toh lumayan murah juga. Itung-itung sekalian ‘mengamankan’ nama domainnya sebelum diambil orang lain.

    Btw sebagai info, wordpress.com juga bisa redirect cuma harus bayar. Jadi kalau untuk yg gratisan dan bisa redirect memang blogger/blogspot saja yang saya tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *