Liputan #KopdarRpx : SFS Cara Paling Murah dan Mudah Menambah Followers Instagram

liputan-kopdarrpx-sfs-cara-paling-murah-dan-mudah-menambah-followers-instagram-anda

Liputan #KopdarRpx : SFS Cara Paling Murah dan Mudah Menambah Followers Instagram Anda oleh Hanifah Arfan from startupbisnis

Pada Kopdar Toko Online RPX yang dipersembahkan oleh Rpx Express pada tanggal 27 Agustus 2014 lalu, salah satu pembicara yang turut memeriahkan serta memberikan pencerahan kepada para pemilik online shop lainnya adalah Hanifah Arfan, pemilik online shop instagram bernama @TokoPutriAbi. Hanifah Arfan menjadi satu-satunya pembicara wanita yang sukses menjalankan toko online-nya melalui platform Instagram di acara Kopdar tersebut.

Hanifah Arfan sudah 7 tahun menjalani bisnis online sejak masih duduk di bangku kuliah tahun 2007. Ia mulai mencoba media sosial instagram untuk memperluas jaringan onlineshopnya sejak tahun 2013. Pada saat itu pelaku bisnis online berupaya untuk mencari berbagai cara untuk meningkatkan followers, yaitu dengan endorsement ke selebgram, spaming di wall-wall, sampai shoutout for shoutout dan ternyata cara shoutout for shoutout (SFS) adalah cara termudah bagi para pelaku bisnis onlineshop untuk mendapatnya banyak followers dan customer baru. SFS ini awal di kenal pada bulan oktober 2013, dan booming pada april 2014.

Berikut cuplikan presentasi dari Hanifah Arfan mengenai SFS.

Apa sih SFS itu?

SFS merupakan kepanjangan dari Shoutout For Shoutout, yaitu saling mempromosikan sesama online shop di Instagram. Biasanya jika seorang seller mempunyai barang dagangan yang berbeda dengan seller lainnya, seller-seller tersebut akan saling mempromosikan dagangan mereka. Misal, online shop A menjual baju muslim dan online shop B menjual tas branded, online shop A akan memposting foto dan caption tentang barang dagangan online shop B di instagramnya, begitupun sebaliknya dengan syarat dan ketentuan yang disepakati oleh kedua seller, misalnya minimal followers 10K dan keep 3 jam. Artinya, masing-masing followers yang dimiliki oleh kedua online shop tersebut minimal 10.000 followers dan postingan promosi tersebut diposting selama 3 jam, lewat dari 3 jam boleh di hapus.

Untuk memfasilitasi SFS ini akhirnya dibuat grup SFS menggunakan platform LINE, karena dianggap paling mudah dan nyaman. Ada banyak grup SFS di Line, syaratnya pun bermacam-macam untuk bisa masuk ke grup tersebut. Syarat utama dan paling umum adalah No Fake Followers. Artinya, dilarang keras memiliki followers palsu atau beli followers yang banyak dilakukan oleh pemilik online shop instagram. Kenapa? Rasanya tidak fair jika SFS-an dengan akun online shop yang followersnya palsu, karena tidak akan berdampak pada kenaikan followers dan penjualan. Kalau ketahuan followersnya palsu akan langsung di kick dari grup dan kena blacklist.

Apakah ada cara lain selain SFS?

Tentu ada. Cara lainnya adalah Paid Promote dan Endorsement. Namun, paid promote cukup mahal tergantung jumlah followers si akun yang menawarkan jasa paid promote. Makin banyak jumlah followers, makin mahal harganya. Harga paid promote biasanya per satu post, harganya mulai dari 20.000 – 200.000, tergantung jumlah followersnya. Selain paid promote, cara lainnya adalah endorsement. Endorsement itu tidak mudah dilakukan, karena kita harus berusaha bagaimana caranya artis atau sekarang ini banyak dikenal selebgram, mau untuk meng-endorse barang dagangan kita. Dan terkadang, artis atau selebgram itu pun memiliki syarat-syarat tertentu untuk menerima endorse.

Apa saja jenis-jenis SFS?

sfs-cara-paling-murah-dan-mudah-menambah-followers-instagram-anda

Jenis-jenis sfs ada banyak, yaitu slot, personal/keroyokan, 2 in 1, 2 in 2, dll. Biasanya untuk online shop dengan followers 1-10K akan memilih untuk melakukan SFS Slot. Slot itu maksudnya, dalam sekali post ada 4-9 online shop yang bergabung untuk melakukan SFS, foto dari ke-4 atau 9 online shop itu di gabung/di collage menjadi satu dan sekali posting akan ada 4-9 online shop sekaligus. Tentunya sfs jenis ini tidak membuat spam di wall followers.

Jenis SFS lainnya yaitu personal/keroyokan adalah jenis sfs di mana masing-masing online shop mempromosikan online shop lainnya dengan memposting foto serta caption satu per satu. Jika yang ber-sfs hanya antara 2 online shop maka disebut personal, tapi jika lebih dari 2 online shop, bahkan bisa 10 online shop yang bergabung. Akan sangat tidak efektif jika satu-satu saling menghubungi secara pribadi, nah untuk itu langsung dikumpulkan saja 10 orang tersebut dalam satu grup kecil dan masing-masing dari online shop tersebut membuat notes di grup yang berisi foto dan caption untuk di post oleh 9 orang lainnya dalam waktu yang bersamaan, dengan aturan yang ditentukan dan disepakati oleh semua pihak. SFS personal/keroyokan ini sangat berpengaruh sekali bagi online shop dengan followers-followers besar, kalau yang ikut keroyokan ada 15-20 online shop, penambahan followers bisa mencapai 300-700 dalam kurun waktu 3-4 jam, dan itu gratis.

Ada lagi 2 in 1 dan 2 in 2 sebenarnya sama saja dengan personal/keroyokan, yang membedakan adalah jumlah postingannya. Jika personal/keroyokan hanya memposting 1 foto dan 1 caption, kalau 2 in 1 berarti memposting 2 foto 1 caption dan 2 in 2 memposting 2 foto 2 caption.

Apa keuntungan dan kerugian melakukan SFS?

sfs-adalah-cara-paling-murah-dan-mudah-menambah-followers-instagram-anda
Dengan melakukan sfs, akun online shop akan  mendapatkan followers banyak dalam waktu cepat. Namun, biasanya ketika satu akun instagram online shop kalau sudah mencapai followers 50-70ribu, kalau tidak membatasi sfs, dalam satu hari bisa di unfollow oleh 500-1000 followers sekaligus. Jadi sebisa mungkin mendapatkan followers lebih banyak dari pada jumlah yang unfollow. Karena followers pasti akan merasa terganggu dengan iklan yang terus menerus. Kalau yang tidak suka dengan SFS, mereka menyebutnya sebagai Spam For Spam, bukan Shoutout For Shoutout. Terkadang, banyak juga yang komentar dengan memaki-maki karena merasa terganggu atau kemungkinan di block juga besar, dan semua itu resiko karena SFS itu gratis.

Lalu bagaimana caranya supaya followers ini tidak merasa terganggu dengan iklan atau SFS ini? Berikan giveaway berupa hadiah-hadiah setiap bulannya dengan melakukan spam like atau membuat kuis dan melakukan sfs berjeda. SFS berjeda ini maksudnya dalam memposting berikan jeda 20-30 menit setiap post nya, sehingga tidak terlalu mengganggu wall followers. Untuk sfs yang tidak berjeda, lakukan pada jam-jam tertentu misalnya pada tengah malam atau subuh.

Baca Juga

Bagaimana Cara Mendapatkan Follower di Instagram Yang Real?

Gaya Lucu Orang Indonesia Berjualan di Instagram

10 Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Tools Instagram Marketing

1 thought on “Liputan #KopdarRpx : SFS Cara Paling Murah dan Mudah Menambah Followers Instagram”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *