LINE@, Media Baru Bagi Para Online Shop dan UKM untuk Mengembangkan Bisnis

LINE@, Media Baru Bagi Para Online Shop dan UKM untuk Mengembangkan BisnisLINE@ adalah layanan baru dari LINE untuk para bisnis mengelola, berkomunikasi, dan  berpromosi. LINE@ menargetkan semua UKM di Indonesia, namun saat ini LINE sedang memfokuskan dirinya kepada tiga kategori, yaitu online shop sebagai fokus utama, dan diikuti oleh blogger dan community.

Mengapa online shop? Saat ini terdapat lebih dari 150.000 online shop di Indonesia dimana mereka bekerja individu. Mereka harus mempromosikan toko atau bisnis mereka dengan usaha mereka sendiri, tidak ada institusi yang benar-benar mendukung mereka, dan akhirnya mereka berjualan di beberapa media sosial yang tidak seharusnya digunakan untuk berjualan.

Dengan adanya LINE@ dan fitur-fiturnya, para online shop kini akan menjadi semakin terbantu. Manajemen online shop kini akan menjadi lebih rapi dengan fitur Unlimited Followers dan Up To 100 Admin Members dimana online shop tidak perlu menggunakan banyak akun karena LINE@ dapat mengumpulkan semua kontak pelanggan tanpa khawatir batas, juga dapat dikelola sampai dengan 100 admin member dan bisa chatting dengan pelanggan secara bersamaan dan langsung.

Selain manajemen yang rapi, para online shop juga dapat mencari pelanggan baru dengan cara promosi yang mudah dan gratis. Yaitu dengan memanfaatkan fitur Timeline Sharing dimana para pelanggan atau follower LINE@ dapat meng-share konten yang dishare oleh akun LINE@, sehingga para teman dari si pelanggan atau follower tersebut akan mendapat informasi yang sama. Fitur ini telah terbukti oleh akun LINE@ blogger @Berdakwah yang berhasil mendapatkan 8.000 followers baru setiap harinya. Tanpa biaya apapun.

Penjualan juga akan meningkat drastis dengan fitur Broadcast Message yang memungkinan online shop mem-broadcast tidak hanya text, namun juga foto. Ini juga telah dibuktikan oleh akun @Loveable yang berhasil meningkatkan penjualannya 70%.

Fitur lainnya yang bermanfaat adalah Auto Reply dimana online shop dapat menikmati libur tanpa khawatir pelanggan komplain karena respon yang lambat.

Beberapa online shop sudah terbukti dengan kisah sukses mereka bersama LINE@. Contohnya sebuah online shop yang berjualan makanan cemilan bernama @KingSandwich mendapatkan 78.000 pelanggan baru hanya dalam waktu 4 bulan di LINE@. Ada pula online shop bernama @DistributorConv yang berhasil mendapatkan 27.000 pelanggan baru dalam 2 minggu sejak bergabung  ke LINE@.

LINE@ merupakan platform gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna LINE, namun terdapat juga LINE@ berbayar yang menawarkan fitur-fitur yang lebih memadai. Fitur-fitur dalam LINE@ sudah disesuaikan dengan kebutuhan para UKM, misalnya untuk LINE@ versi gratis terdapat fitur 1.000 broadcast message per bulan dan 20 admin member. Message di sini terhitung sebagai followers, bila sebuah online seller memiliki 900 followers, maka jika ia mengirimkan 900 pesan, sama artinya ia mengirimkan pesan tersebut kepada 900 followers miliknya.

Sementara untuk LINE@ berbayar, fitur-fitur yang ditawarkan lebih memadai, misalnya unlimited followers, unlimited broadcast, serta 100 admin member yang dapat menggunakan ID yang sama. Untuk menikmati LINE@ versi berbayar, LINE menawarkan biaya sekitar US$50 per bulan. Namun, untuk memaksimalkan visi LINE@ sendiri yang ingin mendukung penuh para online shop, LINE@ versi lengkap atau berbayar dapat dinikmati secara GRATIS saat ini oleh para pengguna LINE@ seluruh Indonesia sampai dengan tahun depan.

Dukungan LINE untuk Online Shop

line untuk online shopSelain melalui fitur-fiturnya, LINE juga akan membantu para online shop dalam menjual dan mempromosikan bisnis atau barang dagangan mereka dengan cara mem-broadcast melalui LINE Shopping. LINE Shopping adalah suatu official account dimana para online shopper atau online buyer dikumpulkan dalam satu platform. Saat ini followers LINE Shopping telah mencapai 4,7 juta followers dan merupakan satu-satunya komunitas online buyer terbesar di Indonesia.

Setiap harinya terdapat tiga online shop yang dipromosikan oleh LINE Shopping sebagai  LINE@ recommended seller yang dipilih secara terbuka dengan syarat memenuhi kriteria terpercaya dan aktif dalam LINE@ seperti mencantumkan profil yang lengkap, mengaktifkan 1:1 chat, dan secara konsisten mempromosikan online shop-nya ke Timeline LINE@.

Selain promosi, pengiriman juga adalah faktor penting untuk online shop.

LINE juga memberikan diskon khusus sebesar 20% untuk para online shop, juga dilengkapi dengan layanan pick up ke rumah si penjual/online shop, dan nomor resi yang langsung di SMS kan ke pembeli. Untuk hal ini, LINE bekerja sama dengan SiCepat, perusahaan logistik yang telah dipercaya oleh para online shop.

Fitur LINE@

Setelah melakukan registrasi di dalam LINE@, user dapat memilih kategori bisnisnya di antara 28 kategori dengan sub kategori beragam yang disediakan oleh LINE@, misalnya e-commerce, media, sampai dengan sekolah.

Fitur-fitur unggulan LINE@ adalah Unlimited Followers, Up To 100 Admins, Broadcast Message, Timeline Sharing seperti yang sudah dijelaskan diatas, dan juga fitur Statistics yang memungkinkan online shop mempelajari performa dan perkembangan bisnis mereka.

Selain fitur-fitur tersebut, terdapat juga fitur-fitur yang cukup detil dari fitur katalog produk sampai dengan employment opportunities—khusus untuk para online seller yang sedang mencari admin. Dengan fitur lengkap pada panel profil yang ditawarkan oleh LINE@, diharapkan pembeli bisa mendapatkan informasi sedetil mungkin mengenai online seller tersebut sehingga akan mengurangi waktu penjual yang terbuang karena harus menjelaskan berulang kali.

Fitur broadcast juga terdapat dalam LINE@. Tidak seperti platform kebanyakan, broadcast dalam LINE@ dapat berupa tulisan, sticker, dan foto, serta dapat dijadwalkan waktunya. Bentuk promosi yang dapat dilakukan oleh online shop juga bermacam-macam, salah satunya yang paling mudah adalah kupon. Kupon ini dapat dibuat sendiri oleh online shop dan dapat diverifikasi hanya dengan pembeli menunjukkannya dari smartphone miliknya.

Fitur lainnya adalah fitur reply mode. Reply mode dalam LINE@ terdiri dari tiga jenis dilihat dari penggunanya yang tidak hanya online seller, yaitu one-to-one chat, auto-reply, dan keyword reply. One-to-one chat merupakan fitur chatting langsung dengan online seller, auto-reply yaitu pesan yang dikirimkan oleh para pembeli dapat langsung dibalas oleh pesan yang sebelumnya sudah ditulis dan diatur oleh online seller, dan yang ketiga adalah keyword reply berupa balasan otomatis seperti “ketik 1”, “ketik 2”, dsb.

Dengan taglineGrow Your Business with LINE@”, LINE@ berharap para UKM online seller dapat mengembangkan bisnisnya dari skala UKM menuju bisnis profesional hingga internasional.

LINE telah merilis dokumen resmi mengenai LINE@ yang berisi langkah dan tips sukses untuk para online shop.

Silakan melihat dan download dokumen tersebut disini:

1 thought on “LINE@, Media Baru Bagi Para Online Shop dan UKM untuk Mengembangkan Bisnis”

  1. siang utk pendaftaran umkm via line, bisakah diperpanjang waktu nya…kebetulan sy pny usaha kecil jg. pgn bergabung ni msh bisakah? mksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *