Artikel ini ditulis oleh Indra Kurniawan (Internet Marketing Enthusiast).
Semua pasti sepakat dengan anggapan bahwa penjualan atau sales adalah ujung tombak organisasi bisnis, dimana organisasi akan hidup dari fase tumbuh menjadi berkembang. Salah satu komponen pentingnya adalah sales, atau CS jika pada toko online yang nantinya menghasilkan cash dan memiliki fungsi seperti darah dalam organisasi bisnis untuk di gunakan untuk operasional hingga ekspansi ke tingkat yang lebih tinggi.
Tapi sayangnya, di divisi ini juga peluang-peluang seringkali lewat begitu saja hanya karena tenaga sales kurang jeli atau bahkan memang benar-benar tidak tahu kalau masih ada peluang untuk menghasilkan penjualan yang lebih besar !!
- Up selling : Sederhananya adalah bagaimana caranya agar pelanggan mendapatkan benefit lebih dan mau membayar lebih mahal untuk produk yang sejenis atau Anda juga bisa menawarkan add on yang relevan dengan produk yang pertama kali dibeli oleh pelanggan, misalkan Anda menjual kamera dapat menawarkan garansi produk yang lebih lama atau bisa juga dengan menawarkan jenis kamera yang lebih mahal dengan fitur yang lebih lengkap.
- Cross selling : menawarkan agar calon pelanggan berminat untuk order produk lain yang tidak sejenis atau bahkan tidak relevan tapi masih berhubungan dengan minat pembeli. Misalkan tawarkan juga pembeli kamera tersebut untuk membeli voucher tour ke pegunungan bersama dengan fotografer lain.
Kira-kira dengan teknik di atas bagaimana efeknya terhadap penjualan? Seharusnya bagus, karena pelanggan ditawarkan sesuatu yang memang cocok dan dibutuhkan sesuai dengan minatnya. Bisa jadi hari ini mungkin belum order produk yang ditawarkan, tapi minimal pelanggan tersebut akan tahu dimana tempat order jika berminat di kemudian hari.
Tentu untuk meningkatkan penjualan dengan dua teknik di atas erat kaitannya dengan product knowledge CS yang bekerja, dengan menguasai produk dengan sendirinya CS akan paham dan merasa nyaman ketika menawarkan produk lain kepada pembeli.
Terakhir, CS harus pintar membaca momentum yang tepat, pastikan produk yang pertama sudah pasti dibeli dan dipilih jangan sampai niat untuk meningkatkan penjualan justru membuat pelanggan kehilangan fokus. Khusus untuk cross-selling jika ingin lebih mudah lakukan saja bundling produk , misal Anda menjual kamera sekaligus dengan voucher tour-nya sekalian.
Selamat mencoba ya!
boleh juga