Konsep Booking Reach di Facebook Ads

Menjelang tanggal 12 Desember atau lebih dikenal dengan Harbolnas, di mana banyak ecommerce Indonesia memberikan diskon besar, sudah bisa dipastikan cost ads di Facebook akan naik yang disebabkan oleh kenaikan budget secara bersamaan dari advertiser untuk mendorong penjualan menjelang 12 Desember – sedangkan inventory iklan dari Facebook sebenarnya tidak bertambah.

Beberapa hari yang lalu menjelang Harbolnas dalam minggu pertama bulan Desember saya juga melihat seorang rekan ecommerce menanyakan kenapa reach adsnya di Facebook cenderung sangat rendah.

Ada suatu hal yang menarik dipaparkan oleh tim Facebook Indonesia di acara lunch “Facebook for Performance Marketing: Unlocking Indonesia’s E-Shopping Season” pada tanggal 4 Desember 2015 :

Apabila Anda membooking reach di Facebook 30 hari sebelumnya maka Anda akan menghemat biaya iklan 25%

Apabila Anda membooking reach di Facebook 14 hari sebelumnya maka Anda akan menghemat biaya iklan 11-17%

Hal ini menarik bagi saya karena baru pertama mendengar konsep booking reach ini, karena saya belum menemukan referensinya di Facebook help. Jika Anda memiliki referensinya, tolong berbagi dengan kami di sini.