Karakter Produk atau Barang Yang Cocok Dijual Oleh Pebisnis Reseller Dropship Melalui Facebook Ads

Menjual barang dropship lewat Facebook ads banyak dilakukan oleh para reseller atau dropshipper di Indonesia yang melakukan penjualan tanpa harus mengeluarkan modal dengan menyetok barang sendiri.

Seperti apa kah karakter dari produk / barang yang cocok dijual oleh para dropshipper dengan menggunakan Facebook ads ? Sebelum Anda mendaftar menjadi reseller / dropshipper olshop, Anda harus mempelajari tips berikut ini untuk Anda mencari barang / produk yang cocok dijual bagi reseller / dropshipper :

Produk yang memiliki gambar menarik dan jelas yang bisa menjadi “newsfeed scroll stopper” – “Coolness factor”

Ingat bahwa audience Anda di social media menggunakan produk bukan mau beli barang, tetapi melihat-lihat kabar teman. Maka kalau Anda mau jualan maka Anda harus membuat mereka bisa berhenti men-scroll newsfeed FB sambil bergumam “lucu juga ya”. Berikut ini adalah contoh foto produk yang bisa membuat orang berhenti men-scroll newsfeed.

dropship lewat facebook

 

Harga di bawah 300 ribu

Seperti saya sampaikan di atas, audience Anda di Facebook tidak lagi mau beli barang, jadi Anda harus fokus pada barang dengan karakter impulsif, salah satunya adalah harga di bawah 300 ribu. Jika barangnya semakin mahal, Anda lebih sulit mendapatkan konversi di social media. Misalnya Anda menjual furniture seharga 5 juta, konversi ke salesnya “kapan-kapan” menunggu customer butuh, kalau mereka ingat, mereka akan membuka website Anda.

Share Photo Album Produk Anda di Facebook, lalu di ads kan

Postingan Facebook yang diadskan apabila memiliki banyak foto biasanya lebih menarik untuk dilihat-lihat orang. Caranya, Anda create new photo album, di mana masing-masing item foto bisa Anda masukkan detil produk (nama, harga, cara pesan, kontak), lalu share album tersebut, Ads kan album tsb.

Produk / Barang Yang Memiliki Trend Kuat

Awal September 2016, Apple meremove audio jack dari perangkatnya, sehingga ada kemungkinan demand wireless headphone akan mengalami kenaikan. Berikut ini data dari Google trend untuk keyword “wireless headphone”, sebelum aksi dari Apple, trendnya nampak sedikit flat, setelah September, trendnya terbang.

cari reseller fb

Jadi produk seperti ini ada kemungkinan akan memiliki konversi yang baik (sepanjang Anda tidak terlambat masuk ke trend)

reseller dan dropship online shop

Produk yang memiliki fungsi jelas dan solving problem untuk target market

Semakin jelas fungsi dari barang yang Anda iklankan akan semakin bagus konversinya. Semakin bisa memecahkan masalah customer Anda juga makin bagus. Berikut ini contoh produk dengan fungsi jelas.

.

Video ? Copywriting panjang / pendek ? Dua-duanya di tes untuk dropship lewat Facebook Ads

Kadang kita menggunakan text ads yang pendek, kadang panjang. Audience Anda memiliki karakter berbeda-beda, ada yang suka text pendek, ada yang suka panjang. Ada yang suka video, semuanya harus di coba. Video juga memiliki engagement lebih bagus di Facebook. Jangan lupa build audience FB video viewer jika Anda menggunakan video di Facebook supaya bisa melakukan retargeting untuk orang yang menonton video Anda.

Baca juga : Cara membuat Facebook video ads untuk jualan online

Produk yang memiliki banyak varian produk

Varian produk banyak = Rp banyak.

Jika memiliki banyak varian produk, audience Anda akan lebih tergoda untuk mengklik (sepanjang target interestnya benar).

.

 

Produk yang demografi / psikografinya bisa Anda target lewat Facebook

“Produk untuk semua orang” seperti mie instant akan menyulitkan Anda untuk menjualnya lewat Facebook karena targetingnya yang terlalu broad / luas.

Memang ada beberapa produk “untuk semua orang” seperti payung terbalik di contoh di atas, Anda kadangkala tidak perlu mengisi targeting yang terlalu detil untuk produk seperti ini, bisa saja dikosongkan interest targetingnya atau isi dengan nama barang tersebut (payung / payung terbalik) atau barang/niche terkait (peralatan rumah tangga).

Tetapi produk seperti jaket traveler lebih memiliki interest targeting yang jelas (backpacker/traveler), umpan pancing bisa mentarget hobi memancing atau fanpage terkait memancing. Barang perlengkapan bayi bisa mentarget ibu-ibu, usia 27-35, status married / parent with toddler.

 

targeting dropship di FB

Produk yang stock offlinenya di toko offline berbagai kota kecil di Indonesia tidak lengkap

Jika toko offline di kota kecil stocknya tidak lengkap untuk suatu produk spesifik, maka audience di kota tersebut akan memiliki konversi yang baik.  Baca juga : Kenapa reseller online shop bisa jadi peluang bisnis

Jangan lupa bangun sales funnel untuk Jualan Online Anda

Terus terusan pakai paid ads bisa membuat Anda punya cashflow (profit) sepanjang melakukannya dengan benar, risikonya adalah Anda tidak punya asset website yang memberikan Anda organic traffic (SEO) dengan sustain. Jika tidak punya organic traffic, Anda tidak punya leads yang konsisten dan tidak membangun barrier to entry. Bahkan CS Anda yang pinter dikit dalam beberapa bulan akan membuat bisnis serupa dengan Anda.

Jika ingin memiliki sustainable business, Anda harus membangun sales funnel, bangun konsisten leads, bangun authority, capture database email dari visitor website Anda, engage database Anda supaya mereka lebih mengenal Anda lewat email sequence dll.

Berikut ini gambaran dari sales funnel yang saya gunakan

dropshipping lewat facebook ads

Jangan lupakan copywriting iklan Facebook

Banyak sekali UKM menjual produk di social media melupakan copywriting. Walaupun hal ini sangat simple. Penulisan kalimat iklan atau status bisa Anda lihat di berbagai contoh ads di atas. Pada umumnya mengandung :

Penjelasan produk – kaitkan produk Anda dengan mereka

Kerugian audience jika tidak membeli produk Anda

Benefit produk (kalau bisa minimal 3)

Value tambahan (Gratis ongkir, diskon 20% minggu ini dll)

Kontak Anda atau URL produk

Baca Juga informasi copywriting berikut ini : Cara membuat iklan, copywriting untuk Facebook Ads Toko Online, Belajar copywriting part 3 – Memahami berbagai pola NLP copywriting untuk meningkatkan jualan online

 

Testing, testing, testing produk untuk di dropship

Ingat bahwa dalam mencari barang untuk dijual dengan cara dropship lewat iklan Facebook, Anda tidak perlu menyetok barang, sehingga biaya modal Anda akan sangat rendah. Bisa dibilang terutama cost Anda adalah biaya testing ads yang minimal adalah Rp. 10,000 – 15,000 per hari. Jadi Anda bisa melakukan banyak pengetesan produk.

KPI engagement, message/add WA/add BBM, purchase

“Saya sudah habis habis 1 juta rupiah, banyak yang likes tapi tidak ada yang beli” Ya Anda jangan nunggu habis banyak baru nanya. Beberapa orang menetapkan KPI sendiri terkait dengan jumlah engagement dan jumlah purchase. Ada yang menggunakan KPI 1 purchase per 300 engagement, ada juga 1 purchase per 1000 engagement, terkadang hal ini relatif tergantung seberapa spesifik Anda bisa mentarget market Anda. Tetapi menetapkan KPI : kapan Anda harus mengetes produk lain adalah hal penting karena Anda mengeluarkan biaya untuk paid ads.

Apa yang dilakukan jika engagement banyak tapi tidak ada yang beli ? jangan langsung ganti produk lain, tapi lihat dulu apakah dari beberapa faktor ini ada yang bisa dioptimasi / diubah :

Targeting

Copywritingnya kurang detil / spesifik mungkin ?

Ads image : foto / video

Mungkin harganya kemahalan ?

Lalu mungkin offer / produknya.

 

Baca Juga Artikel Lain Tentang Dropship : 

Daftar Toko Online Yang Menerima Reseller dan Dropship untuk Market Indonesia

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Dropshipping Market Indonesia Dari Tokopedia, Bukalapak dan Marketplace Lain

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

1 thought on “Karakter Produk atau Barang Yang Cocok Dijual Oleh Pebisnis Reseller Dropship Melalui Facebook Ads”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *