Ingin Bisnis Offline (Restoran, Jasa dll) Anda Dikenal Banyak Orang? Begini Cara Mendaftarkan Toko Anda di Google Bisnisku

Google My Business (Indonesia : Google Bisnisku) merupakan tools Google yang dibuat untuk para pemilik bisnis lokal yang ingin mendapatkan visibility lebih baik. Jika Anda memiliki bisnis lokal tetapi tidak mudah ditemukan di Google, berarti Anda belum memanfaatkan Google My Business. Dengan tools ini, orang yang melakukan pencarian terkait bisnis Anda akan dengan mudah menemukan informasi bisnis Anda di halaman hasil pencarian, maps, dan Google+.

Banyak pemilik bisnis lokal yang tidak memahami teknologi, terutama internet, sehingga mereka tidak menjalankan iklan online dan beranggapan hanya dengan etalase toko saja sudah cukup untuk menarik pelanggan. Jika toko Anda berada di pusat kota, bisa jadi Anda tidak memerlukan digital marketing, tapi dengan iklan online Anda bisa mengembangkan bisnis dan pada akhirnya meningkatkan profit. Mulai dari restoran, butik baju, servis sepatu, toko kosmetik – semua bisnis tersebut harus memanfaatkan iklan online.

Berikut ini cara mendaftarkan toko / bisnis offline / Restoran Anda di Google Bisnisku

Langkah pertama masuk ke Google Bisnisku atau ketikkan ‘Google Bisnisku’ di Google. Anda akan melihat page ini:

cara daftar google bisnisku

Kemudian sign in dengan akun Google Anda yang sudah ada atau Anda bisa membuat akun baru. Pada langkah selanjutnya Anda harus mengisi informasi terkait bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan kategori bisnis.

cara mendaftar toko di google map - Google Bisnisku
Jika Google tidak dapat mendeteksi lokasi bisnis Anda, gunakan drop pin untuk menentukan lokasi yang tepat. Lalu klik ‘continue’ untuk dilanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu mengisi informasi tentang servis bisnis Anda. Informasi ini wajib dilengkapi oleh bisnis lokal yang memiliki servis pengiriman untuk customer. Dalam page ‘Add service area’ ini Anda perlu mengisi area mana saja dan seberapa luas jangkauannya yang mendapat servis pengiriman bisnis Anda. Jika bisnis Anda tidak memiliki servis pengiriman, maka cukup tandai ‘No’.

cara mendaftar di Google Map / Google My Business

Google akan mendeteksi bisnis lokal di sekitar wilayah Anda untuk mengetahui apakah salah satu dari bisnis tersebut milik Anda. Jika tidak ada yang sesuai, lanjutkan ke page konfirmasi. Jika semua informasi sudah sesuai, Anda tinggal menyelesaikan langkah terakhir yaitu kode verifikasi. Google akan mengirimkan kode verifikasi via surat ke alamat bisnis lokal yang sudah Anda cantumkan di informasi bisnis sebelumnya. Google menyatakan biasanya surat verifikasi akan sampai dalam waktu 4 hari atau maksimal 7 hari.

Sekarang Anda sudah memiliki page Google Bisnisku dengan tampilan awal seperti ini.

Cara daftar di Google map / My Business

Salah satu kelebihan dalam memiliki page Google adalah Anda bisa mendapatkan review dan insight langsung dari page tersebut.

Setelah itu, Anda perlu mengedit profil page agar orang yang melakukan pencarian terkait bisnis atau produk Anda mendapat gambaran bisnis serta informasi penting seperti jam operasional dan website. Anda juga perlu mengupload foto profil dan logo agar orang dapat mengenali bisnis Anda dengan mudah.

daftar bisnis di google map / google my business

 

1 thought on “Ingin Bisnis Offline (Restoran, Jasa dll) Anda Dikenal Banyak Orang? Begini Cara Mendaftarkan Toko Anda di Google Bisnisku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *