Informasi Penting Untuk Praktisi SEO : Google Mempublish Update Search Quality Evaluator Guideline (14 Maret 2017)

 

Baru-baru ini Google merilis update dari Search Quality Evaluator Guideline yang adalah panduan bagi evaluator Google dan memberikan informasi bagi para evaluator bagaimana mendapatkan ranking SEO yang sustainable di mata Google.

Search Quality Evaluator Guideline Google

Page Quality adalah rating yang berisikan URL dan penilaian terkait sebuah website dapat mencapai tujuan utamanya.  Dikarenakan setiap website dan webpage dapat memiliki tujuan-tujuan yang berbeda-beda maka ekspektasi dan standar google dalam menentukannya turut berbeda.

Faktor penting dalam menentukan Page Quality Rating secara keseluruhan adalah sebagai berikut  :

  1. Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness
  2. Main Content Quality and Amount: Rating ini berdasarkan Landing Page dari URL.
  3. Website Information/ Informasi terkait siapa yang bertanggung jawab atas websitenya : Link untuk membantu mencari informasi terkait website tersedia.
  4. Website Reputation: Link yang membantu penelitian reputasi tersedia.

 

Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness dalam Search Evaluator Guideline

Sangat penting bagi sebuah website untuk memiliki sebuah expertise, autoritativeness dan trustworthiness.

Perlu diketahui bahwa “Expert” dari sebuah website bisa bervariasi, bahkan website gossip, fashion ataupun humor sekalipun. Terkadang beberapa jenis informasi dapat ditemukan secara ekslusif di forum dan diskusi dimana terdapat berbagai komunitas Expert yang memberikan perspektif berbeda-beda terkait suatu topik.

Beberapa topik memerlukan Expert yang memerlukan kualifikasi jelas seperti misalkan adalah Kesehatan dan kemudian juga Keuangan memerlukan seorang Dokter dan juga Banker untuk menjadi Expert yang jelas.

Namun beberapa topik seperti Blog ataupun website Review. Dimana disini biasanya yang terjadi adalah biasanya orang-orang sehari-hari yang mencertikana tentang hidupnya ataupun pendapatnya terkait suatu produk . Untuk hal ini Google tidak memerlukan bahwa website tersebut memiliki suatu Expert yang terkualifikasi.

Kemudian Terkait Main Content sendiri sangatlah penting untuk sebuah website Diperlukan time, effort, expertise dan talent/skill dalam membuat suatu website dengan Main Content yang berkualitas.

Main Content meliputi berbagai hal seperti saat membaca artikel, membuka video atau gambar, fitur dan fungsi dari website. Pastikan semua berfungsi dengan benar.

Misalkan sebagai website menjual produk, pastikan bahwa melakukan pembelian berjalan dengan lancar dari awal memilih produk hingga proses checkout/pembayaran.

Turut juga sediakan informasi kontak atas siapa yang bertanggung jawab (Website Information) akan website tersebut. Misalkan sebagai website jualbeli, sediakan customer service baik fitur live chat, maupun nomor telpon, social media dan email.

Lalu yang terakhir adalah Reputation, sebuah website bisa memiliki konten yang sangat banyak namun apabila website itu sendiri tidak memiliki reputasi yang baik makanya hal ini menjadi kurang efektif. Kemudian bagaimana mendapatkan Reputation yang baik?

Pada umumnya Reputasi yang baik diperoleh lewat penghargaan atau rekomendasi dari expert/professional terkait suatu topik di website. Namun untuk beberapa website yang tidak terlalu formal seperti misalkan website humor, maka popularitas bisa dijadikan acuan dalam menetukan reputasi website itu sendiri dimana website dianggap memiliki konten yang baik oleh visitor dan juga bertujuan untuk membantu user.

 

Baca juga informasi SEO lainnya

Google : Anda Bisa Teranking Di Keyword Dengan Persaingan Medium Tanpa Backlink

 

Cara Menampilkan Search Volume di Google Search Console Untuk Analisa Data Meningkatkan SEO Website

 

 

 

Author: Rhein Mahatma

mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *